Tafsir Surat al-Baqarah ayat 272 (Keutamaan Shadaqah)
Oleh; H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy
بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا
له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.
أما بعد:
Pertanyaan saudara Muhammad Zabih at-Tijani dari Kampung Baru Cakung Barat Jakarta Timur:
Saya membaca surat al-Baqarah ayat 272:
لَيْسَ
عَلَيْكَ هُدَاهُمْ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ
خَيْرٍ فَلِأَنْفُسِكُمْ وَمَا تُنْفِقُونَ إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ وَمَا
تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ
Bukanlah kewajibanmu Ya Rasulallah, menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan
tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendakiNya. Dan
apa saja harta yang baik yang kamu infakkan (di jalan allah), maka pahalanya
itu untuk kamu sendiri. Dan tidaklah kamu menginfakkan sesuatu melainkan karena
mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu infaqkkan,
niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup, sedang kamu sedikit pun tidak
akan dianiaya (dirugikan)." (Al-Baqarah: 272).
Yang saya ingin tanyakan kenapa lafazh ( تنفقوا ) pertama dan ketiga tidak memakai nun
(menjadi تنفقون ). Sebagai mana kalimat (وَما تُنْفِقُونَ إِلَّا ابْتِغاءَ وَجْهِ اللَّهِ) ? dan apa hikmahnya?
JAWAB:
Dalam menjawab pertanyaan di atas ada dua alasan:
Pertama: Membuang Huruf Nun dan menetapkan Nun merupakan
konsekuensi dari kajian I’rab dalam ilmu Nahwu:
(وَما تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَلِأَنْفُسِكُمْ)
Dan apa saja harta yang baik yang kamu infakkan (di jalan allah), maka pahalanya itu untuk kamu
sendiri
Dan apa saja harta yang baik yang kamu infakkan (di jalan allah), maka pahalanya itu untuk kamu
sendiri
وَمَا
تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ
Dan apa saja harta yang baik yang kamu infaqkkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup
Kedua Lafazh ( تنفقوا ) di atas tidak memakai nun lantaran huruf (ما) yang digunakan
adalah huruf Syarthiyyah yang berfungsi menjazamkan fiil setelahnya. Lafazh ( تنفقوا )
dijazamkan dengan membuang huruf Nun, karena ( تنفقوا ) merupakan Asmaul Khamsah (fiil yang
lima) alamat jazamnya membuang Nun.
Sedangkan Lafazh (تنفقون) pada penggalan kalimat:
(وَما
تُنْفِقُونَ إِلَّا ابْتِغاءَ وَجْهِ اللَّهِ)
Dan tidaklah kamu menginfakkan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah
Huruf (ما) pada kalimat di atas adalah Nafiyah (huruf Nafi) berarti
tidak. Adapun Lafazh (تنفقون) Fiil Mudhari’ dirofa’kan, alamat Rafa’nya tetap nun dan Huruf
Wawu menjadi Fail.
(وَما
تُنْفِقُونَ إِلَّا ابْتِغاءَ وَجْهِ اللَّهِ)
Penggalan ayat ini dengan menggunakan Kalimat tammah (sempurna) tanpa Isqat dan
Hadzf (menggugurkan huruf Nunnya) berbeda dengan:
(وَما تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَلِأَنْفُسِكُمْ)
وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ
Dengan menggunakan kalimat Naqishah dan Saqithah (kurang dan gugur Huruf Nunnya).
Kedua Membuang Huruf Nun dan menetapkan Nun mengandung hikmah;
Seakan-akan Allah Taala mengisyaratkan bahwa bila shadqah yang
kita berikan kepada orang lain ada tujuan atau mengharap yang selain Allah, maka
shadaqah tersebut nilainya Naqishah dan Saqithah (kurang dan gugur) sehingga Nun pada kalimat tersebut dibuang:
(وَما تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَلِأَنْفُسِكُمْ)
وَمَا
تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ
Shadaqah yang dilakukan semata-mata karena Allah, bukan karena ujub,
riya, mengharap gula-gula serta keuntungan keduniaan dan sebagainya itulah yang Tammah Duna Saqithah (sempurna tanpa ada yang
gugur) sehingga kalimat yang Allah gunakan sempurna tanpa membuang Nun.
Lihat kitab:
كتاب إعراب
القرآن وبيانه ج1 ص: 422
المؤلف : محيي
الدين بن أحمد مصطفى درويش (المتوفى : 1403هـ)
الناشر : دار
الإرشاد للشئون الجامعية - حمص - سورية ، (دار اليمامة - دمشق - بيروت) ، ( دار
ابن كثير - دمشق - بيروت)
الطبعة : الرابعة ،
1415 هـ
(وَما تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَلِأَنْفُسِكُمْ) الواو عاطفة على
ما قبلها وما شرطية جازمة في محل نصب مفعول به مقدم لتنفقوا وتنفقوا فعل الشرط ومن
خير في محل نصب حال والفاء رابطة لجواب الشرط ولأنفسكم جار ومجرور متعلقان بمحذوف
خبر لمبتدأ محذوف والتقدير: فهو لأنفسكم، والجملة في محل جزم جواب الشرط (وَما
تُنْفِقُونَ إِلَّا ابْتِغاءَ وَجْهِ اللَّهِ) الواو عاطفة وما نافية وتنفقون فعل
مضارع مرفوع وعلامة رفعه ثبوت النون والواو فاعله وإلا اداة حصر وابتغاء مفعول
لأجله فالاستثناء من أعم العلل ووجه الله مضاف اليه (وَما تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ)
تقدم إعرابها (يُوَفَّ إِلَيْكُمْ) جواب الشرط مجزوم وعلامة جزمه حذف حرف العلة
ونائب الفاعل مستتر تقديره هو وإليكم جار ومجرور متعلقان بيوفّ
(وَأَنْتُمْ لا تُظْلَمُونَ) الواو حالية وأنتم مبتدأ وجملة لا تظلمون خبر أنتم،
والجملة الاسمية في محل نصب حال. ولك أن تجعل الواو استئنافية فتكون الجملة
مستأنفة لا محل لها.
Dikutip ulang dari kitab ittihaful
amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy
jilid 2 halaman 253.
Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain
al-Batawiy
instagram.com/rizkialbatawi
instagram.com/Zulqornain_Muafiy
********* ********
********
يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل
شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة
لنا مأوى .
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا
أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي
إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ
العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ
عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08
NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910
10 komentar:
Nambah ilmu lagi.Qobiltu baginda....
Barokallahu fikum..
syukron katsiron baginda ...semoga manfaat di dunia waln aakhiroh
Qobiltu baginda..bertambah pemahaman Alhamdulillah
Syukron katsiron baginda atas ilmunya..
Syukron Pak Kyai
Alhamdulillah Kyai
Alhamdulillah kyai semoga bermanfaat untuk ana dan semuanya
Ikuti:
Instagram; @rizkialbatawi
Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi
توجكم الله بتاج العز والقبول وبلغكم كل سول ومأمول
آمين
Ikuti:
Instagram; @rizkialbatawi
Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi
توجكم الله بتاج العز والقبول وبلغكم كل سول ومأمول
آمين
Posting Komentar