Kamis, 20 Desember 2018

Adab Dan Dalil Meminjam Kitab


Adab Dan Dalil Meminjam Kitab

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد

Adab Dan Dalil meminjam kitab

Bagi para ustadz kitab atau buku merupakan kekasih. Banyak kasus orang meminjam buku tidak dikembalikan. Hal inilah yang menyebabkan beberapa ustadz tidak mau meminjamkan kitab atau bukunya, terlebih lagi kitab-kitab langka atau kitab yang berjilid-jilid.

Saya pribadi punya pengalaman meminjamkan kitab tetapi tidak dikembalikan, padahal saat meminjamkannya sangat berat, tetapi karena si peminjam beralasan untuk penelitian maka saya berikan. Ternyata si peminjam lupa diri atau kaga tau diri sampai saat ini kitab tersebut tidak dikembalikan. Pengalaman tersebut menjadi cambuk buat saya untuk tidak mau lagi meminjamkan kitab. Kalau ada yang mau pinjam, langsung saya kasih tau saja tempat membelinya. Untuk sekarang ini bila ada yang ingin meminjam kitab, saya sering bacakan syair sebagai berikut:

ألا يا مستعير الكتب دعنى ... فإن إعارتى للكتب عار
فمحبوبى من الدنيا كتابى ... وهل أبصرت محبوبا يعار

Ketahuilah, wahai peminjam kitab!! Biarkan pendirianku, sesungguhnya meminjamkan kitab itu menurutku sebuah kehinaan. Kekasihku dalam dunia ini adalah kitabku, apakah kau pernah melihat ada seorang kekasih yang dipinjamkan kepada orang lain?

Meskipun tidak menutup kemungkinan, bagi teman-teman dekat atau saudara yang terpercaya masih saya berikan pinjaman kitab dengan persyaratan ekstra tentunya. Karena sejatinya meminjamkan kitab bermuatan dua kebaikan selain motivasi menolong orang yang sedang butuh juga termasuk upaya menyebarkan ilmu.

Di sisi lain, saya teringat syair Syekh Muhammad Bin Khalifah at-Tunusi seorang ulama kharismatik dalam thoriqoh Tijaniyah yang juga merupakan murid ulama pakar hikmah Syekh Muhammad Haqqi an-Nazili (pengarang kitab Khazinatul Asrar):

ألا يا مالكا للكتب عرها ... فما بإعارة للكتب عار
لئن أحببت من دنيا كتاب ... فمحبوب الأحبة قد يزار

Ketahuilah wahai pemilik kitab, pinjamkanlah !! meminjamkan kitab itu sama sekali bukan kehinaan. Jika kekasihmu di dunia ini adalah kitab. Beri tau kepadanya bahwa dirinya sedang didatangi kekasihnya.”

Kesimpulannya, Adab meminjam buku harus dikembalikan secepatnya kepada pemiliknya. Si peminjam juga wajib menjaga buku tersebut jangan sampai rusak atau hilang.”

Syekh Muhammad Khalifah wafat di usia lima puluhan di kota Miknes di kediaman beliau yang dekat dengan Zawiyah Tijaniyah pada tahun 1313 Hijriyah. Dimakamkan berdampingan kuburan Syekh Muhammad Isa yang berada di luar pintu gerbang Sibah Miknes.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi


 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ سَيِّدِي رَجَـــــــــــــــــانَا


1 komentar:

Yayasan Almuafah mengatakan...

minjem kitab boleh, tapi wajib dikembalikan ya