Selasa, 12 Februari 2019

Sanad Kitab Maulid al-Barzanji


Sanad Kitab Maulid al-Barzanji

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم
 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد

Kitab Maulid al-Barzanji

Maulid al-Barzanjiy merupakan salah satu karya Sayyid Ja’far al-Barzanji seorang ulama karismatik yang lahir di kota Madinah. Judul aslinya bernama Iqdul Jauhar Fi Maulid an-Nabiyy al-Azhar sebuah kitab terkait sejarah kelahiran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dalam bentuk prosa yang terkenal di seantero dunia islam. Dinamakan Maulid al-Barzanji semata-mata dihubungkan kepada penulisnya yang datuknya berasal dari kota Barzanj, Kurdistan. Nisbah al-Barzanji dilekatkan kepada banyak ulama yang berasal dari sana. Hanya saja yang kesohor menulis kitab Maulid ada dua. Pertama Sayyid Ja'far Bin Hasan al-Barzanji (w. 1177 Hijriyah) dengan karya Iqdul Jauhar Fi Maulidin Nabiyyil Azhar. Kedua, Sayyid Ja'far Bin Ismail al-Barzanji (w. 1317 Hijriyah) menulis kitab maulid bernama al-Kaukab al-Anwar Ala Iqdil Jauhar sebagai komentar kitab Maulid Iqdul Jauhar. Sayyid Ja'far Bin Ismail al-Barzanji merupakan cucu dari pengarang kitab Iqdul Jauhar (Sayyid Ja'far Bin Hasan al-Barzanji).

Nama lengkap pengarang adalah Sayyid Ja’far Bin Hasan Bin Abdul Karim Bin Sayyid Muhammad Bin Abdur Rasul al-Barzanji al-Husaini al-madani as-Syafii. Beliau seorang ulama multi disipliner yang menjabat sebagai mufti (ahli fatwa) mazhab Syafii di Madinah, penulis produktif dari beberapa cabang ilmu. Lebih dari 30 karya yang berhasil beliau kumpulkan, mayoritas karrya-karya beliau mengenai sejarah. Beliau wafat di kota Madinah pada tanggal 3 Sya’ban tahun 1177 Hijriyah (1764 Masehi) dan jenazah beliau dimakamnya di komplek kuburan Baqi’.

Sayyid Ja'far Bin Hasan al-Barzanji hanya memiliki satu orang putri yang di kemudian hari menikah dengan Sayyid Zainal Abidin . Dari pernikahan tersebut melahirkan seorang putra bernama Sayyid Muhammad al-Hadi. Sayyid Muhammad al-Hadi mempunyai anak bernama Sayyid Zainal Abidin (w. 1214 Hijriyah). Beliau memiliki karya Nazham Maulid Syaraful Anam. Sayyid Zainal Abidin memiliki putra bernama Sayyid Ismail dan Sayyid Ismail punya putra bernama Ja'far. Sayyid Ja'far Bin Ismail inilah yang kemudian memberikan komentar kitab Iqdul Jauhar (Maulid Barzanji) karya datuknya.

Kepopuleran kitab maulid al-Barzanji dibuktikan dengan banyaknya para ulama ikut serta untuk memberikan kontribusi ilmiah dengan membuat syarah dan ta'liqat. Dari Sini kita dapat ketahui batilnya pendapat yang mengatakan bahwa kitab al-Barzanji adalah kitab sesat. Mana mungkib kitab sesat diberikan apresiasi yang besar oleh para ulama.

Untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang Sayyid Ja'far Bin Hasan al-Barzanji al-Husaini, hendaknya para pembaca merujuk langsung kitab-kita berikut ini:

@ Tarikh Ajaibul Atsar Fit Trajum Wal Akbar vol. 1 h: 403 karya Abdurrahman al-Jabarti
@ Silkud Durar Fi A'yan al-Qarn ats-Tsani Asyar, vol. 2 h: 9 karya Muhammad Kholil al-Husaini

Adapun sanad Muttashil kepada pengarang kitab Maulid al-Barzanji, Imam Ja’far Bin Hasan al-barzanji rahimahullah al-Faqir riwayatkan sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين البتاوي عن المعمر السيد احمد بن أبي بكر الحبشي عن الشيخ عمر حمدان المحرسي عن السيد أحمد بن اسماعيل البرزنجي عن عمه السيد جعفر بن حسن البرزنجي رحمه الله .

َللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمۡ وَبَارِكۡ عَلَيۡهِ

اَلۡجَنَّةُ وَنَعِيۡمُهَا سَعۡدٌ لِّمَنۡ يُّصَلِّي وَيُسَلِّمُ وَيُبَارِكُ عَلَيۡهِ

بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡمِ
أَبۡتَدِئُ الۡإِمۡلَآءَ بِاسۡمِ الذَّاتِ الۡعَلِيَّةِ ۞ مُسۡتَدِرًّا فَيۡضَ الۡبَرَكَاتِ عَلىٰ مَآ أَنَالَه وَأَوۡلَاهُ ۞ وَأُثَنِّيۡ بِحَمۡدٍ مَّوَارِدُه سَآئِغَةٌ هَنِيَّةٌ ۞ مُمۡتَطِئًا مِّنَ الشُّكۡرِ الۡجَمِيۡلِ مَطَايَاهُ ۞ وَأُصَلِّي وَأُسَلِّمُ عَلَى النُّوۡرِ الۡمَوۡصُوۡفِ بِالتَّقَدُّمِ وَالۡأَوَّلِيَّةِ ۞ اَلۡمُنۡتَقِلِ فِي الۡغُرَرِ الۡكَرِيۡمَةِ وَالۡجِبَاهِ ۞ وَأَسۡتَمۡنِحُ اللّٰهَ تَعَالىٰ رِضۡوَانًا يَّخُصُّ الۡعِتۡرَةَ الطَّاهِرَةَ النَّبَوِيَّةَ ۞ وَيَعُمُّ الصَّحَابَةَ وَالۡأَتۡبَاعَ وَمَنۡ وَّالَاهُ ۞ وَأَسۡتَجۡدِيۡهِ هِدَايَةً لِّسُلُوۡكِ السُّبُلِ الۡوَاضِحَةِ الۡجَلِيَّةِ ۞ وَحِفۡظًا مِّنَ الۡغَوَايَةِ فِيۡ خِطَطِ الۡخَطَإِ وَخُطَاهُ ۞ وَأَنۡشُرُ مِنۡ قِصَّةِ الۡمَوۡلِدِ النَّبَوِيِّ بُرُوۡدًا حِسَانًا عَبۡقَرِيَّةً ۞ نَاظِمًا مِّنَ النَّسَبِ الشَّرِيۡفِ عِقۡدًا تُحَلَّى الۡمَسَامِعُ بِحُلَاهُ ۞ وَأَسۡتَعِيۡنُ بِحَوۡلِ اللّٰهِ تَعَالىٰ وَقُوَّتِهِ الۡقَوِيَّةِ ۞ فَإِنَّه لَاحَوۡلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِاللّٰهِ ۞

Surga dengan segala kenikmatannya adalah kebahagiaan yang disediakan bagi orang yang bersolawat kepada Nabi SAW

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Aku mulai membacakan kitab ini dengan nama Dzat Yang Mahatinggi. Dengan memohon limpahan keberkahan atas apa yang Allah berikan dan karuniakan kepadanya (Nabi Muhammad SAW). Aku memuji dengan pujian yang sumbernya selalu membuatku menikmati. Dengan mengendarai rasa syukur yang indah. Aku mohonkan shalawat dan salam (rahmat dan kesejahteraan) atas cahaya yang disifati dengan ke-dahulu-an (atas makhluk lain) dan ke-awal-an (atas seluruh makhluk). Yang berpindah-pindah pada orang-orang yang mulia. Aku memohon kepada Allah karunia keridhaan yang khusus bagi keluarga beliau yang suci. Dan umumnya bagi para sahabat, para pengikut, dan orang yang dicintainya. Dan aku memohon pertolongan kepada-Nya agar mendapat petunjuk untuk menempuh jalan yang jelas dan terang. Dan terpelihara dari kesesatan di tempat-tempat dan jalan-
jalan kesalahan.


Aku sebar luaskan kain yang baik lagi indah tentang kisah kelahiran Nabi Shollallahualayhi wa sallam ini. Dengan merangkai puisi mengenai keturunan yang mulia sebagai kalung yang membuat telinga terhias dengan mendengarkannya. Dan aku mohon pertolongan daya Allah Ta‘ala dan kekuatan-Nya yang kuat. Karena, sesungguhnya tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.








Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi


 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، وبحق قلب النبي صلى الله عليه وسلم وما حوى، أعط كل واحد منا من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ سَيِّدِي رَجَـــــــــــــــــانَا



26 komentar:

Muhammad Yunus mengatakan...

Nyimak...

Muhammad Syafrian mengatakan...

قبلت ياسيدى...

الحمدلله..
Sebesar besar terima kasih hamba ucapkan kepada tuan syekh Rizqi Dzulqarnain Betawi yg telah menyampaikan niat hamba bagi mendapat akan sanad kitab ini. Sebab hamba melazim akan ia.

جزاك الله خيرا ياشيخ...

الفقير محمد شفريان بن لقمان مرزا بن زيد

Bin Budiman mengatakan...

assalamu alaikum syaikh izin saya dan keluarga utk mengamalkan dan menyambung sanad ini melalui jalur syaikh rizqi, (ibnu budiman banjar)

Bin Budiman mengatakan...

assalamu alaikum syaikh izin saya dan keluarga utk mengamalkan dan menyambung sanad ini melalui jalur syaikh rizqi, (ibnu budiman banjar)

Rizqi Dzulqornain Albatawie mengatakan...

Waalaikumus salam.. sy ijazahkan

Rizqi Dzulqornain Albatawie mengatakan...

Barokallahu fikum

Rizqi Dzulqornain Albatawie mengatakan...

الله الله الله

Anonim mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb.
Yth baginda kh.Rizki dzulqarnain
Saya Fb Shodiqur Rifqi dengan ini memohon ijazah dan sanad maulid albarzanji dr anda...

Rahmat hadi mengatakan...

Qabiltu

Niamalkayyis mengatakan...

أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا بجاه حبيبك المصطفي سيدنا ومولانا محمد المجتبي

بارك الله فيكم واهلكم وجمعيتكم ومعهدكم وكل من معكم في الدارين آمين

Ahmad Syairazi mengatakan...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh syaikh izin ulun dan keluarga beserta jema'ah majles ta'lim utk mengamalkan dan menyambung sanad ini melalui jalur syaikh rizqi,
(Ahmad Sayrazi Paser Kalimantan Timur)

Zidni.net mengatakan...

قبلت كياهي

Mohon ijin save...matur suwun

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum wr. wb.
Ya Syaikh sy Mohon ijin ikazah untuk diri keluarga dan jama'ah Majlis Ta'lim, utk mengamalkan dan menyambung sanad ini melalui jalur ijazah syaikh Rizqi dzulkarnain, trimakasih.
(Muhammad Sutoro Banyumas, Jawa Tengah)

Ahmad Kholiluddin mengatakan...

Qobiltu Kyai

Ahmad Kholiluddin mengatakan...

Qobiltu Kyai

Unknown mengatakan...

Qobiltu Kyai Mhon Izin Mengambil Sanad Ini

Taufiq Hidayat mengatakan...

saya terima ijazah tuan.
izin mengamalkan..

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijaazatak

fajar mengatakan...

Qobiltu Inshaa Allah

Fazli.h mengatakan...

Qobiltu ijazah

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum..Izin mengamalkan dan bersambung sanad kepada kyai Rizqi dzulqornain al batawi

Anonim mengatakan...

assalamu alaikum syaikh izin saya dan keluarga utk mengamalkan dan menyambung sanad ini melalui jalur syaikh rizqi, (Syaekhul Mufid bin Rokani, Cirebon) 🙏

Syaekhul Mufid mengatakan...


قبلت ياسيدى...

الحمدلله..
Sebesar besar terima kasih hamba ucapkan kepada tuan syekh Rizqi Dzulqarnain Betawi yg telah menyampaikan niat hamba bagi mendapat akan sanad kitab ini. Sebab hamba melazim akan ia.

جزاك الله خيرا ياشيخ...

الفقير شيخ المفيد بن راكان الشربوني

Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazata kitab albarzanji ma'assanadi Ya Syekh

azmi aulia rachma mengatakan...

qobiltu idzin ma'al ijazah baginda, semoga sambung sanad saya menjadi berkah alfatihah

Sejarah mengatakan...

Qobiltu izazatuka