Kajian Nahwu Dalam Surat al-Haqqah Ayat 7
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawi M.A
بسم
الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل
يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر
الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله
بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما
بعد
Pertanyaan Syarqawi at-Tijani dari Sukapura Jakarta Utara:
Dalam surat al-Haqqah ayat 7 disebutkan:
(7). سَخَّرَهَا عَلَيْهِمْ سَبْعَ لَيَالٍ
وَثَمَانِيَةَ أَيَّامٍ حُسُومًا فَتَرَى الْقَوْمَ فِيهَا صَرْعَىٰ كَأَنَّهُمْ
أَعْجَازُ نَخْلٍ خَاوِيَةٍ
Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan delapan
hari terus menerus; maka kamu lihat kaum `Aad pada waktu itu mati
bergelimpangan seakan-akan mereka tunggul-tunggul pohon korma yang telah kosong
(lapuk).
Pertanyaan saya adalah mengenai redaksi (سَبْعَ
لَيَالٍ ) dan (وَثَمَانِيَةَ أَيَّامٍ ). Mengapa kata layal
digunanakan adad (bilangan) dengan bentuk mudzakkar (sab’a) bukan muannats (sab’ata)
dan kata Ayyam menggunakan adad muannats (tsamaniyata) bukan mudzakkar
(tsamaniya)?
Jawaban:
Redaksi Sab’a Layal pada ayat tersebut dengan membuang ta (سبع) karena
ma’dudnya )kata
layal( bentuk mufradnya adalah lailah ( الليلة ) yaitu muannats. Qaidah
baku dalam bahasa Arab bila ma’dudnya muannats maka adadnya wajib mudzakkar (membuang
ta). Sedangkan kata Tsamaniyata Ayyam, dengan menetapkan ta (ثمانية), ma’dudnya (أيام) bentuk
mufradnya adalah Yaum sebagai kata mudzakkar. Prosedur dalam adad dan ma’dud
adalah bila ma’dudnya mudzakkar maka adadnya muannats (dibubuhi ta marbuthah).
Aturan ini disebutkan dalam kitab-kitab Gramer Bahasa Arab, di antaranya kitab
Mulhatul I’rab pada bab adad:
فأَثبِتِ
الهَاءَ مَعَ المُذكَّرِ ***واحذِفْ مَعَ
المؤنَّثِ المُشتَهِرِ
Maka tetapkan ha (ta marbuthah) pada adad yang ma’dudnya muannats. Dan
buanglah pada ma’dud muannats yang populer.”
Imam Al-Fakihani dalam kitab Kasyfun Niqab Syarh Mulhatil I’rab menyebutkan
bahwa dalam memvonis mudzakkar dan muannats ma’dud yang jadi barometernya
adalah kondisi ma’dud dalam bentuk mufrad bukan jama’. Sehingga dikatakan (ثلاثة اصطبلات)
dan (ثلاثة حمامات) mengaingat mufrad kata (اصطبلات) adalah (اصطبل) dan kata (حمامات) bentuk mufradnya adalah (حمام). Dalam
hal ini Imam Ibnu Malik mengatakan dalam alfiyahnya:
ثَلَاثَةً
بِالتَّاءِ قُلْ لِلعشَرَهْ ¤ فِي عَدِّ مَا آحَادُهُ مُذَكّرَهْ
Ucapkan angka Tsalatsah (tiga) sampai ‘Asyaroh (sepuluh) dengan
menggunakan Ta’ marbuthah di dalam menghitung sesuatu yang mufrodnya Mudzakkar.
في
الضِّدِّ جَرِّدْ وَالْمُمَيِّزَ اجْرُرِ ¤ جَمْعاً بِلَفْظِ قِلَّةٍ
فِي الأكْثَرِ
Sebaliknya buanglah Ta’nya (pada mufrod ma’dud muannats).
Jarkanlah! Lafazh Mumayyiz/Ma’dud yang jamak qillah pada kebanyakannya
(daripada yg jamak katsrohnya).
Dikutip ulang dari kitab ittihaful
amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy
jilid 2 halaman 253.
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy M.A
Ikuti Kajian Islam:
instagram.com/rizkialbatawi
@rizkialbatawi
********* ********
********
يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى،
أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل
نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ
سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا
غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا،
وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
فَأَكْرِمِ
اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ
مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ
كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ
جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ
بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ
لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ
دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ سَيِّدِي رَجَـــــــــــــــــانَا
2 komentar:
Nyimak...
Terimakasih atas pencerahan baginda...semoga kita bisa ambil manfaatnya
Posting Komentar