Selasa, 19 Juni 2018

Tasbih Sang Katak (Nabi Daud Dan Katak)

Tasbih Sang Katak

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Menurut keterangan Imam Syihabuddin al-Absyihi (wafat tahun 852 Hijriyah) rahimahullah, “Allah Taala ciptakan katak dari air yang mengalirnya sederhana yang mengendap tumpukan kotoran setelah turunnya hujan lebat dari itu semua muncul semacam biji biji berwarna hitam kemudian berkembang berubah menjadi berbentuk organ tubuh. 

Adapun Suara keras berbunyi tung tung tung atau tekekekkkk teke tek te ketek.. dihasilkan dari katung suara yang terletak di sekitar leher katak. Saat mengeluarkan suara katak-katak itu menjadikan gelembung udara bagian bawah leher di dalam air dan bagian atas di luar air.

Imam Sufyan mengatakan, “Katak adalah hewan yang paling banyak berdzikir kepada Allah Taala. Sampai diriwayatkan pada suatu hari Nabi Daud Alaihis salam berkata: sudah satu tahun lamanya Aku telh benar-benar bertasbih kepada Allah dengan kalimat yang tidak pernah diucapkan dan dilakukan cara seperti ini oleh makhluq manapun. Ucapan tersebut didengar oleh seokor katak dan langsung nyeletuk, “Wahai Nabiyallah Daud, kata-katamu tadi seolah-olah dirimu berbangga-bangga dan mengungkit-ungkit (melakukan perhitungan) dengan Allah dalam bertasbih, padahal sudah 90 tahun lisanku ini belum pernah kering dari mengingat Allah. Nabi Daud bertanya, “Apa bacaan tasbihmu? Katak itu menjawab:

سبحان من هو مسبح بكل لسان، سبحان من هو مذكور بكل مكان

Maha suci Allah yang Dia disucikan oleh setipa lisan. Maha suci Allah yang disebut pada setiap tempat.

Dalam kitab "Su'ab al-Iman" karya Imam Al-Baihaqi disebutkan riwayat dari Anas Bin Malik radhiyallahu anhu, seseungguhnya Nabi Daud menyangka bahwa tidak ada pujian kepada Allah yang lebih utama dari pada pujiannya. Lalu Allah menurunkan malaikat, sementara ia duduk di mihrabnya, yang di kiri dan kanannya ada sebuah kolam. Malaikat itu berkata: "Wahai Daud! Pahamilah suara katak dan dengarkanlah!". Si katak ternyata bersuara:

سُبْحَانَك وَبِحَمْدِك مُنْتَهَى عِلْمِك

"Maha suci engkau Allah dan dengan memujimu sejauh puncak ilmuMu".

Malaikat itu berkata lagi: "Bagaimana kamu melihat?". Daud menjawab: "Demi Allah yang telah menjadikanku nabi, seseungguhnya aku tidak pernah memuji Allah dengan kalimat itu".

وعن أنس رضي الله عنه لا تقتلوا الضفدع ، فإنها مرت بنار إبراهيم عليه السلام فحملت في أفواهها الماء ورشت به على النار

Dari Anas radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: "Jangan kalian membunuh katak. Karena sesungguhnya ia melintasi api yang membakar nabi Ibrahim, membawa air dengan mulutnya dan memercikannya ke arah api".

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 290.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


3 komentar:

Abdul khodir - al betawie mengatakan...

Riwayat dari katak dan nabi daud untuk muhasabah diri kita bahwa ibadah kpd ALLOH SWT jgn d bangga2kan akhirnya menjadi sombong padahal ada lagi ibadah yg lbh tinggi yg d lakukan mahkluk lain yg tidak menyumbangkan dirinya.

Yayasan Almuafah mengatakan...

Begitulah adanya

Rahmat hadi mengatakan...

Masya allah