Selasa, 21 Maret 2017

Majelis Ilmu Mengobati Penyakit

Ilmu Menjadi Obat Mujarrab

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:


Salah satu perbuatan ibadah sederhana yang berpahala besar adalah menghadiri majlis ilmu. Diriwayatkan bahwa para malaikat yang menjadi simbol rahmat Allah berkeliling di muka bumi menaungi majlis ilmu dan dzikir.

Tetapi aneh, banyak di antara kaum muslimin yang kurang semangat menghadiri majlis ilmu dan dzikir tersebut. Padahal menuntut ilmu hukumnya wajib, terlebih lagi bagi mereka yang pengetahuan agamanya masih di bawah garis kemiskinan. Bahkan tidak sedikit, orang islam yang bertahun-tahun depan biji matanya masjid atau majlis taklim, kaga pernah ke mesjid kecuali pas dia meningal di sholatin di mesjid.

Bila urusan dunia mereka tidak mau ketinggalan, kendati dunia yang mereka uber-uber laksana bunga di taman yang sudah layu dan tidak abadi binasa tanpa ada upas-upasannya barang dikit. Akhirat yang kekal dan menjadi kehidupan hakiki mereka sia-siakan. Buktinya, bila ada kegiatan agama di masyarakat seperti shalat jamaah atau pengajian majlis taklim diumumkan dan disebar undangan selebar jagat berulang-ulang yang hadir hanya beberapa orang saja itu pun usia manula. Lain halnya bila ada acara band atau organ tunggal, tidak diumumkan yang hadir membludak, tua muda hadir, sampe yang udah gempor jalannya ngesod kaga mau ketinggalan bahkan acaranya malam hari hujan pula tetapi dari abis zhohor sudah mandi dan rapi. Kelompok ini disebut team gegabah.

Kelompok lain disebut ahlu ngerumpi wal jamaah yaitu komunitas muslim dan muslimah yang tidak suka hadir ke majlis ilmu tapi lebih suka berghibah, ngeritik buat jatuin orang.

Ada juga pasukan pemburu berkat yaitu orang-orang yang tidak pernah hadir majlis taklim atau shalat jamaah di masjid dan mushalla, tetapi bila ada tetangga mengadakan walimah (kendurian) hadir paling duluan, kelompok ini disebut rombongan rongo (kutu nasi) atau team gegares.

Tipe selanjutnya adalah rombongan ahli ngeles adalah orang yang sudah pernah dateng sekali dua kali atau menjadi jamaah tetap jadi males-malesan, disamper diajak kaga mau lagi, terkadang alesannya banyak bangat. Meriang dikit kaga ngaji, besok_besok kalau ketemu ustadznya pake ngomong; "pak ustadz, mohon maaf lahir batin kemaren saya nga bisa hadir pengajian, saya meriang campur eneg puyeng, maklumin ya ustadz !!!

Ustadznya menjawab; Loh, kok ente minta maaf, ente hadir yang untung ente, ente kaga hadir ente yang rugi, jadi ente minta maafnya sama diri nt aja. Ngapain ente kaga ngaji cuma karena meriang, emang kalo ente kaga ngaji, tuh meriang bisa bae? Besok-besok kalo meriang, lebih baik ngaji !! Boleh jadi meriang ente bae dapat pahala pula.

Imam Abdul Wahhab as-Sya'raniy radhiyallahu anhu dalam kitab Uhudul Muhammadiyyah meriwayatkan bahwa guru kami Syeikhul Islam Zakariya al-Anshariy rahimahullah apabila mengalami pusing tujuh keliling atau meriang kaga kebayang beliau berkata: 

نويت الاستشفاء بالعلم لاذهاب الوجع

Saya niat menjadikan obat dengan ilmu yang disampaikan di majlis ini untuk menghilangkan penyakit.

Lalu rasa sakit yang beliau alami itu hilang, kejadian demikian berulang kali aku saksikan pada diri beliau.

Beliau berkata kepadaku: bila kau mengalami pusing dan meriang lakukan niat istisyfa di majelis ilmu. Dikemudian hari aku selalu lakukan itu saat ngeranapin pusing campur meriang, sekonyong-konyong penyakit tersebut hilang. Aku tidak tau, apakah keikhlasan diriku menyampaikan ilmu atau barokah dari syekh Zakaria al-Anshariy yang menjadi penyebab datangnya kesembuhan. 

Dari riwayat di atas, biasakan bila hadir majelis ilmu niatkan hajat dan cita-cita yang belum tercapai dengan barokah majlis ilmu yang di dalamnya dibacakan ayat-ayat Allah Taala, dzikir, sholawat, madaih (pujian) dan syamail (sejarah atau perangai terkait dengan diri Rasulullah) beserta hadirnya para malaikat meniscayakan terqabulnya segala hajat. Seada-adanya makanan dan minuman yang disediakan di majlis tersebut hendaknya dihabiskan jangan dibiarkan tersisa. Jika tidak, bungkus dan bawa pulang untuk dikasih orang yang ada dirumah.

Lebih utama lagi bila kita mengeluarkan uang membeli minuman dan makanan untuk para jamaah yang ada di majlis ilmu dengan izin Allah makin cepat maqbul doa-doa kita.

Ilmu itu cahaya, ilmu itu indikator adanya keberkahan pada hidup seseorang, dan ilmu juga menjadi obat serta tolak bala.

Adapun sanad muttashil (bersambung) kepada imam Abdul Wahhab as-Sya'raniy dan imam Zakariya al-Anshariy radhiyallahu anhuma sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي الاندونيسي ألان الله قلبه القاسي عن العلامة المحدث سيدي عبد الرحمن الكتاني عن والده الحافظ شيخ الرواية سيدي محمد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني الادريسي عن المعمر عمر بن طاهر بن الشريف العلوي المكناسي عن ابي حامد العربي ابن المعطى الشرقاوي عن الحافظ مرتضى الزبيدي عن المعمر محمد بن حسن الوفائي عن المعمر محمد ين يوسف الطولوني عن الشيخ عبد الوهاب الشعراني عن شيخ الاسلام زكريا الانصاري رضي الله عنه .

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 25.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi




 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

اللهمَّ صلَّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَولاَنَا مُحَمَّدِنِ الفَاتِحِ لِمُغْلَقَاتِ خَزَائِنِ العَوالِمِ الوجُودِيَّةِ الَّتِي برَزَتْ مِنْ حَيْزِ بُطُونِ العَدمِ الأَزَلِيِّ الْمَقْهُوْرِ. إِلَى سَاحَاتِ مَيَادِينِ الظُّهُورِ. والَخاتِمِ لِمَا سَبَقَ فِي عِلمِ اللهِ بُروزُ سرِّهِ مِن أَوامِرِ مَظَاهِرِ الْمَمْلَكَةِ الإلهِيةِ الذِي هُوَ قُطبُ رَحَاهَا وشُؤونُهَا عَلَيهِ تَدُورُ. نَاصِرِ أَعْلاَمِ دَولَةِ الْحَقِّ بِجَحَافِلِ جُيُوشِ الصِّدْقِ الْمُبِيدَةِ بِبَوَارِقِ أَسِنَّتِهَا الْمُحَمَّدِيةِ الأَحْمديةِ طَوَاغِيتَ الإِجْحَافِ وَالظُّلَمِ وَالْجُورِ. وَالْهَادِي إِلَى الصِّرَاطِ الْمُستَقِيمِ والْمَنهَجِ الرَّبَّانِي القَوِيْمِ بِالسِّيَاسَةِ الْحَقَّانِيةِ وَالْمَعرِفَةِ التَامةِ الإيقَانِيَةِ وَالْحِكمَةِ البَالِغَةِ وَالْحُجةِ الدّامِغَةِ السَّاطِعَةِ النُّور. اللهمَّ صلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيهِ وَعَلَى آلِهِ الأَفْرَادِ البُدُورِ. وَصحَابَتِهِ الأمْجَادِ الصُّدُور. حَقَّ قَدرِهِ الفَخِيمِ فِي سَائِرِ الْحَضرَات والْخطَرَاتِ، وَمِقدَارِهِ العَظِيمِ عِندَ رَبِّ البَرِيَّاتِ، صَلاَةً جَامِعَةً لامِعَةً نَافعةً رَافِعَةً مَانِعَةً يَانِعَةً تَتَوَالَى ما قُرِئَتِ السُّطُورُ. وتفتقَ رتقُ الدهُورِ بِتَعَاقُبِ أَدْوَارِ الأمُور. نَجِدُهَا يَا أللهُ ذَخِيْرةً وَعُمدَةً، وزَادًا وَعُدَّةً يَوْمَ الْعَرَضِ وَالنُّشُوْرِ.

) من كتاب نشوة راح الوصل في الصلاة على مظهر الفضل للسيد الفاضل قرة الأماثل الشريف عبد الكريم بقاش الادريسي الحسني حفظه الله ورعاه )

يا ربنا يا دائم المعروف * ويا مغيث عبده الملهوف
يا عظيم المن ويا رجائي * يا باسط الموائد الألاء
نرجوك يا ذا الجود والإتحاف * وناشرا مواهب الألطاف
أنل لـ (رزقي) ربي فيض رزق * وأيدن به جيوش الحق
واسعد به البلاد والعباد * وحققن بسعيه المراد
وارزقه يا رب تمام المعرفة * بك وجمله بأحسن صفة
واصلح إلهي زوجه تفضلا * (ريحانة القدوس) زهرة العلى
وارفع إلهي قدره بين الأنام * تلقى المسرة على طول الدوام
وغصه بمنح وهبية * واخلع عليه حللا سنية
واسقه من كوثر العرفان * شراب قدس طاهر حقاني


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



42 komentar:

Mastur Atuy mengatakan...

Subhanallah ilmu yg sangat bermanfaat didunia dan akhirat

Ali fikri mengatakan...

Subhanalloh..doain ane baginda biar istiqomah ta'lim di tmpt baginda. Aamiin

Ali fikri mengatakan...

Subhanalloh..doain ane baginda biar istiqomah ta'lim di tmpt baginda. Aamiin

Mastur Atuy mengatakan...

Syukron katsiiron baginda semoga senantiasa allah berikan berikan kesehatan dan keberkahan dalam ilmu ilmu yg baginda berikan kepada kami....!

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Mungkin orang yang nyolong HP di majlis taklim, pengen dapet barokah majelis kali ya

Rizki Zulkarnain mengatakan...

الله يتقبل منا ومنكم بمحض فضله ورضاه

Achmad Zuhdi mengatakan...

Subhanallah...Terimakasih Baginda atas ilmunya bermanfaat sekali.. InsyaAllah bisa hadir terus di majlis Al-mu'afah.Aamiin...

Chaerul Riqih mengatakan...

minta do,a nya baginda biar semangat nuntut ilmunya

Iwan Hasani mengatakan...

Ilmu cahaya..jazakallah ustdz

Yayasan Almuafah mengatakan...

Ajak juga kawan-kawan yang lain , aamiin

Faisal Amri mengatakan...

Bener Baginda, hadir majelis die kira msh kagak cukup barokahnya, mknya HP org yg hadir majelis sekalian dah

Ali fikri mengatakan...

Aamiin ya Robb

Ali fikri mengatakan...

Aamiin ya Robb

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Ane doain bang oirul smoga jadi dinatur tetap majelis almuafah bisa pergi haji, punya rumah pibadi, panjang umur sehat afiat jauh dari penyakit hati, punya banyak istri, iman terjaga sampai mati, masuk surga bersama Nabi. Aamiin

Rizki Zulkarnain mengatakan...

menerangi dunia sampe akhirat

Syaeful Bahar mengatakan...

Ane jadi pengen ngaji Mulu.alhamdulillah

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Ngaji itu ngajak untuk mengkaji ... guru menyampaikan ilmu kepada jamaah sifatnya kajian. Kalo suami dengan istrinya itu disebut ngaji juga tapi ngajaj jima

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Jangan ngomongin jima dulu, dalam saty kaidah dikatakan al jimaah ba'dal jamaah ...kalo mau jimanya kuat, kudu ngaji terlebih dahulu, sapa tau ad yang ngasih hajar jahannam (obat kuat)

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Kaga bisa dapetin Hp gurunya, lumayan dach Hp muridnya .. gitu kali ya

irwan mengatakan...

Makasi kyai ilmu ya.

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Sama2 ya akhii

Ibu Suri mengatakan...

Syukron Pak Kyai

Ibu Suri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ibu Suri mengatakan...

Syukron Pak Kyai

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Ngaji bukan singkatan ngasah biji atau ngajak jinah ya haj... inget itu kekekkkkk

Iwan Hasani mengatakan...

Aamin....alhamdulillah ala nikmatul majlis

Iwan Hasani mengatakan...

Aaaaamiiin......

mohammad dari kabupaten Demak jawatengah mengatakan...

Masyaalloh, , terimakasih ilmu nya baginda, mohon ijazah dan sandnya pula, ,,,, ternyata keberkahan wali terpancar kemana3,,, sampai majlis ilmi nya bisa buat praktekk pengobatan,,dahsayaaattt!!!!

Chaerul Riqih mengatakan...

aaamiiin ya allah makasih baginda . semoga baginda sekeluarga sehat semua rezekinya byk

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Semoga ente juga rajin ngaji nga ngasoh2 mengkaji dan ngasah biji

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Besok besok bawa qohwah dan sayy

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Thoyyib

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Jngan lupa pasang bukhur musthika li nuzulil malaikah

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Buka usaha haj buruan jangan ragu ... kalu mo nulungin janda kaya boleh juga

Muhammad Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah...Ilmu yg bermanfaat utk bekal kehidupan akhirat n dunia...Syukron Yaa Baginda

Rizki Zulkarnain mengatakan...

Aaamiiin

Mastur Atuy mengatakan...

Alhamdulillah

Muhamad Sahlan mengatakan...

Takbir, Allahu Akbar

Hadi Rahmat mengatakan...

alhamdulillah ilmu baru lgi..qabiltu guru

Yusron Derakhwa mengatakan...

aamiin

Deni Sani mengatakan...

Alhamdulillah makin pintar ilmu agama qobiltu ijazah ustadz

Blogger mengatakan...

Ever wanted to get free YouTube Subscribers?
Did you know you can get these ON AUTOPILOT AND ABSOLUTELY FREE by registering on Like 4 Like?