Rabu, 13 Juni 2018

Misteri Angka 5 dalam Surat al-Qadr


I'jaz Adadi Dalam Surat al-Qadr

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Misteri Angka 5 dalam Surat al-Qadr
Surat al-Qadr:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).

Surah al-Qadr nama surat urutan yang ke-97, terdiri dari 5 ayat, terdapat pada juz ke-30 atau Juz ‘Amma dan termasuk kedalam golongan surah  makiyyah karena turun di kota Mekah. Surah ini disebut juga dengan surah Innaa anzalnahu dan diturunkan setelah surah ‘Abasa. Para mufassir berpendapat bahwa Al Qur’an mulai diturunkan pada Lailatul Qadr meskipun tidak ada kata-kata Al Qur’an dalam surah ini. Ayat keempat menyatakan bahwa dalam Lailatul Qadr para malaikat beserta “Al-Ruh” atau Jibril turun ke dunia untuk mengatur semua urusan.

Kronologi turunnya Surat al-Qadr:

As-Suyuthi menyebutkan dalam kitab Lubabun Nuqul, “Diriwayatkan dari Ibnu Jarir dari Mujahid bahwasanya dahulu ada seorang Yahudi yang selalu beribadah pada malam hari hingga pagi kemudian dia berjihad melawan musuh pada siang hari hingga petang. Dia melakukan hal itu selama seribu bulan. Allah lalu menurunkan surah Al-Qadr yang mengandung perbuatan yang lebih baik daripada perbuatan orang itu.”

Imam Mujahid juga berkata bahwa lailatul qadar itu lebih baik dari 1000 bulan yang tidak terdapat lailatul qadar. Pendapat ini juga menjadi pendapat Qotadah bin Da’amah dan Imam Syafi’i.

Mu'jizat Surat al-Qadr

Syeikh Muhammad al-Syinqithi mengatakan:

 عدد ايات سورة القدر خمس ايات متطابق مع عدد ليالي الوتر خمسة "

Jumlah ayat surat al-Qadr ada 5 memiliki korelasi dengan jumlah malam-malam ganjil sepuluh putaran akhir bulan Ramadhan yang diprediksikan oleh para ulama terjadi lailatul Qadr (malam keagungan). (malam 21, 23, 25, 27 dan 29).

Adanya hubungan keterkaitan antara jumlah ayat dan jumlah malam ganjil serta jumlah huruf (ا ل ق د ر) masing-masing terdiri dari 5 ayat, 5 malam dan 5 huruf.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 289.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


8 komentar:

Syaeful bahar mengatakan...

Subhanallah walhamdulillah

Muhammad Yunus mengatakan...

Semoga merasakannya...

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah fahimna

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah fahimna

Unknown mengatakan...

Semoga mendapatkan kaifiatnya ..

Abdul khodir - al betawie mengatakan...

Alhamdulillah ilmu yg bermanfaat dapet lagi syukron kyai rizky Zulqornain semoga antum d beri panjang umur sehat wal afiat agar mencurahkan terus ilmunya k jama'ah al muafah khususnya dan umumnya kpd ummat nabi Muhammad saw

rahmat hadi mengatakan...

Alhamdulillah

Mohamad rashdan mengatakan...

qobiltu...barakallah