Sabtu, 31 Maret 2018

Adab Mengkhatamkan Kitab Dalailul Khairat


Adab Mengkhatamkan Kitab Dalailul Khairat

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:


Dalailul Khoirot merupakan Kitab shalawat fenomenal yang dikarang oleh Imam Abu Abdillah Muhammad Ibn Sulaiman al-Jazuliy al-Simlaliy al-Syarif al-Hasaniy radhiyallahu anhu. Beliau wafat pada tahun 870 H.

Al-Hafiz Abdul Hay al-Kattani (wafat 1382 Hijriyah) menyebutkan dalam kitab al-Ifadat Wa al-Insyadat  bahwasanya Sayyid Salim Bin Aydrus al-Bar al-Makkiy meriwayatkan dari gurunya yang telah mengijazahkan beliau kitab Dalailul Khoirot melaporkan, “Agar hajat makin cepat diijabah oleh Allah Taala hendaknya setelah mengkhatamkan kitab Dalailul Khairat segera mengambil timbangan lalu letakan kitab Dalailul Khairat di lisan timbangan sebelah kanan dan letakan kurma di lisan timbangan sebelah kiri jadikan berat kurma seimbang dengan kitab Dalail, kemudian shodaqohkan kurma tersebut. Siapa saja yang telah mengkhatamkan kitab Dalailul Khairat lalu mengamalkan kaifiat di atas maka dengan izin Allah apa yang menjadi hajat dan cita-cita kebaikannya akan terkabul dengan segera tidak akan tertunda.

Kronologi Imam Muhammad Ibn Sulaiman al-Jazuliy mengarang kitab shalawat Dalail al-Khairat, suatu ketika tengah berjalan-jalan di padang pasir. Ketika waktu shalat tiba, beliau berusaha mencari sumber air untuk berwudhu dan melepaskan dahaganya. Setelah beberapa saat menyusuri padang pasir, beliau menemukan sebuah sumur yang sangat dalam. Sumur itu masih menyimpan air, tapi sayang Imam al-Jazuliy tak menemukan alat untuk mengambil air dari sumur.

Ketika beliau tengah kebingungan mencari alat untuk mengambil air, tiba-tiba beliau melihat seorang anak perempuan kecil menghampiri beliau dari tempat ketinggian. Anak kecil itu bertanya, "Siapakah anda tuan, mengapa anda berada di tempat yang sesunyi ini?"

Imam al-Jazuliy lantas menjelaskan hal ihwal beliau dan kesulitan yang tengah menimpanya. "Anda adalah seseorang yang terpuji yang terkenal karena keshalehan Anda!" seru anak kecil itu. Anak kecil perempuan melihat Imam al-Jazuliy tampak kebingungan mencarikan alat untuk mengeluarkan air dari dalam sumur. Setelah agak lama mencari namun tak juga menemukan, si anak lalu mendekat ke bibir sumur dan meludah ke dalamnya. Ajaib, air sumur tiba-tiba meluap sampai ke atas permukaan tanah!

Setelah minum dan merampungkan wudhunya, Imam al-Jazuliy lantas berkata, "Wahai anak kecil, sungguh aku kagum kepadamu! Dengan amal apakah engkau dapat meraih kedudukan setinggi ini?" Anak perempuan kecil itu menjawab, "Dengan memperbanyak membaca shalawat kepada orang yang apabila ia (Nabi Muhammad) berjalan di padang belantara, binatang-binatang buas akan mengibas-ngibaskan ekornya (menjadi jinak)."

Setelah mendengar penuturan anak kecil itu, Imam Al Jazuliy lantas bernadzar untuk menyusun sebuah kitab yang membahas tentang shalawat untuk Nabi Muhammad. Kelak, setelah kitab tersebut selesai ditulisnya, kitab itu dinamainya Dalailul Khairat. Sebuah kitab yang masih terus dibaca hingga kini karena keberkahannya yang luar biasa. 

Adapun sanad Muttashil kepada pengarang kitab Dalailul Khoirot Imam Muhammad Bin Sulaiman al-Jazuliy, al-Faqir riwayatkan:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المحدث السيد عبد الرحمن الكتاني عن والده الحافظ السيد عبد الحي الكتاني عن شيخه محمد الطيب النيفر عن البرهان ابراهيم الرياحي عن حسن الشريف بن عبد الكبير عن محمد بن علي الغرياني الطرابلسي عن سليمان المنصوري عن المعمر محمد الباعلوي الأحمدي عن المعمر عبد الشكور عن الامام محمد سليمان الجزولي رضي الله عنه .


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.





Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


11 komentar:

Mohammad mengatakan...

Qobiltu baginda

Muhammad Shulfi Al 'Aydrus mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Muhammad Shulfi Al 'Aydrus mengatakan...

Qobiltu ijazah dan sanad Dalail Khoirotnya Kiyai, jazakallahu khoiron katsiron, barakallahu fik.. :)

Yayasan Almuafah mengatakan...

Ikuti kajian islam;

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi

توجكم الله بتاج العز والقبول
وبلغكم كل سول ومأمول


آمين

Yayasan Almuafah mengatakan...

Ikuti kajian islam;

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi

توجكم الله بتاج العز والقبول
وبلغكم كل سول ومأمول


آمين

Unknown mengatakan...

قبلت ياشيخنا

Muhammad Shulfi Al 'Aydrus mengatakan...

:)

زبيدي قدس mengatakan...

قبلت اجازتكم

Busro Alkarim mengatakan...

qobiltu ustazd

WAFA Alvani mengatakan...

Qobiltu,Kyai

Fazli.h mengatakan...

Qobiltu ijazah ya syaikh