Rabu, 29 Juni 2016

Tips Punya Anak Yang Shalih

Tips Punya Anak Yang Shalih & Shalihah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:


Memiliki anak yang shalih dan shalihah merupakan dambaan setiap orang tua. Lantaran ia menjadi salah satu aset terbesar bagi orang tua untuk mendapatkan kebahagian dunia akhirat. Bahkan doa-doa dari anak yang shalih dan shalihah menjadi kiriman pahala yang selalu ngocor buat kedua orang tuanya.

Banyak kaifiat atau langkah-langkah yang diajarkan oleh para ulama agar Allah Taala mengaruniakan seseorang memiliki anak yang shalih dan shalihah. Selain memilih wanita bibit unggul yang akan menjadi ibu dari anak-anak tersebut, memberikan nafaqah yang halal kepada keluarga, berdoa, membekali mereka dengan ilmu, memberikan tauladan yang baik dan sebagainya.


Imam Radhiyuddin at-Thabarsiy rahimahullah menyebutkan dalam kitab Makarimul Akhlaq; "Siapa saja yang melakukan jima dengan istrinya di malam senin, jika Allah takdirkan dari hubungan itu anak tersebut menjadi penghafal al-Qur'an dan mudah bersyukur atas ni'mat. Bila jima malam selasa,  anak itu menjadi orang yang bagus imannya, penyayang, dermawan, memiliki lisan yang bersih dari ghibah dan dusta. Jika jima malam kamis, anak yang lahir akan menjadi orang pintar, bijak sana, ahli hukum. Bila jima di hari kamis ketika gelincir matahari, anak itu dilindungi imannya dari godaan syetan, cerdas dan selamat dari ujian dunia akhirat. Jika jima di malam jumat, maka anak itu menjadi orang yang penceramah atau orator yang kata-katanya menyentuh audiensnya. Bila jimanya hari jum'at setelah shalat ashar, anak tersebut akan menjadi ulama besar. Jika jima di malam jum'at di akhir malamnya maka anak tersebut akan menjadi wali abdal. Semua terjadi dengan izin Allah Taala.

Sebagai tambahan al-Faqir mengutip dari kitab Fathul Izar (menyingkap selangkangan) karya KH Abdullah Fauzi sebuah kitab yang secara tuntas membicarakan seks. Bahwa melakukan hubungan seksual malam sabtu dan malam minggu, para ahli hikmah menyebutkan;

من جامع زوجته في ليلة السبت يكون الولد مجنونا ومن جامع ليلة احد يكون الولد سارقا لمالك غيره او ظالما

Artinya; Siapa saja melakukan jima malam sabtu dikhawatirkan anak yang lahir kena penyakit gila. Bila jima malam minggu dikhawatirkan anak itu menjadi pencuri atau cleptomania dan orang jahat.

(Pernyataan di atas bukan dari al-Qur'an dan hadits. Itu hanya merupakan hasil riset dan kassyaf (penglihatan mata batin) para wali dan ahli hikmah. Sebagai bentuk ihtiyath (hati-hati) kita jangan melakukan hubungan seks pada malam-malam tersebut. Lakukanlah di pagi atau siang hari-hari tersebut. Atau menunggu datangnya malam-malam yang berfadhilah melakukan jima kemudian merapel (qodoin) jima-jima yang tertunda dari maren-maren.

Di samping hal tersebut, Para ahli hikmah menyatakan hal yang terlah teruji khasiat kemanjurannya agar memiliki anak yang shalih dan shalihah serta mendapat keberkahan dan jauh dari bala, penyakit dan mushibah;

@ Pegang kepala bocah dengan telapak tangan kanan lalu ucapkan beberapa Asmaul Husna (nama keagungan Allah):

البر (al_Barru) sebanyak 7 kali.
الرقيب (ar-Roqibu) sebanyak 7 kali
الشهيد (as-Syahidu) sebanyak 7 kali.

Kemudian membaca surat al-Qodr dan usap kepala tersebut dari bagian depan ke arah belakang beberapa kali.

Sayyid Muhammad Bin Hasan al-Haddad menyimpulkan faidah tersebut dalam sebuah nazham agar mudah diingat;

فائدةٌ للطّفلِ مِمَّا جُرِّبَا
 بِها يكونُ بارًا مٌحَبَّبَا

Faidah yang telah tereksperimen buat bocah agar is menjadi anak berbakti dan mendapat kecintaan.

قُلْ واضعًا كفًا على رأسِ الوليدْ
 البرُّ (سبعًا) والرّقيبُ والشهيدْ

Bacakan saat meletakan tanganmu biar jejeg (tetap) di atas kepalanya "al-Barru" "ar-Roqibu" dan as-Syahidu" masing-masing 7 kali

وتَقرأُ (القدرَ) وكفًّا مَرِّرَا
تَبدأُ من نَاصِيَةٍ إلى الورا

Bacakan juga surat al-Qodr baru kemudian kau usap kepala bocah itu di awali dari ubun-ubunya sampai ke belakang kepalanya.

فاعمَلْ بها تُعْطَ البَنينَ البَررهْ
 وَادْعُ لِمنْ نَظمَها بالمَغفِرهْ

Amalkan hal itu, kau akan memiliki anak_anak yang taat kepada Allah dan berbakti kepada kedua orang tua. Doakan juga yang membuat nazham ini agar dapat ampunan Allah Taala.

Dalam salah satu riwayat disebutkan oleh Imam Ibrahim Bin Hasan al-Laqqaniy rahimahullah (wafat tahun 1041 Hijriyah) bahwa Dianjurkan membaca surat al-Qodr (inna anzalnahu fi lailatil qodr) sebanyak 3 kali di hari kelahiran anak. Keutamaannya adalah; bocah tersebut akan Allah Taala lindungi dari berbuat zina.

Disebutkan dalam nazham;

وسورة القدر ثلاثا واليد **  من فوق رأسه يتم المقصود

Membaca surat al-Qodr 3 kali. Keadaan tangan berada di kepala bocah menjadi sempurna segala tujuan.

Adapun sanad Mutthashil (bersambung) kepada Imam Ibrahim al-Laqqaniy Radhiyallahu Anhu yang al-faqir miliki sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن الشيخ العلامة المحدث سيدي عبد الرحمن بن محمد عبد الحي الكتاني عن والده الامام الحافظ سيدي محمد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني الادريسي الحسني عن الشيخ بدر الدين السكري عن الشيخ سعيد الحلبي عن الشيخ إسماعيل المواهبي الحلبي عن الشيخ حسين بن عبد الشكور الطائفي عن الشيخ محمد بن حسين العجيمي عن والده حسين العجيمي عن الشيخ أبي الأسرار مسند الحجاز الحسن بن علي العجيمي عن الشيخ أبي سالم العياشي عن الشيخ علي الشبراملسي عن الامام ابراهيم اللقاني رضي الله عنه

Surat al-Qodr surat yang sangat luar biasa. Dalam hal ini Imam Muhammad Bin Sirin Radhiyallahu anhu menyebutkan; Siapa saja yang bermimpi membaca surat al-Qodr maka ia akan Allah Taala berikan panjang umur dan memiliki reputasi baik serta pangkat yang tinggi.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 87.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا



 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


6 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah qobiltu ijazah ustadz

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

ijin mengamalkan kyai...qobiltu (ian-lombok)

din mengatakan...

Qobiltu

Alim Musthafa mengatakan...

Qabiltu ustad

Unknown mengatakan...

Qobiltu ya Syaikhona...

Opan71 mengatakan...

بسم الله الرحمن الرحيم
قبلت الاجازة 🤲