Senin, 11 Desember 2017

Hukum Muballigh Menerima Amplop

Hukum Muballigh Menerima Amplop

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:
Pertanyaan Saudara Rizki Chandra dari Kampung Baru Cakung Barat Jakarta Timur:

Bagaimana hukumnya seorang guru agama, muballigh (penceramah) yang menerima amplop atas dakwah yang memang menjadi kewajibannya? Dan apabila ia terima upah tersebut, apakah ia akan masih mendapat catatan pahala di sisi Allah?

JAWABAN:

Syekh Muhammad Bin Said Alfa Hasyim al-Futiy at-Tijaniy menyebutkan dalam kitab al-Ajwibah al-Hasyimiyah jilid 1 halaman 66: “Penceramah boleh menerima amplop beserta isinya dan hal tersebut sama sekali tidak mengurangi pahala dakwahnya biar sedikitpun di akhirat nanti, selama niatnya baik dan tidak ghurur (tertipu, seperti gila hormat dan komersil). Disebutkan dalam sebuah nazham:

معلم الاجرة مأجور .:. ان احسن النية لا مغرور

Artinya: “Orang yang mengajar agama (guru) lalu menerima upah, maka ia masih tetap mendapat pahala, selama niatnya baik dan tidak terlena dengan godaan syetan.

Kata Bokir; "Emang kita minta, lah kita dibawain."

Pemberian amplop dan isinya bagian dari hadiah, bukan jatah preman pasar. Menerima hadiah hukumnya sunnah. sebagaimana disebutkan dalam sebuah pepatah:

من أوتي شيئا ولم يقبل وان شاء لم يعط

Siapa saja yang diberikan sesuatu hadiah (padahal ia tidak meminta) tetapi ia tolak, maka kapan-kapan ia butuh, belom tentu di kemudian hari ada yang mau memberi."


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah


Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Amplop udah dibeset ama bini tua

Abdul khodir - al betawie mengatakan...

Berarti kita (mubalig) terima y kyai pemberian seseorang kpd mubaliq untuk hadiah beliau..

Unknown mengatakan...

Nerima dengan ikhlash