Minggu, 03 Juli 2016

Amalan Menghindari Gumoh

Amalan Mencegah Gumoh

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Makan dan minum merupakan kebutuhan makhluk hidup. Jika tidak makan dan minum akan menjadi lemas. Apalagi sampai beberapa hari tidak makan dan minum bisa kekurangan energi. Bahkan bisa mati kelaparan.

Akan tetapi, dalam Islam ada etika makan dan minum yang dilakukan dengan baik di antaranya: makan ketika sudah mulai lapar dan berhenti sebelum kenyang. Dalam al-Qur'an terdapat larangan makan dan minum terlalu kenyang. Makanlah secukupnya jangan sampai kekenyangan.

Sebenarnya apa sih efek samping kekenyangan (kebanyakan makan) ?

Pertama, ketika lambung penuh, diagfragma tertekan ke atas, ruang gerak paru menyempit, napas menjadi agak susah.

Kedua, jika lambung penuh, maka energi yang digunakan untuk mencerna makanan/ SDA (sistemic dynamic action) akan tinggi, orang akan kehilangan sejumlah besar energi. Jika tubuh tidak sedang menyotok sejumlah energi, maka orang bisa lemas dan mengantuk.

Ketiga, jika lambung penuh, maka enzim-enzim tidak dapat mengolah makanan dengan sempurna, penyerapan-pun menjadi tidak sempurna, dan banyak nutrisi yang terbuang sia-sia.

Keempat, biasanya orang yang makan sampai kekenyangan adalah orang yang makan dengan kecepatan tinggi, alias mengunyahnya cuma sebentar dan langsung ditelan. Jadi makanan tidak lunak betul saat masuk lambung. Ini akan memberikan beban pada lambung dan saluran pencernaan berikutnya. Faktor risiko berbagai penyakit mulai dari lelah lambung, sembelit, ambien, hingga kanker saluran cerna.

Kelima, tubuhmu tidak akan siap gerak jika kamu kekenyangan. Jika ada situasi darurat, respon seketika menjadi lambat. (1)

Lebih dari hal tersebut terlalu kenyang dapat mengeraskan bahkan mematikan hati. Sebagaimana tanaman yang terlalu banyak pupuk dan airnya ia akan mati.

Hati yang mati adalah hati yang tidak mau menerima nasehat, sangat sensitif, arogan, sogol (sombong), gampang putus asa, mudah sangka buruk kepada Allah dan hamba-hambaNya serta malas diajak beribadah. Kalau sudah malas lantaran kekenyangan, seseorang bisa banyak tidur, nafsu birahi menjadi liar dan banyak lagi kerugiannya.

Imam Muhammad Bin Said al-Bushairiy radhiyallahu anhu menyebutkan dalam Burdahnya:

واخش الدسائس من جوع ومن شبع ** فرب مخمصة شر من التخم

Takutlah dirimu akan bahaya besar yang tersembunyi dari dampak lapar dan kenyang. Terkadang kondisi perut yang lapar lebih buruk efeknya dari perut yang kenyang.

Imam Abu Salim Al-Ayyasyiy al-Maghribiy (wafat 1090 Hijriyah) rahimahullah menyebutkan dalam kitab Rihlatul Ayyasyiyyah amalan untuk mencegah gumoh, kemekleran, begah, kekenyangan dan saudara-saudaranya dari bentuk gangguan pencernaan baik yang mengakibatkan kontraksi otot perut atau lainnya;

Ketika hidangan sudah berada di hadapan, hendaknya baca sekali surat Ali ‘Imran ayat ke-18:

((شهد الله أنه لا إله إلا هو والملائكة وأولو العلم قائما بالقسط لا إله إلا هو العزيز الحكيم))

Artinya: “Allah telah bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Dia, dan juga para malaikai dan ahli ilmu (bersaksi), dengan menegakkan keadilan. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Dia yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Siapa saja yang membacanya di hadapan makanan, maka dengan izin Alla Taala ia dilindungi dari kekenyangan, begah, gumoh kemelekeran dan sebangsanya.

Adapun sanad Mutthashil (bersambung) kepada Imam Abu Salim al-Ayyasyiy Radhiyallahu Anhu yang al-faqir miliki sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن الشيخ العلامة المحدث سيدي عبد الرحمن بن محمد عبد الحي الكتاني عن والده الامام الحافظ سيدي محمد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني الادريسي الحسني عن الشيخ بدر الدين السكري عن الشيخ سعيد الحلبي عن الشيخ إسماعيل المواهبي الحلبي عن الشيخ حسين بن عبد الشكور الطائفي عن الشيخ محمد بن حسين العجيمي عن والده حسين العجيمي عن الشيخ أبي الأسرار مسند الحجاز الحسن بن علي العجيمي عن الشيخ أبي سالم العياشي المغربي رضي الله عنه

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 126.



Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy





instagram.com/Zulqornain_Muafiy


 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910




3 komentar:

Unknown mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz

Unknown mengatakan...

Mohon ijazahnya ustadz

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz