Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawi
بسم
الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل
يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر
الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله
بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما
بعد
Pertanyaan Saudara Mastur at-Tijani dari Sukapura Jakarta Utara:
Mana yang benar menulis idzan dengan tanwin (اذا) atau (اذن) dengan nun?
JAWABAN:
Para ulama berbeda pandangan mengenai status idzan (اذا atau اذن) apakah
sebagai isim atau huruf. Dan mereka juga beda pendapat mengenai teknis penulisannya
apakah ditulis dengan tanwin atau dengan nun.
Pendapat mayoritas ulama menegaskan bahwa idzan merupakan huruf
sehingga penulisannya dengan nun bukan dengan tanwin. Mereka beralasan karena
tanwin bukan ciri khusus dari huruf tetapi alamat isim.
Al-Mubarrid mengatakan, “Ingin rasanya diriku menempelkan besi panas
di tangan orang yang menulis (اذن) dengan tanwin. Karena (اذن) itu adalah huruf sebagai mana (أن), (لن) dan sebagainya
yang ditulis bukan dengan tanwin tapi dengan nun.
Hanya saja, huruf (اذن) pada rasm mushhaf Ustmani (al-Qur’an) ditulis
dengan menggunakan tanwin bukan dengan nun. Kita ketahui bahwa penulisan rasm Imla-i tidak boleh
dianalogikan dengan rasm Ustmani.
Sebagian ulama memberikan tafshil (rincian), apabila ia menjadi
amil seumpama terdapat fiil mudhari setelahnya maka ia ditulis dengan tanwin. Bila
tidak menjadi amil kudu ditulis dengan nun. Sebagian ulama lain menyebutkan, “Mau
sebagai amil atau bukan, ia ditulis dengan Nun bila nempel langsung dengan fiil
mudhari. Ditulis dengan tanwin bila tidak ketemu langsung dengan fiil mudhari. Contohnya Pada surat al-Isra ayat: 76,:
وَإِذًا لَا يَلْبَثُونَ خِلَافَكَ إِلَّا قَلِيلًا
(اذا) dalam al-Qur'an ditulis tanpa nun, karena tidak langsung berhubungan dengan
fiil mudhari.
Untuk lebih danta lagi mengetahui masalah ini coba rujuk
kitab-kitab di bawah ini:
-
Syarh
al-Asymuni jilid 4 halaman 7
-
Al-Janiyyud
Dani Fi Hurufil Maani halaman 366
-
Taudhihul
Maqashid wal masalik jilid 3 halaman 1472
-
Ham’ul
Hawami’ jilid 3 halaman 501.
Dikutip ulang dari kitab ittihaful
amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy
jilid 2 halaman 253.
Yayasan al-Muafah
Silahkan di Subscrib, untuk
mendapatkan kajian terkini
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy M.A
Ikuti Kajian Islam:
instagram.com/rizkialbatawi
@rizkialbatawi
********* ********
********
يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى،
أعط كل واحد منا من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل
منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى
صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ
سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا
غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا،
وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
فَأَكْرِمِ
اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ
مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ
كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ
جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ
بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ
رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ
لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ
اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ سَيِّدِي رَجَـــــــــــــــــانَا
3 komentar:
Alhamdulillah berkah insyaallah
barokallahu fikum
Alhamdulillah
Posting Komentar