Senin, 27 Maret 2017

Oud Shalib

Kronologi Ud Sholib

عود الصليب

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:


Oud Sholib, sepintas mendengarnya seseorang bisa agak mengerutkan dahi. Soalnya sholib ( الصليب ) itu memang dari segi tulisan dan ucapan adalah Salib yang menjadi icon agama nasrani.

Oud sholib yang banyak disebut dalam kitab A'syab (ramuan pengobatan alternatif) dan kitab mujarrabat ialah nama tumbuhan yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Ud sholib banyak ditemukan di wilayah Afrika. Oud sholib sedari dulu dijadikan obat mujarrab berbagai penyakit. Banyak dijual dalam bentuk batangan, bijian, geblekan bahkan serbuk tai gergaji juga berbentuk tasbeh di toko uthur dan aqaqir di sekitar kota Fes, Maroko dekat dengan Maqam al-Quthb al_Maktum Sayyidi Syekh Ahmad Tijaniy Mumidul Auliya (seada-adanys para wali di alam ini mengambil madad dari beliau) radhiyallahu anhu.

Yang jadi pertanyaan, mengapa penamaan oud (batangan kayu) tersebut dinisbahkan kepada Salib lambang suci kaum nasrani? Penamaan tersebut tentunya punya kronologi khusus. Mau tau?

Para ahli menyebut ud solib dengan nama fawania. Para tokoh islam kelas dunia seperti Ibnu Sina, Daud anthaki dan lain_lain membuat kajian ilmiah terkait oud sholib.

Penamaan nama ilmiah fawania menjadi Oud sholib dikisahkan zaman dahulu ada seorang pendeta nasrani blongkotan yang menjadi besi kuning di satu desa memiliki anak yang sering digangu oleh raja jin. Pendeta tersebut sudah habis-habisan berikhtiar untuk mengusir raja jin tapi tidak pernah berhasil. Hingga pada akhirnya ia mendengar informasi bahwa batang kayu fawania mempunyai asrar dapat mengusir jin. Pendeta itu pun mencari pohon fawania setelah menemukannya ia membuat salib dari batang pohon fawania. Sesampainya di rumah ia letakan salib tersebut di kamar anaknya, sejak itu raja jin yang biasanya mengganggu anaknya sudah kapok tidak pernah kembali lagi. Masyarakat setempat geger dikejutkan dengan kehebatan salib (tiang palang) yang ada di rumah pendeta itu, mereka menyangka palang salib itu ajaib bisa mengusir jin, setan, kuntilanak, gondoruo dan kekuatan uka-uka lainnya. Sejak itulah batang itu nyohor dengan sebutan oud Sholib, padahal bukan palang salibnya yang bikin jin dan setan buron kuntul tetapi memang sudah teruji coba oud sholib memiliki aura dan aroma serta daya magic yang sangat ditakuti oleh raja jin dan bala tentaranya.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 145.



Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/Zulqornain_Muafiy
@rizkialbatawi




 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

اللهمَّ صلَّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَولاَنَا مُحَمَّدِنِ الفَاتِحِ لِمُغْلَقَاتِ خَزَائِنِ العَوالِمِ الوجُودِيَّةِ الَّتِي برَزَتْ مِنْ حَيْزِ بُطُونِ العَدمِ الأَزَلِيِّ الْمَقْهُوْرِ. إِلَى سَاحَاتِ مَيَادِينِ الظُّهُورِ. والَخاتِمِ لِمَا سَبَقَ فِي عِلمِ اللهِ بُروزُ سرِّهِ مِن أَوامِرِ مَظَاهِرِ الْمَمْلَكَةِ الإلهِيةِ الذِي هُوَ قُطبُ رَحَاهَا وشُؤونُهَا عَلَيهِ تَدُورُ. نَاصِرِ أَعْلاَمِ دَولَةِ الْحَقِّ بِجَحَافِلِ جُيُوشِ الصِّدْقِ الْمُبِيدَةِ بِبَوَارِقِ أَسِنَّتِهَا الْمُحَمَّدِيةِ الأَحْمديةِ طَوَاغِيتَ الإِجْحَافِ وَالظُّلَمِ وَالْجُورِ. وَالْهَادِي إِلَى الصِّرَاطِ الْمُستَقِيمِ والْمَنهَجِ الرَّبَّانِي القَوِيْمِ بِالسِّيَاسَةِ الْحَقَّانِيةِ وَالْمَعرِفَةِ التَامةِ الإيقَانِيَةِ وَالْحِكمَةِ البَالِغَةِ وَالْحُجةِ الدّامِغَةِ السَّاطِعَةِ النُّور. اللهمَّ صلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيهِ وَعَلَى آلِهِ الأَفْرَادِ البُدُورِ. وَصحَابَتِهِ الأمْجَادِ الصُّدُور. حَقَّ قَدرِهِ الفَخِيمِ فِي سَائِرِ الْحَضرَات والْخطَرَاتِ، وَمِقدَارِهِ العَظِيمِ عِندَ رَبِّ البَرِيَّاتِ، صَلاَةً جَامِعَةً لامِعَةً نَافعةً رَافِعَةً مَانِعَةً يَانِعَةً تَتَوَالَى ما قُرِئَتِ السُّطُورُ. وتفتقَ رتقُ الدهُورِ بِتَعَاقُبِ أَدْوَارِ الأمُور. نَجِدُهَا يَا أللهُ ذَخِيْرةً وَعُمدَةً، وزَادًا وَعُدَّةً يَوْمَ الْعَرَضِ وَالنُّشُوْرِ.

) من كتاب نشوة راح الوصل في الصلاة على مظهر الفضل للسيد الفاضل قرة الأماثل الشريف عبد الكريم بقاش الادريسي الحسني حفظه الله ورعاه )

يا ربنا يا دائم المعروف * ويا مغيث عبده الملهوف
يا عظيم المن ويا رجائي * يا باسط الموائد الألاء
نرجوك يا ذا الجود والإتحاف * وناشرا مواهب الألطاف
أنل لـ (رزقي) ربي فيض رزق * وأيدن به جيوش الحق
واسعد به البلاد والعباد * وحققن بسعيه المراد
وارزقه يا رب تمام المعرفة * بك وجمله بأحسن صفة
واصلح إلهي زوجه تفضلا * (ريحانة القدوس) زهرة العلى
وارفع إلهي قدره بين الأنام * تلقى المسرة على طول الدوام
وغصه بمنح وهبية * واخلع عليه حللا سنية
واسقه من كوثر العرفان * شراب قدس طاهر حقاني


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


5 komentar:

Unknown mengatakan...

Pengen punya oud solib dan yuser..
Barang langka.
Pakaian para ahli .

Unknown mengatakan...

Oud sholib banyak yg palsu juga...

Unknown mengatakan...

Baginda dimana saya bisa dpt beli kayu oud solib tersebut...

Unknown mengatakan...

Ada di cakung city yang asli

Unknown mengatakan...

Sekedar tahu aja dulu nanti sewaktu saat kami akan mempunyainya....