Senin, 25 September 2017

Kitab Mukhtashar al-Khalil

Kitab Mukhtashar al-Khalil

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Kitab Mukhtashar al-Khalil karya Imam Khalil Bin Ishaq al-Malikiy (wafat tahun 776 Hijriyah) merupakan kitab mukhtashar (rangkuman) dalam kajian fiqh Mazhab Imam Malik yang paling banyak diberikan Syarh (komentar) oleh para ulama. Disebutkan Syarh atas Muhktashar al-Khalil kurang lebih mencapai 380 kitab. Meski telah dibantu oleh 380 ulama dalam memberikan penjelasannya, kitab tersebut masih dianggap sulit. Kitab Mukhtashar al-Khalil adalah karya tulis terakhir yang dikarang oleh Imam Khalil Bin Ishaq.

Dr Aidh al-Qarniy, menyebut kitab Mukhtashar al-Khalil sebagai kitab Thalasim (mantra sihir) dan beliau melarang para penuntut ilmu untuk membaca kitab tersebut. pernyataan ini beliau unggah di kitab Hadaiq Dzatu Bahjah.

Ibn Farhun dalam kitab ad-Dibaj menyebutkan bahwa ada ahli fiqh dalam mazhab as-Syafii membaca kitab Mukhtashar al-Khalil kemudian berkomentar: Imam al-Khalil telah mengumpulkan pendapat ulama-ulama mazhab pada lembaran-lembaran kitab ini. Ibn al-Qayyim menuturkan: “Allah Taala senantiasa memberikan anugrah besar kepada para ulama mazhab Imam Malik, hingga Allah munculkan sosok ulama yang mampu merampungkan pendapat mazhab imam Malik pada sebuah catatan-catatan kertas yang mudah dibawa menjadi landasan utama mazhab Imam Malik dan banyak dihafal oleh para penuntut ilmu sebagaimana mereka menghafal al-Qur’an. Pujian para ulama terhadap kitab Mukhtashar al-Khalil sangat banyak.

Adapun pernyataan Dr Aidh al-Qarniy di atas, bila dimaksudkan kitab Mukhtashar al-Khalil itu sulit dipahami oleh para penuntut ilmu dengan asumsi lebih baik banyak kitab lain yang lebih mudah itu dibenarkan. Tetapi jika yang dimaksud bahwa kitab Mukhtashar al-Khalil kitab yang tidak bermanfaat, maka semoga Allah berikan dia hidayah dan semoga Allah Taala lindungi kita semua.

Bila kitab al-Mudawwanah mencakup 40 ribu masalah, kitab ar-Risalah karya Abu Zaid al-Qairawaniy menghimpun 4 ribu masalah, Mukhtashar Ibn al-Hajib mengkompilasi 40 ribu masalah sebagian lain menyebutnya 96 ribu masalah Mukhtashar Muhammad Bin al-Hakam meliputi 20 masalah. Sedangkan kitab Mukhtashar al-Khalil terangkum di dalamnya 100 ribu permasalahan agama yang dibagi pada 60 bab dan 60an fashal.

Dalam sebuah syair disebutkan:

يا قارئا مختصر الخليل***لقد حويت الفقه يا خليلي
حصله نصا واصرف الهمة له***فقد حوى مائة ألف مسألة
نصا ومثلها من المفهوم***فإن شككت اعدده في المرسوم.

Artinya: “Wahai pembaca kitab Mukhtashar al-Khalil, kau telah mengarungi fiqh wahai kekasihku. Dapatkan naskahnya dan semangat untuk menguasainya, sungguh kitab itu menghimpun 100 ribu masalah agama yang dapat dipahami nashnya, maka jika kau ragu maka hitunglah secara tekstual.”

Adapun sanad muttashil kepada Imam Khalil Bin Ishaq al-Jundiy al-Malikiy, sebagai berikut:

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910



مختصر خليل


5 komentar:

Unknown mengatakan...

Bertambah pustaka ilmu alfaqir...tuanguru

Unknown mengatakan...

lagi dan lagi bertambah ilmu buat yang membacanya.
syukron baginda

Unknown mengatakan...

Informasi langka, ane denger dari ulama mazhab imam malik.. lamtaran yang kita umum ketahui hanya mazhab imam syafii..

Unknown mengatakan...

Nambah ilmu, indikasi nambah barokah.. kalo nambah duit dan kebon ama kontrakan bisa jadi bakal nambah bini.

Aabud Gresik mengatakan...

Tertarik, kalau mau bell kitabnya dimana Dan spa Ada yang terjemahan Indonesia ya syukron