Jumat, 01 Juli 2016

Manfaat Luban (Menyan Arab)

Manfaat Luban

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Luban atau frankincense dikenal sebagai 'olibanum' berasal dari kata Arab berarti "susu" al-Luban. Ini juga mengacu pada warna getahnya yang putih seakan-akan susu yang mengeras untuk dijadikan resin luban. 

Luban berasal dari istilah bahasa Arab yang digunakan di dalam kitab kedokteran Islam. Nama masyhurnya disebut Kemenyan Arab / Eurasia / Kemenyan Yamani di kalangan praktisi medis herbal Melayu.

Luban adalah salah satu makanan sunnah Nabi yang menjadi warisan para ulama 'sejak turun temurun lagi. Dewasa ini, luban tidak lagi dikenal di kalangan masyarakat Islam. Setelah umat islam meninggalkan gizi Islam mutakhir ini.

Luban dikenal umum oleh orang Arab sejak dahulu kala sebagai makanan kecerdasan pikiran. Luban sangat efektif untuk menambah daya ingat dan mencerdaskan karena berfungsi menghilangkan lender balagham dalam otak. Gumpalan balagham yang banyak menyebabkan lemah daya  ingat, flu, sinus, lelah, batuk dan sebagainya yang berhubungan dengan system pernapasan. 

Sejarah menyatakan bahwa Imam Syafi'i rahimahullah yang sangat terkenal dengan kekuatan daya ingat selalu mengamalkan memakan Luban sampai akhir hayat beliau. Setelah meninggal dunia ditemukan efek Luban masih berada di celah-celah gigi beliau.

Selain buah kurma, Luban dan safarjal menjadi menu pilihan utama perempuan yang sedang hamil.

Imam Muhammad at-Tihamiy Bin al-Madani Gannun al-Hasaniy, Pengarang kitab Qurratul Uyun Syarah Manzhumah Ibn Yamun, menyebutkan: "Dikisahkan pada zaman Nabi bani israil ada sebuah kampung bernama kampung sembleb (jelek) kaga enak dilihat, karena penghuni kampung tersebut para lelakinya tidak ada barang satu yang ganteng dan perempuannya tidak ditemukan biar sepotong yang cantik. Seada-adamya orang di kampung itu kena penyakit buruk rupa berjamaah. Akhirnya orang-orang kampung tersebut curhat kepada Nabi mereka. Sang Nabi lalu berdoa kepada Allah Taala hingga Allah wahyukan kepadanya untuk memerintahkan orang kampung tersebut bila ada wanita yang telah hamil yang masuk bulan ketiga atau keempat dari kehamilannya agar mengkonsumsi buah Safarjal (quince). Beberapa tahun kemudian kampung tersebut dipenuhi Cogan (cowok ganteng) dan cecan (cewek cantik).

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda;

كلوا سفرجل فانه يحسن الولد

Makanlah buah safarjal, maka akan membuat indah wajah anak. (Al-Jamius Shaghir hadis no; 6405).

Safarjal merupakan buah yang sangat bagus dikonsumsi dan banyak di temukan baik di bagian timur dan barat belahan dunia. Biasanya tumbuh di musim gugur di daerah pegunungan. Jika matang kulitnya berwarna kuningSafarjal dalam bahasa inggris disebut buah quince (baca Kwins). Bahasa perancisnya Supurgillu. Melihat fisiknya seperti perpaduan antara buah apel dan fir

Adapun Luban disebutkan dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:


أطعموا نسائكم الحوامل اللبان, فإنه يزيد في 
عقل الصبي

Artinya: Berilah luban (kemenyan Arab) kepada istri kalian yang sedang mengandung karena itu dapat mencerdaskan anak yang sedang dikandungnya.

Imam Muhammad at-Tihamiy bin al-Madaniy Ghannun al-Idrisiy al-Hasaniy (wafat tahun 1333 Hijriyah) rahimahullah Menyebutkan "rumah yang di dalamnya telah dibakarkan bukhur Luban (menyan Arab) tidak akan kena kejahatan orang hasut, dukun bahkan jin nakal bakal buron.

Adapun sanad Muttashil kepada Imam Muhammad at-Tihami bin al-Madaniy Ghannun al-Fasiy rahimahullah sebagai berikut;

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن فضيلة الاستاذ العلامة السيد عادل بن احمد الشريف العلمي الفاسي عن العلامة المحدث السيد إدريس بن محمد عابد العراقي الحسيني عن القاضي احمد سكيرج عن والده الحاج العياشي بن عبد الرحمن سكيرج عن الامام محمد التهامي بن المدني كنون الادريسي الحسني الفاسي رضي الله عنه

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 126.



Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy






 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910




1 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz