Rabu, 04 Oktober 2017

Adil Dalam Berpoligami

Adil Dalam Berpoligami

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Sayiduna Muadz Bin Jabal Radhiyallahu Anhu memiliki dua orang istri. Beliau sangat memelihara haq-haq masing-masing kedua istrinya dalam setiap pemberian nafaqah dan hadiah bahkan dalam urusan menggilir bini tua dan bini muda. Diriwayatkan bahwa kedua istri beliau meninggal dalam waktu bersamaan akibat wabah yang menyerang di kampungnya. Beliau ingin menguburkan kedua istrinya di satu lubang dan beliau dihadapkan kepada pilihan istri mana yang lebih dahulu beliau masukan ke lobang lahad. Untuk memutuskan siapa yang lebih dahulu, maka beliau mengundi kedua nama istrinya. Beliau tulis di kertas kedua namanya lalu beliau masukan di tempat busur panah dan beliau lempar keluar kemudian beliau mengetahui istri mana yang beliau utamakan.

Hal tersebut dilakukan karena beliau takut termasuk orang yang zhalim (tidak adil) sehingga termasuk orang yang mendapat ancaman dari Rasulullah shallalllahu alaihi wa sallam dalam hadisnya:

إِذا كانَتْ عِنْدَ الرَّجُلِ امْرَأتانِ فَلَمْ يَعْدِلْ بَيْنهُما جاءَ يَوْمَ القِيامَةِ وَشِقُّه ساقِطٌ (ت ك) عن أبي هريرة

Artinya: “Apabila seorang lelaki memiliki dua orang istri lalu ia tidak adil antara keduanya, maka ia akan datang pada hari kiamat dalam keadaan pundaknya miring.” (al-Jami’ as-Shaghir hadis no: 826).

Dalam kitab Musykilul Astar hadis no 234, di sebutkan:

مَنْ كَانَتْ لَهُ زَوْجَتَانِ فَكَانَ يَمِيلُ مَعَ إحْدَاهُمَا عَنِ الْأُخْرَى جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَحَدُ شِقَّيْهِ مَائِلٌ

Artinya: “Siapa saja yang memiliki dua isteri, kemudian ia lebih condong kepada salah satu dari keduanya, maka ia akan datang pada hari Kiamat dalam keadaan pundaknya miring sebelah.

Para lelaki yang mengamalkan poligami kudu mengetahui bahwa sebagai suami wajib adil kepada istri tua dan muda dalam hal nafaqah dan pemberian hadiah. Adapun urusan nafsu tidak masuk dalam nominasi wajib adil. Lantaran standar nafsu tidak bisa diukur. Jadi jika seorang suami melakukan hubungan seks berkali-kali dengan istri mudanya sampai batang dzakarnya kesemutan sekalipun, maka jumlah atau durasi hubungan seks tersebut tidak menjadi kewajiban untuk ia lakukan kepada istri tuanya.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


3 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah jadi faham dah

Unknown mengatakan...

Robbana zidna ilman warzuqna fahman

Unknown mengatakan...

Apaan nih, kaga munasabah...