Minggu, 01 Mei 2016

Ngebet al-Qur'an Dengan Jari Yang Dibasahin Ludah

Ngebet al-Qur'an Dengan Ludah

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan saudara H. Nur Ali jamaah majlis al-Muafah dari Pologebang Jakarta Timur:

Saya sering melihat orang ketika membaca al-Qur'an ngebet lembaran al-Qur'an dengan dengan jari telunjuk yang dibasahi dengan air ludahnya terlebih dahulu. Pertanyaan saya gimana hukumnya? Dan tolong sebutkan referensinya?

Jawaban:

Dalam pandangan ulama mazhab imam Malik dan ulama mazhab imam as-Syafiiy haram hukumnya membalik mushhap al-Qur'an dengan jari tangan yang dibsahi dengan ludah (air liur).

Imam Ibn Hajar al-Haitamiy dalam kitab Tuhfatul Muhtaj jilid 2 halaman 150:

:يحرم مس المصحف بإصبع عليه ريق إذ يحرم إيصال شيء من البصاق إلى شيء من أجزاء المصحف .


Artinya; Haram hukumnya menyentuh mushhaf dengan jari yang dibasahi oleh air liur sebagaimana haram meludahi bagian mushhaf al-Qur'an.

Dalam kitab Hasyiyah ad-Dasuqiy jilid 4 halaman 310 disebutkan:

أما إن بل أصابعه يريقه ( ( ( بريقه ) ) ) بقصد قلب أوراقه فهو وإن كان حراما لكن لا ينبغي أن يتجاسر على القول بكفره وردته بذلك لأنه لم يقصد بذلك التحقير الذي هو موجب للكفر في مثل هذه الأمور .

Artinya: Adapun membasahi jari tangan dengan ludah untuk membalik lembaran mushhaf al-Qur'an sekalipun itu merupakan perbuatan haram tetapi jangan memvonis perbuatan itu menyebabkan seseorang menjadi kafir atau murtad lantaran orang yang melakukan itu belum tentu punya niat menghinakan al-Qur'an. Jika memang niat menghinakan maka bisa jadi kafir.

Imam al-Qadhi Ibnu Arabiy al-Malikiy dalam kitan Aridhatul Ahwadziy Syarh Sunan at-Tirmidziy jilid 10 halan 240-241:

وقد اعتاد كثير من الناس إذا أرادوا أن يقرؤوا في مصحف أو كتاب علم يطرقون البزاق عليهم ، ويلطخون صفحات الأوراق ليسهل قلبها ! وهذه قذارة كريهة ، وإهانة قبيحة ينبغي للمسلم أن يتركها ديانة .ولقد رأيتُ بعض من يعتني بعدِّ ورقات المصحف فيأخذ مع كل تحويلة بزقة ويدهن بها صفحة الورقة ليسهل قلبها ! فإنا لله على غلبة الجهل المؤدي إلى الكفر  ." 

Artinya; banyak orang punya kebiasasn apabila ingin membaca al-Qur'an dengan mushhaf atau membaca kitab ilmu mereka menempelkan ludah dan mengotori lembaran halaman dengan tujuan mudah untuk membalik kertas lembarannya. Sedangkan ludah itu sesuatu yang dianggap menjijikan dan tidak disukai orang dan melakukan itu bisa jadi sebuah bentuk penghinaan. Tentunya itu tidak dilakukan oleh seorang muslim yang bagus agamanya. Tidak sedikit orang yang saya lihat membalik mushaf dengan menggunakan jarinya yang dibasahi ludah untuk mempermudah memindahkan halaman lembarannya. Ini merupakan musibah besar yang dilakukan sebodoh-bodohnya makhluq yang menjadikan dirinya kafir.

Imam Ibnul Haj dalam kitab al-Madkhal jilid 2 halaman; 318;

ويتعين عليه أن يمنع الصبيان مما اعتاده بعضهم من أنهم يمسحون الألواح أو بعضها ببصاقهم وذلك لا يجوز ; لأن البصاق مستقذر ؛ وفيه امتهان ، والموضع موضع ترفيع وتعظيم وتبجيل ، فيُجل عن ذلك ويُنزه .

Artinya: Wajib bagi para pengajar al-Qur'an melarang bocah yang punya kebiasaan menyentuh lembaran al-Qur'an dengan air liur demikian itu tidak boleh dilakukan karena ludah itu sesuatu yang dipandang menjijikan dan melakukan itu sebuah penghinaan terhadap alqur'an sedangkan al-Qur'an sesuatu yang diagungkan dan dimuliakan sangat tidak pantas untuk diperlakukan seperti itu.

Kesimpulannya: Ngebet lembaran al-Qur'an dengan tangan yang dibahasi dengan ludah walaupun tujuannya untuk mashlahat dalam membacanya yakni menjadi mudah membalik halaman mushhaf al-Qur'an hukumnya haram jika dilakikan dengan sengaja dan telah mengetahui hukumnya.

Meskipun secara fiqh ludah (air liur) hukumnya suci (bukan najis) selama hanya berasal dari sekitar dalam mulut bukan yang berasal dari perut yang berwarna kekuningan. Akan tetapi ludah itu termasuk sesuatu yang menjijikan seperti reak dan ingus. Disebut menjijikan lantaran jika kita terkena ludah, reak dan ingus orang lain maka kita merasa kemigilan (jijik) begitu juga sebaliknya orang lsin dengan ludah, reak dan ingus kita.

Karenanya sudah dipandang tidak ta'zhim dan sangat tidak pantas bahkan termasuk penghinaan terhadap al-Qur'an ketika seseorang membaca al-Qur'an untuk membalik halamannya dia basahi jarinya dengan ludah kemudian ia tempelkan ludah tersebut ke lembaran al-Qur'an.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi





 ********* ******** ********

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*
 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*
صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*
 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*


(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)

اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910


Tidak ada komentar: