Minggu, 24 Juli 2016

Obat Mandul (Doa Nabi Zakariya)

Obat Mandul (Doa Nabi Zakariya)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Di antara para Nabi dan Rasul yang mendapat ujian telat memiliki keturunan adalah Nabi Zakariyya Alaihis Salam. Ini menandakan ujian telat punya anak merupakan salah satu ujian yang berat lantaran Allah Taala jadikan hal tersebut menjadi ujian yang terjadi pada Nabi dan Rasul.

Walaupun fisik telah lemah, rambut sudah merutug uban Nabi Zakariyya beserta istrinya tidak pernah putus asa dari rahmat Allah untuk terus berusaha dan berdoa. Nabi Zakariyya alaihis salam berkata;

ولم اكن بدعاء ربي شقيا

Aku tidak pernah putus asa berharap kepada Tuhanku.

Syaikhul Islam Sidi Ibrahim Nias al-Kaulakhiy (wafat 1383) radhiyallahu anhu dalam kitab Fi Riyadhit Tafsir jilid 1 halaman 279 menyebutkan; Tatkala Imran dan Istrinya bernama Hannah yang juga senasib dengan Nabi Zakariyya dapat ujian telat punya anak, Allah Taala kehendaki lahir dari imran dan Hannah bayi perempuan yang diberi nama Maryam, Mendengar hal tersebut Nabi Zakariyya Alaihis salam sangat senang, bukan hanya ia senang menjadi paman, tetapi juga senang lantaran melihat kekuasaan Allah Taala pada pasangan Suami istri Imran dan Hannah yang telah usia lanjut masih bisa punya keturunan.

Mulai saat itu, Nabi Zakariyya makin yaqin bahwa Allah Taala yang menghendaki imran dan Hannah sampau punya anak juga kuasa untuk menganugrahkan anak kepada Nabi Zakariyya dan Isya' Bint Faquzdz (istrinya). Beliau sering berlama-lama berada di Mihrab untuk berdoa. Doa yang sering dibaca Nabi Zakariya adalah;

 رب هب لي من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء

“Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.

Kemudian Allah Taala memberikan kabar gembira kepada Nabi Zakariya, bahwa istrinya akan hamil. Imam ad-Dhahhak menyebutkan padahal ketika itu istri Nabi Zakariyya telah berumur 97 tahun dan Nabi Zakariyya 120 tahun. Dan akhirnya Nabi Zakariya alaihis salam punya anak yang diberi nama Yahya alaihis salam.

Imam Syihabuddin Ahmad Bin Abdul Lathif as-Syarajiy dalam kitab al-Awaid menyebutkan amalan yang telah tereksperimen mengobati kemandulan baik lelaki atau perempuan sehingga dimudahkan punya anak sebagai berikut:

@ Tulis surat alu Imran ayat 38

هنالك دعا زكريا ربه قال رب هب لي من لدنك ذرية طيبة إنك سميع الدعاء

Di sanalah (mihrab) Nabi Zakaria alaihis. Salam berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa”.

Tulis ayat itu di atas piring atau nampan yang terbuat dari kaca (beling). Tulis di piring pertama dengan minyak misik, piring kedua dengan za'faran dan piring ketiga dengan minyak mawar dan orang yang menulis kudu dalam kondisi bersuci dan menghadap qiblat. Dan waktu membuat tulisan ini diupayakan saat wanita tersebut di minggu pertama dari bersih haidhnya. Setelah di tulis, ambil piring pertama lalu tuangkan air minum seukuran botol aqua ukuran kecil lalu hingga ayat itu luntur kemudian minum separuh buat suami dan separuh lagi buat istri. Keesokan harinya lakukan kaifiat itu pada piring kedua dan hari berikutnya lakukan juga hal tersebut pada piring ketiga. Di ketiga hari itu hendaknya suami istri tidak melakukan jima'. Di hari keempat, pagi harinya hendaknya menulis ayat itu di sebuah kertas, bikin 2 tulisan. Tulisan di kertas pertama untuk diikatkan pada lengan istri dan tulisan kedua diikatkan pada lengan suami keduanya dengan tali (benang) yang terbuat dari sutra. Secara hukum fiqh lelaki dibolehkan memakai sutra jika untuk berobat. Ikatan tersebut jangan dilepas kecuali untuk buang hajat besar/kecil atau masuk ke tempat buang hajat/WC. Dan malam hari keempat tersebut ia melakukan jima', sebelum naik tempat eksekusi ia berdua kudu melepaskan ikatan ayat itu dari kedua lengannya. Setelah mandi junub atau keadaan telah bersuci ia berdua pakaikan lagi 2 tulisan ayat tersebut di lengan masing-masing lakukan hal demikian selama tiga hari (jima di hari keempat kelima dan keenang) dengan izin Allah, dari ketiga hari ia melakukan jima pada salah satunya terjadi uluq (pembuahan) yang kemudian istrinya akan hamil.

Penulisan ayat-ayat di atas bisa dengan menggunakan pulpen parker yang biasa digunakan oleh Khatthat (penulis kaligrafi) lalu diisi dengan ketiga bahan yang disebutkan di atas (misk, mawar dan za'faran).

Adapun sanad Mutthashil (bersambung) kepada Imam Ahmad Bin Ahmad Bin Abdul Lathif as-Syarajiy az-Zabidiy al-Hanafiy Radhiyallahu Anhu yang al-faqir miliki sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن مسند العصر العلامة المحدث سيدي عبد الرحمن الكتاني عن والده الامام الحافظ سيدي محمد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني الادريسي الحسني عن الشيخ بدر الدين السكري عن الشيخ سعيد الحلبي عن الشيخ إسماعيل المواهبي الحلبي عن الشيخ حسين بن عبد الشكور الطائفي عن الشيخ محمد بن حسين العجيمي عن والده حسين العجيمي عن الشيخ أبي الأسرار مسند الحجاز الحسن بن علي العجيمي عن الشيخ أبي سالم العياشي عن الشيخ أبي الحسن علي الديبعي الزبيدي عن أبي اسحاق محمد بن ابراهيم بن جمعان عن السيد ابراهيم بن محمد بن جمعان عن السيد الطاهر بن حسين الأهدال عن شيخ الاسلام محدث اليمن الحافظ عبد الرحمن بن علي الديبعي الشيباني الزبيدي الشافعي عن الامام أحمد بن أحمد بن عبد اللطيف الشرجي الحنفي رضي الله عنه .

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 77.



Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy






 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



3 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum..,Qobiltu Ustadz mohon ijin mengamalkan,Barakallah

Hasan tamsil mengatakan...

Qobiltu ustadz