Senin, 18 Maret 2019

Doa Galau Imam Sahnun


Doa Galau Imam Sahnun

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد
Doa Galau Imam Sahnun

Nama lengkap beliau adalah Abdussalam Ibn Sa’id Ibn Habib al-Tanukhi al-Arabi. Beliau bertempat tinggal di maghribi (Maroko). Beliau berasal dari Syam, tepatnya dari Humush. Imam Sahnun lahir pada tahun 160 H (776/777 M.). Wafat tahun 240 H dalam usia 80 tahun. Beliau seorang ulama yang berafiliasi dalam mazhab Imam Malik sekaligus menyebarkan mazhab Imam Malik di daerah Afrika, Andalusia. Julukan yang diberikan pada beliau “Sahnun”. Julukan tersebut diambil dari nama seekor burung yang cerdas dan berakal tajam. Hal ini disebabkan pemikiran Imam Sahnun yang terkenal sangat tajam dalam berbagai masalah. Sahnun muda mengembara ke mesir untuk mendalaminya dengan belajar kepada murid-murid terkemuka Imam Malik, seperti Ibnu Al-Qasim, Ibn Wahab dan lain-lain. Sebenarnya beliau sangat ingin belajar langsung kepada Imam Malik sebelum sang Imam Meninggal, namun ketika itu beliau belum memiliki cukup biaya untuk mengembara. Oleh sebab itu beliau hanya bisa belajar dan mendengar dari Ibnu al-Qasim, murid Imam Malik. Jawaban-jawaban Imam Malik terhadap masalah-masalah yang ada dibenak Sahnun, bisa didengar dan didapat dari Abdurrahman Ibnu Al-Qasim.

Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah menyebutkan dalam kitab Qimatuz Zaman ‘indal ‘Ulama Dikisahkan pada suatu malam Imam Sahnun sedang menulis hadist di bukunya, kemudian datanglah budaknya bernama Ummu Mudam. Berkata Ummu Mudam sambil mendorong piring kepadanya, “Wahai Ibnu Sahnun ini makan malammu“. Imam Sahnun berkata, “Iya, tunggu sebentar saya sedang sibuk“. Sebagai budak, Ummu Mudam menunggu makanan tersebut sampai Imam Sahnun memakannya. Akan tetapi dengan malam yang terus menghitam Imam Sahnun tak beranjak tetap dengan tulisannya dan tak menoleh ke makanannya. Akhirnya Ummu Mudam berinisiatif untuk menyuapi majikannya, sampai habislah makanan itu. Pada saat azan fajar berkumandang, berhentilah Imam Sahnun dari penulisannya kemudian beranjak ke masjid. Seusai shalat Subuh, Imam Sahnun menemui Ummu Mudam dan mengatakan, “Wahai Ummu Mudam maafkan aku sudah membuatmu menunggu ku tadi malam, sekarang mana makanannya?”. Berkata Ummu Mudam dengan penuh kebingungan, ” Demi Allah wahai majikanku, aku telah menyuapimu tadi malam”. Berkata Imam Sahnun, “Oh ya? Saya tidak merasakannya “.

Subhanallah, waktunya ia luangkan untuk menggali ilmu, menggapai ridho Rabb semesta alam membuatnya tak merasakan suapan demi suapan yang masuk ke dalam perutnya, nikmat berdua-duaan dengan ilmu tak berbanding dengan lezatnya makanan. 

Imam Qadhi Iyadh (wafat tahun 544 Hijriyah) dalam kitab Tartibul Madarik Wa Taqribul Masalik jilid 4 halaman 81 menyebutkan sebuah doa yang selalu dibaca imam Sahnun rahimahullah:

ضيقي تنفرجي يا مالك يوم الدين، إياك نعبد وإياك نستعين

Wahai kepelikan yang merundung diriku, sirnalah engkau. Wahai Allah, yang menjadi raja diraja pada hari qiamat hanya kepadaMu kami menyembah dan hanya kepadaMu kali memohon pertolongan.

Doa di atas sangat cocok menjadi solusi saat seseorang menghadapi galau.

Adapun sanad muttashil kepada Imam Sahnun Rahimahullah, al-Faqir riwayatkan sebagai berikut:

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.





Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi


 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى، أعط كل واحد منا من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ سَيِّدِي رَجَـــــــــــــــــانَا



10 komentar:

Muhammad Yunus mengatakan...

Nyimak obat anti galau

Abdul Kodir mengatakan...

Kalau hati sedang risau
Baca Doa Anti Galau

#gentaaq

Unknown mengatakan...

Doa anti galau zaman dan masalah

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah..ketika kita risau sdh ada obatnya

Slamet Abdussalam mengatakan...

Cocok buat kita ini yang lagi gundah gulana

Rahmat hadi mengatakan...

Qabiltu guru

Farhan Al Azhar mengatakan...

Masyaallah posting terus guru biar sy yg faqir ini kecipratan

Al-faqir Sidi Muhammad Aiman mengatakan...

Bismillahirrohmanirrohim Qobiltu al-ijazah amalan ini ustadz

rashdan hazemi mengatakan...

qobiltu Tuan GUru

Anonim mengatakan...

Qobiltu