Mengusud-Ngusud Kata Tsaqil Dalam al-Qur'an
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy
بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا
له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد:
Kata Tsaqil (berat) hanya disebut dua kali dalam
Al-Qur’an. Kata ini hanya digunakan dalam 2 ayat saja. Dan kali ini kita akan
ngusud-ngusud makna dibalik dua ayat tersebut :
Ayat pertama menyebutkan bahwa hari kiamat disebut sebagai “tsaqil”
yaitu hari yang berat.
إِنَّ هَؤُلَاء يُحِبُّونَ الْعَاجِلَةَ وَيَذَرُونَ وَرَاءهُمْ
يَوْماً ثَقِيلاً
“Sesungguhnya mereka (orang kafir) itu mencintai kehidupan (dunia)
dan meninggalkan hari yang berat (hari akhirat) di belakangnya.” (QS.Al-Insaan:27)
Dan pada ayat kedua, Allah Menyebut Al-Qur’an sebagai “Tsaqil”
yakni perkataan yang berat”.
إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلاً ثَقِيلاً
“Sesungguhnya Kami akan Menurunkan perkataan yang berat kepadamu.” (QS.Al-Muzzammil:5)
Yang dimaksud Tsaqil pertama adalah hari qiyamat dan Tsaqil yang kedua bermakna
al-Qur’an. Sedangkan dalam sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa alihi wasallam
mengatakan bahwa al-Tsaqalain (dua hal yang berat) adalah Kitab Allah dan Ahlu
Bait (keluarga Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam), sebagaimana disinyalir
dalam banyak hadis:
Shahih Muslim:
حَدَّثَنِي
زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَشُجَاعُ بْنُ مَخْلَدٍ جَمِيعًا عَنْ ابْنِ عُلَيَّةَ
قَالَ زُهَيْرٌ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنِي أَبُو
حَيَّانَ حَدَّثَنِي يَزِيدُ بْنُ حَيَّانَ قَالَ انْطَلَقْتُ أَنَا وَحُصَيْنُ
بْنُ سَبْرَةَ وَعُمَرُ بْنُ مُسْلِمٍ إِلَى زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ فَلَمَّا
جَلَسْنَا إِلَيْهِ قَالَ لَهُ حُصَيْنٌ لَقَدْ لَقِيتَ يَا زَيْدُ خَيْرًا
كَثِيرًا رَأَيْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَمِعْتَ
حَدِيثَهُ وَغَزَوْتَ مَعَهُ وَصَلَّيْتَ خَلْفَهُ لَقَدْ لَقِيتَ يَا زَيْدُ
خَيْرًا كَثِيرًا حَدِّثْنَا يَا زَيْدُ مَا سَمِعْتَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَا ابْنَ أَخِي وَاللَّهِ لَقَدْ كَبِرَتْ
سِنِّي وَقَدُمَ عَهْدِي وَنَسِيتُ بَعْضَ الَّذِي كُنْتُ أَعِي مِنْ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَا حَدَّثْتُكُمْ فَاقْبَلُوا وَمَا
لَا فَلَا تُكَلِّفُونِيهِ ثُمَّ قَالَ قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا فِينَا خَطِيبًا بِمَاءٍ يُدْعَى خُمًّا بَيْنَ
مَكَّةَ وَالْمَدِينَةِ فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَوَعَظَ وَذَكَّرَ
ثُمَّ قَالَ أَمَّا بَعْدُ أَلَا أَيُّهَا النَّاسُ فَإِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ
يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَ رَسُولُ رَبِّي فَأُجِيبَ وَأَنَا تَارِكٌ فِيكُمْ
ثَقَلَيْنِ أَوَّلُهُمَا كِتَابُ اللَّهِ فِيهِ الْهُدَى وَالنُّورُ فَخُذُوا
بِكِتَابِ اللَّهِ وَاسْتَمْسِكُوا بِهِ فَحَثَّ عَلَى كِتَابِ اللَّهِ وَرَغَّبَ
فِيهِ ثُمَّ قَالَ وَأَهْلُ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي
أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي
فَقَالَ لَهُ حُصَيْنٌ وَمَنْ أَهْلُ بَيْتِهِ يَا زَيْدُ أَلَيْسَ نِسَاؤُهُ مِنْ
أَهْلِ بَيْتِهِ قَالَ نِسَاؤُهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ وَلَكِنْ أَهْلُ بَيْتِهِ
مَنْ حُرِمَ الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ قَالَ وَمَنْ هُمْ قَالَ هُمْ آلُ عَلِيٍّ وَآلُ
عَقِيلٍ وَآلُ جَعْفَرٍ وَآلُ عَبَّاسٍ قَالَ كُلُّ هَؤُلَاءِ حُرِمَ الصَّدَقَةَ
قَالَ نَعَمْ
Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb dan Syuja’ bin Makhlad,
keduanya dari Ibnu ‘Ulayyah : Telah berkata Zuhair : Telah menceritakan kepada
kami Ismaa’iil bin Ibraahiim : Telah menceritakan kepadaku Abu Hayyaan : Telah
menceritakan kepadaku Yaziid bin Hayyaan, ia berkata : “Aku pergi ke Zaid bin
Arqam bersama Hushain bin Sabrah dan ‘Umar bin Muslim. Setelah kami duduk.
Hushain berkata kepada Zaid bin Arqam : ‘Wahai Zaid, engkau telah memperoleh
kebaikan yang banyak. Engkau telah melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wa sallam, engkau mendengar sabda beliau, engkau bertempur menyertai beliau,
dan engkau telah shalat di belakang beliau. Sungguh, engkau telah memperoleh
kebaikan yang banyak wahai Zaid. Oleh karena itu, sampaikanlah kepada kami –
wahai Zaid – apa yang engkau dengan dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wa sallam’. Zaid bin Arqam berkata : ‘Wahai keponakanku, demi Allah, aku ini
sudah tua dan ajalku sudah semakin dekat. Aku sudah lupa sebagian dari apa yang
aku dengar dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Apa yang bisa
aku sampaikan kepadamu, maka terimalah dan apa yang tidak bisa aku sampaikan
kepadamu janganlah engkau memaksaku untuk menyampaikannya’. Kemudian Zaid bin
Arqam mengatakan : ‘Pada suatu hari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam berdiri berkhutbah di suatu tempat perairan yang bernama Khumm yang
terletak antara Makkah dan Madinah. Beliau memuji Allah, kemudian menyampaikan
nasihat dan peringatan, lalu beliau bersabda : ‘Amma ba’d. Ketahuilah
wahai saudara-saudara sekalian bahwa aku adalah manusia seperti kalian.
Sebentar lagi utusan Rabb-ku (yaitu malaikat pencabut nyawa) akan datang lalu
dia diperkenankan. Aku akan meninggalkan kepada kalian Ats-Tsaqalain (dua hal
yang berat), yaitu : Pertama, Kitabullah yang padanya berisi petunjuk dan
cahaya, karena itu ambillah ia (yaitu melaksanakan kandungannya) dan berpegang
teguhlah kalian kepadanya’. Beliau menghimbau/mendorong pengamalan Kitabullah.
Kemudian beliau melanjutkan : ‘ (Kedua), dan ahlul-baitku. Aku
ingatkan kalian akan Allah terhadap ahlu-baitku’ – beliau mengucapkannya
sebanyak tiga kali – . Hushain bertanya kepada Zaid bin Arqam : ‘Wahai Zaid,
siapakah ahlul-bait Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ?
Bukankah istri-istri beliau adalah ahlul-baitnya ?’. Zaid bin Arqam menjawab :
‘Istri-istri beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam memang
ahlul-baitnya. Namun ahlul-bait beliau adalah orang-orang yang diharamkan
menerima zakat sepeninggal beliau’. Hushain berkata : ‘Siapakah mereka itu ?’.
Zaid menjawab : ‘Mereka adalah keluarga ‘Ali, keluarga ‘Aqil, keluarga
Ja’far, dan keluarga ‘Abbas’. Hushain berkata : ‘Apakah mereka semua itu
diharamkan menerima zakat ?’. Zaid menjawab : ‘Ya’.
حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ بَكَّارِ بْنِ الرَّيَّانِ حَدَّثَنَا حَسَّانُ يَعْنِي ابْنَ
إِبْرَاهِيمَ عَنْ سَعِيدٍ وَهُوَ ابْنُ مَسْرُوقٍ عَنْ يَزِيدَ بْنِ حَيَّانَ
عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قَالَ دَخَلْنَا عَلَيْهِ فَقُلْنَا لَهُ لَقَدْ
رَأَيْتَ خَيْرًا لَقَدْ صَاحَبْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَصَلَّيْتَ خَلْفَهُ وَسَاقَ الْحَدِيثَ بِنَحْوِ حَدِيثِ أَبِي
حَيَّانَ غَيْرَ أَنَّهُ قَالَ أَلَا وَإِنِّي تَارِكٌ فِيكُمْ ثَقَلَيْنِ
أَحَدُهُمَا كِتَابُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ هُوَ حَبْلُ اللَّهِ مَنْ اتَّبَعَهُ
كَانَ عَلَى الْهُدَى وَمَنْ تَرَكَهُ كَانَ عَلَى ضَلَالَةٍ وَفِيهِ فَقُلْنَا
مَنْ أَهْلُ بَيْتِهِ نِسَاؤُهُ قَالَ لَا وَايْمُ اللَّهِ إِنَّ الْمَرْأَةَ
تَكُونُ مَعَ الرَّجُلِ الْعَصْرَ مِنْ الدَّهْرِ ثُمَّ يُطَلِّقُهَا فَتَرْجِعُ
إِلَى أَبِيهَا وَقَوْمِهَا أَهْلُ بَيْتِهِ أَصْلُهُ وَعَصَبَتُهُ الَّذِينَ
حُرِمُوا الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Bakkaar bin Ar-Rayyaan
: Telah menceritakan kepada kami Hassaan – yaitu Ibnu Ibraahiim – , dari Sa’iid
– yaitu Ibnu Masruuq – , dari Yaziid bin Hayyaan dari Zaid bin Arqam. Dia
(Yaziid) berkata : “Kami menemui Zaid bin Arqam, lalu kami katakan kepadanya :
‘Sungguh kamu telah memiliki banyak kebaikan. Kamu telah bertemu dengan
Rasulullah, shalat di belakang beliau…dan seterusnya sebagaimana hadits Abu
Hayyaan. Hanya saja dia berkata: Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa
sallam bersabda : ‘Ketahuilah sesungguhnya aku telah meninggalkan
untuk kalian dua perkara yang sangat besar. Salah satunya adalah Al
Qur’an, barang siapa yang mengikuti petunjuknya maka dia akan mendapat
petunjuk. Dan barang siapa yang meninggalkannya maka dia akan tersesat.’ Juga
di dalamnya disebutkan perkataan : Lalu kami bertanya : “Siapakah ahlu baitnya,
bukankah istri-istri beliau?”. Dia menjawab : “Bukan, demi Allah. Sesungguhnya
seorang istri bisa saja dia setiap saat bersama suaminya. Tapi kemudian bisa
saja ditalaknya hingga akhirnya dia kembali kepada bapaknya dan kaumnya. Yang
dimaksud dengan ahlul-bait beliau adalah, keturunan dan keluarga beliau yang
diharamkan bagi mereka untuk menerima zakat” [Diriwayatkan oleh Muslim no.
2408].
Musnad Imam Ahmad bin Hanbal:
حَدَّثَنَا
إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي حَيَّانَ التَّيْمِيِّ حَدَّثَنِي
يَزِيدُ بْنُ حَيَّانَ التَّيْمِيُّ قَالَ انْطَلَقْتُ أَنَا وَحُصَيْنُ بْنُ
سَبْرَةَ وَعُمَرُ بْنُ مُسْلِمٍ إِلَى زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ فَلَمَّا جَلَسْنَا
إِلَيْهِ قَالَ لَهُ حُصَيْنٌ لَقَدْ لَقِيتَ يَا زَيْدُ خَيْرًا كَثِيرًا
رَأَيْتَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَمِعْتَ حَدِيثَهُ
وَغَزَوْتَ مَعَهُ وَصَلَّيْتَ مَعَهُ لَقَدْ رَأَيْتَ يَا زَيْدُ خَيْرًا
كَثِيرًا حَدِّثْنَا يَا زَيْدُ مَا سَمِعْتَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا ابْنَ أَخِي وَاللَّهِ لَقَدْ كَبُرَتْ سِنِّي
وَقَدُمَ عَهْدِي وَنَسِيتُ بَعْضَ الَّذِي كُنْتُ أَعِي مِنْ رَسُولِ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَا حَدَّثْتُكُمْ فَاقْبَلُوهُ وَمَا لَا
فَلَا تُكَلِّفُونِيهِ ثُمَّ قَالَ قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَوْمًا خَطِيبًا فِينَا بِمَاءٍ يُدْعَى خُمًّا بَيْنَ مَكَّةَ
وَالْمَدِينَةِ فَحَمِدَ اللَّهَ تَعَالَى وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَوَعَظَ وَذَكَّرَ
ثُمَّ قَالَ أَمَّا بَعْدُ أَلَا يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ
يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَنِي رَسُولُ رَبِّي عَزَّ وَجَلَّ فَأُجِيبُ وَإِنِّي
تَارِكٌ فِيكُمْ ثَقَلَيْنِ أَوَّلُهُمَا كِتَابُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ فِيهِ
الْهُدَى وَالنُّورُ فَخُذُوا بِكِتَابِ اللَّهِ تَعَالَى وَاسْتَمْسِكُوا بِهِ
فَحَثَّ عَلَى كِتَابِ اللَّهِ وَرَغَّبَ فِيهِ قَالَ وَأَهْلُ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ
اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي
أُذَكِّرُكُمْ اللَّهَ فِي أَهْلِ بَيْتِي فَقَالَ لَهُ حُصَيْنٌ وَمَنْ أَهْلُ
بَيْتِهِ يَا زَيْدُ أَلَيْسَ نِسَاؤُهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ قَالَ إِنَّ
نِسَاءَهُ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ وَلَكِنَّ أَهْلَ بَيْتِهِ مَنْ حُرِمَ
الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ قَالَ وَمَنْ هُمْ قَالَ هُمْ آلُ عَلِيٍّ وَآلُ عَقِيلٍ
وَآلُ جَعْفَرٍ وَآلُ عَبَّاسٍ قَالَ أَكُلُّ هَؤُلَاءِ حُرِمَ الصَّدَقَةَ قَالَ
نَعَمْ
Telah menceritakan kepada kami Ismaa’iil bin Ibraahiim, dari Abu
Hayyaan At-Taimiy : Telah menceritakan kepadaku Yaziid bin Hayyaan At-Taimiy,
ia berkata : “Aku, Hushain bin Sabrah, dan ‘Umar bin Muslim berangkat menemui
Zaid bin Arqam. Ketika kami duduk bersamanya, Hushain berkata kepadanya :
“Sesungguhnya Anda telah menuai kebaikan yang banyak wahai Zaid. Anda telah
melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan mendengar
haditsnya. Kemudian Anda juga telah berperang bersamanya dan shalat bersamanya.
Sungguh, Anda telah melihat kebaikan yang banyak. Karena itu, ceritakanlah
kepada kami apa yang telah Anda dengar dari Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam.” Zaid berkata : “Wahai anak saudaraku, demi Allah, usiaku
telah lanjut, dan masaku pun telah berlalu, dan aku telah lupa sebagian yang
telah aku hafal dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka apa
yang aku ceritakan pada kalian, terimalah. Dan apa yang tidak, maka janganlah
kalian membebankannya padaku”. Zaid melanjutkan berkata : “Pada suatu hari
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berdiri dan berkhutbah
kepada kami di sebuah mata air yang biasa disebut Khumm, yakni bertempat antara
Ka’bah dan Madinah. Kemudian beliau memuji Allah dan mengungkapkan puji-pujian
atas-Nya. Beliau memberi nasehat dan peringatan. Dan setelah itu beliau bersabda
: ‘Amma ba’du, wahai sekalian manusia, aku hanyalah seorang manusia, yang
hampir saja utusan Rabb-ku mendatangiku hingga aku pun memenuhinya.
Sesungguhnya aku telah meninggalkan dua perkara yang sangat berat di
tengah-tengah kalian. Yang pertama adalah Kitabullah ‘azza wajalla. Di
dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya. Karena itu, ambillah dan
berpegang-teguhlah kalian dengannya“. Beliau memberikan motivasi terkait dengan
kitabullah dan mendorongnya. Kemudian beliau bersabda lagi : “Dan (yang
kedua adalah) ahlul-baitku. Aku ingatkan kalian kepada Allah akan ahli baitku,
aku ingatkan kalian kepada Allah akan ahlul-baitku, aku ingatkan kalian karena
Allah terhadap akan ahlul-baitku.” Kemudian Hushain bertanya kepada Zaid : “Dan
siapakah ahlul-baitnya wahai Zaid?. Bukankah isteri-isteri beliau adalah
termasuk ahlul-baitnya?”. Zaid menjawab : “Isteri-isteri beliau termasuk bagian
dari ahlul-baitnya. Akan tetapi, ahlul-bait beliau adalah siapa saja yang telah
diharamkan baginya untuk menerima sedekah setelah beliau”. Hushain bertanya
lagi : “Siapakah mereka itu?”. Zaid menjawab : “Mereka adalah keluarga ‘Aliy,
keluarga ‘Aqil, keluarga Ja’far, dan keluarga ‘Abbaas”. Zaid bertanya lagi :
“Apakah mereka semua diharamkan untuk menerima sedekah?”. Ia menjawab : “Ya”
[4/366-367].
حَدَّثَنَا
ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ يَعْنِي ابْنَ أَبِي سُلَيْمَانَ عَنْ
عَطِيَّةَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي قَدْ تَرَكْتُ فِيكُمْ الثَّقَلَيْنِ
أَحَدُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ الْآخَرِ كِتَابُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ حَبْلٌ
مَمْدُودٌ مِنْ السَّمَاءِ إِلَى الْأَرْضِ وَعِتْرَتِي أَهْلُ بَيْتِي أَلَا
إِنَّهُمَا لَنْ يَفْتَرِقَا حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ الْحَوْضَ
Telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair : Telah menceritkan
kepada kami ‘Abdul-Malik – yaitu Ibnu Abi Sulaiman, dari ‘Athiyyah, dari Abu
Sa’iid Al-Khudriy, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wa sallam : “Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara yang
sangat berat, salah satunya lebih besar dari yang lain; Kitabullah,
tali yang dibentangkan dari langit ke bumi, dan ‘itrahku ahlul-baitku, keduanya
tidak akan berpisah hingga mereka tiba di telagaku” [3/26].
Kesimpulannya, Siapa saja yang menginginkan keselamatan pada hari tsaqil (yaumil
qiyamah) maka hendaknya ia berpegang teguh dengan al-Qur’an dan Ahlu Bait
Rasulullah shallallahu alaihi wa ala alihi wa sallam.
Dikutip ulang dari kitab ittihaful
amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy
jilid 2 halaman 253.
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy
Ikuti Kajian Islam:
instagram.com/rizkialbatawi
@rizkialbatawi
https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi
********* ********
********
يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل
شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة
لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا
.:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ
الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ
.:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ
.:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ
.:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ
الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا
.:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا
6 komentar:
Alhamdulillah nambah lgi ilmu ana
Alhamdulillah Syukron Baginda.
Alhamdulillah..semoga hati kita selalu mencintai Al Qur'an n ahlul baitnya..
Syukron...
اللهم صلى على محمد وآل محمد
Ikuti kajian islam;
Instagram; @rizkialbatawi
Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi
توجكم الله بتاج العز والقبول
وبلغكم كل سول ومأمول
آمين
Posting Komentar