Sabtu, 16 September 2017

Memandikan Mayyit (Kitab Umdatus Salik)

Memandikan Mayyit

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

فصلٌ في غسل الميت

Fashal Memandikan Mayyit

ثمَّ يغسَّلُ، فإذا كانَ رجلاً فالأولى بغسلهِ الأبُ، ثمَّ الجدُّ، ثمَّ الابنُ، ثمَّ الأخُ، ثمَّ العمُّ، ثمَّ ابنهُ، على ترتيبِ العصباتِ، ثمَّ الرجالُ الأقاربُ، ثمَّ الأجانبُ، ثمَّ الزوجةُ، ثمَّ النساءُ المحارمُ، وإنْ كانَ امرأةً غسَّلها النساءُ الأقاربُ، ثمَّ الأجانبُ، ثمَّ الزوجُ، ثمَّ الرجالُ المحارمُ، وإنْ كانَ كافراً فأقاربُهُ الكفارُ أحقُّ.

Memandikan mayyit, bila mayyit tersebut lelaki maka urutan yang paling utama memandikannya adalah sebagai berikut: bapaknya, kemudian kakeknya, anaknya, saudara laki-lakinya (abang atau adik), paman (dari pihak bapak), anaknya paman (sepupu) selanjutnya urutan dalam ashabah kemudian lelaki yang termasuk kerabat baru kemudian lelaki yang bukan kerabat, istri lalu perempuan yang masih punya hubungan mahram dengan mayyit (ibu, kaka dan adik perempuan dan lainnya). Jika mayyit itu perempuan, maka yang paling utama memandikannya adalah perempuan yang punya hubungan kerabat kemudian perempuan yang bukan kerabat, baru kemudian suami lalu lelaki yang punya hubungan mahram. Apabila si mayyit orang kafir, maka yang paling berhak memandikannya adalah kerabatnya yang kafir juga.

ويندبُ كونُ الغاسلِ أميناً، ويُسترُ الميتُ في الغسلِ، ولا يحضُرُ سوى الغاسلِ ومعينهِ، ويبخّرُ منْ أولِ غُسْلهِ إلى آخرهِ، والأوْلى تحتَ سقفٍ وبماءٍ باردٍ إلا لحاجةٍ.

Dianjurkan mencari Amil (orang yang memandikan mayyit) yang bersifat amanah (terpercaya, bukan orang yang membuka aib). Kondisi mayyit saat dimandikan kudu ditutupi kain, jangan masuk ke dalam tempat di mana mayyit di mandikan kecuali Amil dan keneknya (yang membantu). Sunnah untuk menyalakan bukhur dari awal proses memandikan mayyit hingga akhir. Dan paling utama memandikan mayyit di ruangan yang atapnya tertutup, juga sunnah menggunakan air adem kecuali memang ada hajat untuk menggunakan air lain (umpama musim dingin, hendaknya menggunakan air hangat).

ويحرُمُ نظرُ عورتهِ ومسُّها إلا بخِرْقةٍ، ويندبُ أنْ لا ينظرَ إلى غيرها، ولا يمسّهُ إلا بخرقةٍ.

Haram hukumnya melihat aurat si mayyit, begitu juga menyentuh auratnya kecuali dengan berlapik dengan kain (sarung tangan). Diupayakan, untuk tidak melihat bagian tubuh si mayyit yang selain aurat dan jangan menyentuhnya melainkan dengan kain (sarung tangan).

ويُخرجُ ما في بطنهِ من الفضلاتِ، ويستنجيهِ ويوضئهُ، وينوي غُسْلَهُ، ويغسِل رأسَه ولحيتَه وجسدَه بماءٍ وسدرٍ ثلاثاً، يتعهدُ كلَّ مرةٍ إمرارَ اليدِ على البطنِ، فإنْ لمْ ينظفْ زادَ وتراً، ويجعلُ في الماء قليلَ كافورٍ، وفي الأخيرةِ آكدُ.

Disunnahkan bagi Amil mengeluarkan kotoran yang ada di dalam perut mayyit (dengan upaya menyenderkan perut mayyit agar keluar kotorannya). Sunnah juga mengistinjakan dan mewudhu’kan mayyit. Dan disunnahkan si Amil berniat memandikan mayyit, dengan membasuh kepala mayyit, jenggot dan tubuh mayyit dengan air Sidr (Bidara) tiga kali, menggosok-gosokan tangannya atas perut mayyit dengan sungguh-sungguh (ngurut-ngurut dengan lembut). Jika basuhan ketiga tersebut belum bersih, maka sunnah ditambahkan dengan basuhan-basuhan selanjutanya tetapi upayakan basuhan dalam bilangan ganjil. Sunnah juga air pemandian dicampur dengan sedikit kapur utamanya pada basuhan terakhir.

وواجبهُ: تعميمُ البدنِ بالماءِ، ثمَّ ينشِّفُ بثوبٍ، فإنْ خرجَ منهُ شيءٌ بعدَ الغُسلِ كفاهُ غَسْلُ المحلِّ.

Adapun yang wajib dilakukan dalam memandikan mayyit yaitu meratakan seluruh anggota badan mayyit dengan air. Kemudian bila setelah memandikannya hendaknya dielap dengan handuk. Jika setelah dimandikan masih ada kotoran yang keluar dari bagian tubuh mayyit, maka cukup dibasuh bagian tempat yang keluar kotorannya saja.


Kajian kitab Umdatus Salik Dengan Syarh Kitab Anwar al-Masalik
Setiap Malam Senin Ba’da Maghrib Di Majelis al-Mu'afah


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


15 komentar:

dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah ,terima kasih atas ilmunya..

Yayasan Almuafah mengatakan...

fatahallahu lakum

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda....

Unknown mengatakan...

Qobiltu ustadz

Faisal Amri mengatakan...

Syukron penjelasan nya baginda....

Unknown mengatakan...

Sebatas terjemahannya aja.. pnjlasanya ad jamaah yg ngerekam

Unknown mengatakan...

Barokallahu fikum ..trimasih suntikan dananya

Unknown mengatakan...

Kmana aja mang?

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah walau gak hadir kite dapat ijazah bahasannya syukron katiron baginda jazakallahu khoiron..!!!

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah Syukron katsiron baginda tambah lagi dan bertambah lagi ilmunya.

Blogger mengatakan...

Are you looking for free YouTube Subscribers?
Did you know that you can get these AUTOMATICALLY & ABSOLUTELY FOR FREE by getting an account on You Like Hits?

Yayasan Almuafah mengatakan...


Ikuti kajian islam;

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi

توجكم الله بتاج العز والقبول
وبلغكم كل سول ومأمول


آمين

Yayasan Almuafah mengatakan...

Apaan ini

Mohamad rashdan mengatakan...

qobiltu