Selasa, 21 Juni 2016

Amalan Kuat Bergadang

Amalan Mengatasi Ngantuk

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Nua's (Ngantuk) merupakan ciptaan Allah Taala yang sulit dihindari. Tidak ada makhluq di alam ini yang selamat dari ngantuk. Sepak terjang ngantuk sangat misterius, kedatangannya bukan seperti jalangkung yang sengaja diundang. Ngantuk??? Dia datang kapan saja walau tanpa diundang sekalipun.

Ngantuk bisa menimpa siapa saja dan faktor penyebabnya bermacam-macam seperti; adanya gangguan pada kadar gula darah atau kurangnya kadar oksigen dalam tubuh. Adanya gangguan kadar gula darah atau kurang kadar oksigen ke otak dapat menyebabkan sering menguap, merasa lemas, ngantuk dan sulit untuk konsentrasi.

Minum minuman berkafein memang dapat mencegah ngantuk. Tetapi perlu diwaspadai efek sampingnya dapat memangkas waktu tidur, mengganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur anda.

Sidi Radhiyuddin at_Thabarsiy menyebutkan cara agar seseorang melek begadang secara alami tanpa efek samping sebagai berikut;

Ambil air di sebuah gelas atau mangkuk lalu bacakan surat al-A'rafayat; 143:

وَلَمَّا جَاءَ مُوسَى لِمِيقَاتِنَا وَكَلَّمَهُ رَبُّهُ قَالَ رَبِّ أَرِنِي أَنْظُرْ إِلَيْكَ قَالَ لَنْ تَرَانِي وَلَكِنِ انْظُرْ إِلَى الْجَبَلِ فَإِنِ اسْتَقَرَّ مَكَانَهُ فَسَوْفَ تَرَانِي فَلَمَّا تَجَلَّى رَبُّهُ لِلْجَبَلِ جَعَلَهُ دَكًّا وَخَرَّ مُوسَى صَعِقًا فَلَمَّا أَفَاقَ قَالَ سُبْحَانَكَ تُبْتُ إِلَيْكَ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُؤْمِنِينَ (

Artinya; Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan berfirman (langsung)kepadanya, berkatalah Musa, "Ya Tuhanku, tampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat Engkau." Tuhan berfirman, "Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tetapi melihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala), niscaya kamu dapat melihat-Ku.” Tatkala Tuhannya menampakkan diri pada gunung itu, kejadian itu menjadikan gunung itu hancur luluh, dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata, "Mahasuci Engkau, aku bertobat kepada Engkau, dan aku orang yang pertama-tama beriman."

Air yang sudah dibacakan ayat di atas digunakan buat membasahi kepala, membasuh muka dan kedua tangan sampai sikutnya maka dengan izin Allah Taala ngantuk hilang dan bisa kuat bergadang.

Amalan tersebut cocok sekali diamalkan oleh orang-orang yang punya tugas kerja ekstra di malam maupun siang.

Adapun minum kopi menyebabkan tidak bisa tidur itu benar adanya. Alhamdulillah Saya juga termasuk orang yang kalau ngopi, nga bisa tidur. Bukan apa-apa kalo ngopi tidur, boleh jadi saya kesiram kopi !!!!!.

Tentunya saat mengerjakan basuhan-basuhan tersebut jangan dilakukan di kamar mandi atau tempat-tempat bernajis mengingat air tadi sudah dibacakan ayat al-Qur'an sehingga tidak boleh bercampur dengan tempat yang ada najis.

Boleh dilakukan di kebon atau tempat yang tanahnya suci biar airnya neneb (meresap) ke bawah. Atau dilakukan di dalam rumah dengan ditadangi bak besar lalu besok atau kapan air tersebut dibuang pada sungai, kali atau kobak yang airnya suci.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi



 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



9 komentar:

Unknown mengatakan...

Qobiltu tuan guru

Unknown mengatakan...

Qobiltu ilmu begadang

Mang zenal mengatakan...

Qobiltu

Fauzy mengatakan...

قبلت يا كياءی

Rahmat hadi mengatakan...

Qabiltu

Alim Musthafa mengatakan...

Qabiltu ustad

Gilang mengatakan...

Qobiltu ijazah yai

Anonim mengatakan...

Qobiltu

Anonim mengatakan...

Qobiltu