Rabu, 23 Mei 2018

Takhrij Hadis: (اِشْتَدِّي أَزْمَةُ تَنْفَرِجِي)


Takhrij Hadis: (اِشْتَدِّي أَزْمَةُ تَنْفَرِجِي)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:
Takhrij Hadis: (اِشْتَدِّي أَزْمَةُ تَنْفَرِجِي)

اِشْتَدِّي أَزْمَةُ تَنْفَرِجِي (الْقُضَاعِي فر) عَن علي.

”Memuncaklah wahai kesulitan, lalu sirnalah.” (Diriwayatkan al-Quḏâʻî dan al-Dailamî dalam al-Firdaus dari ʻAli Bin Abî Tâlib)[1]

Aẖmad al-Ghumârî menyatakan bahwa ungkapan di atas adalah hadis palsu. Pada sanadnya terdapat al-Husain Bin ʻAbdullah Bin Dumairah, seorang kadzdzâb (pendusta besar). Al-Quḏâʻî dan Abû Aẖmad al-ʻAskarî meriwayatkan dari Umayyah Bin Khâlid dari Husain Bin ʻAbdullah Bin Dumirah dari bapaknya dari kakeknya dari ʻAli Bin Abî Tâlib. AI-Dailamî dalam kitab al-Firdaus meriwayatkan dari jalur al-ʻAskarî.[2]

Ibn Hajar mengutip pendapat Abû Mûsâ al-Madînî, “Kalimat di atas merupakan pepatah, bukan hadis. Dikisahkan, dahulu ada seorang perempuan bernama Izmah yang sedang hamil tua, saat menjelang masa melahirkan ada orang berkata, “Sabarlah wahai Izmah, hingga kau dapat melahirkan dengan selamat.” Aẖmad al-Ghumârî berkata, “Aku temukan keterangan tersebut dari Mughaltai pada hasyiyah kitab Usd al-Ghâbah. Ketika aku telusuri tidak ada keterangan yang menyebutkan bahwa perempuan yang bernama Izmah tadi adalah seorang sahabat Rasulullah SAW. Mughaltai mengatakan, kisah Izmah itu cerita batil.”[3]

Analisa Hadis
Melalui penelusuran kitab al-Jâmiʻ al-Saghîr, redaksi hadis tersebut ditemukan pada kitab;
·      Kitab Musnad al-Syihâb karya al-Quḏâʻî
·      Kitab al-Firdaus karya al-Dailamî

Ø Musnad al-Syihâb:[4]
أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحُسَيْنُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مَيْمُونِ بْنِ زَيْدٍ الْكَاتِبُ، ثنا عَلِيُّ بْنُ عُمَرَ بْنِ أَحْمَدَ الْحَافِظُ، إِمْلَاءً، ثنا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُبَشِّرٍ، قَالَ: ثنا أَبُو الْأَشْعَثَ، ثنا أُمَيَّةُ بْنُ خَالِدٍ، ثنا حُسَيْنُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ ضُمَيْرَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ , عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «اِشْتَدِّي أَزْمَةُ تَنْفَرِجِي»
Ø Al-Firdaus:[5]
أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ الْحُسَيْنِ أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ شَيْبَةَ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ الْأَهْوَازِي حَدَّثنَا أبُو أَحْمَدَ الْعُكْبَرِي حَدَّثنَا مُحَمَّدُ بنُ عَزْرَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الأَشْعَثَ، حَدَّثَنَا أُمَيَّةُ بْنُ خَالِدٍ، حَدَّثَنَا بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ ضُمَيْرَةَ عن أبيه عن جده عن علي قال: قال رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: اشْتَدِّي أَزْمَةُ تَنْفَرِجِي

a.    Biografi para periwayat jalur al-Quḏâʻî:
a)    Abû ʻAbdillah al-Husain Bin Muẖammad Maimûn Bin Zaid al-Kâtib
Di antara guru beliau, Al-Baghawî, Abu Muhammad Bin Saʻid, Abu Bakr al-Naisâbûrî. Murid-murid beliau antara lain: Abû al-Qâsim al-Tanûkhî, Abu Tâlib al-Usyârî, Abû al-Husain al-Muhtadî Billah. Al-Dzahabî mengatakan, “Tidak diketahui mengenai tahun kelahiran dan wafatnya. Beliau periwayat sadûq.[6]

b)   ʻAli Bin ʻUmar Bin Aẖmad al-Hâfiz
Beliau populer dengan sebutan al-Dâraqut[7] pengarang kitab al-Sunan. Beliau dilahirkan pada tahun 306 Hijriyah dan wafat pada tahun 385 Hijriyah.[8] Beliau berguru kepada: al-Baghawî, Ibn Abî Dâwud, Ibn Sâʻid, Ibn Duraid, ʻAlî Bin Abdullah Mubassyir, Muhammad Bin al-Qâsim dan lain-lain.[9] Murid-murid beliau di antaranya: Abû ʻAbdillah al-Hâkim, ʻAbd al-Ghanî, Tamâm Bin Muhammad al-Râzî, Abû Hâmid al-Isfirâyînî, Abû ʻAbd al-Rahman al-Sulamî dan Abû Nuʻaim al-Asfahânî.[10] Al-Dzahabî menyebutnya sebagai amîr al-mu’minîn dan periwayat tsiqah.[11]

c)    ʻAli Bin ʻAbdullah Bin Mubassyir
Julukan beliau Abû al-Hasan al-Wâsitî. Beliau berguru kepada ʻAbd al-Hâmid Bin Bayân, Ahmad Bin Sinân al-Qattânî, Muhammad Bin Harb, ʻAmmr Bin Khâlid al-Tammâr, Muhammad Bin al-Mutsannâ dan sebagainya. Murid-murid yang meriwayatkan dari beliau antara lain: Abû Bakr Bin al-Muqrî, al-Darâqutnî, Abû Ahmad al-Hâkim dan Zahîr Bin Ahmad. Beliau wafat tahun 324 Hijriyah.[12] Al-Dzahabî menyebut beliau sebagai periwayat tsiqah.[13]

d)   Abû al-Asyʻats
Nama lengkap beliau Aẖmad Bin al-Miqdâm Bin Sulaimân Bin Asyʻats al-Basrî. Beliau meriwayatkan dari: Bisyr al-Mufaddâl, Hammad Bin Zaid, Yazîd Bin Zuraiʻ, Mu’tamir Bin Sulaimân dan lainnya. Murid-murid beliau: al-Bukhârî, al-Tirmidzî, al-Nasâî, Ibn Mâjah, Abû Zurʻah, Abû Hâtim dan lain-lain. Beliau wafat tahun 253 Hijriyah.[14]

e)    Umayyah Bin Khâlid
Nama lengkapnya Umayyah Bin Khâlid Bin al-Aswad Bin Hudbah al-Basrî. Beliau meriwayatkan dari Syuʻbah, Sufyân al-Tsaurî, al-Masʻûdi dan lain-lain. Di antara murid beliau: Musaddad, ʻAlî Bin al-Madînî, Abû al-Asyʻats. Beliau wafat tahun 201 Hijriyah.[15] Para kritikus hadis berkomentar mengenai Umayyah Bin Khâlid; Abu Zurʻah mengatakan bahwa Umayyah Bin Khâlid tsiqah. Abû Hâtim menyebutnya sebagai perawi tsiqah. Ibn Hibbân memasukan beliau dalam komunitas periwat tsiqah.[16]

f)    Husain Bin ʻAbdullah
Tokoh yang dikritik Aẖmad al-Ghumârî. Beliau wafat antara tahun 170-180 Hijriyah.[17] Beliau meriwayatkan dari banyak orang di antaranya: Ayah beliau, ʻAbd al-Rahman Bin Yahyâ Bin ʻAbbâd dan lain-lain. Adapun orang yang meriwayatkan hadis dari beliau juga banyak antara lain: Ibn Abî Dzi’b, Zaid Bin al-Hubâb dan Abû Musʻab al-Zuhrî. Pernyataan para kritikus hadis mengenai Husain Bin ʻAbdullah; Aẖmad Bin Hambal mengatakan, Husain Bin ʻAbdullah matrûk al-hadîts. Ibn Hammâd menyebutnya munkar al-hadîts. Yaẖyâ Bin Maʻîn mengatakan, kadzdzâb laisa hadîtsuhû bi syai.[18]

Abû Hâtim menyebutnya, matrûk al-hadîts dan kadzdzâb. ʻAbd al-ʻAzîz al-Uwaisî berkata, sewaktu Mâlik Bin Anas mendengar bahwa Ismâʻîl Bin Abî Uwais belajar kepada al-Husain Bin Dumairah, beliau memberikan skor kepadanya 40 hari“.[19]

Al-Bukhârî berkomentar munkar al-hadîts. Abû al-Zurʻah mengatakan laysa bi syai yudrabu ʻalâ hadîtsihi. Al-Nasâî mengatakan laisa bi tsiqah wa yuktabu hadîtsuhu. Ibn al-Jârûd menyebutnya kadzdzâb laisa bi syai. Ibn Abî Uwais mengatakan yuttahamu bi al-zandaqah. Riwayat Ibn Mahdi dari Mâlik Bin Anas menyebutnya al-kadzdzâb. Al-ʻUqailî mengatakan al-ghâlib ʻalâ hadîtsih al-wahm wa al-nakârah.[20]

Dari komentar para kritikus hadis di atas terlihat secara jelas bahwa Husain Bin ʻAbdullah adalah periwayat bermasalah. Penulis tidak menemukan ulama yang mentaʻdîlnya.
g)   Abdullah Bin Dumairah
Biografi beliau tidak ditemukan.
h)   Dumairah
Nama lengkapnya Saʻd al-Himyarî. Tidak ditemukan data mengenai beliau.[21]
i)     ʻAli Bin Abî Tâlib
Seorang khalîfah al-Râsyidîn ke-empat yang mendapat julukan Abû al-Hasan. Beliau wafat pada malam Jum’at tanggal 13 Ramadhan tahun 40 Hijriyah. Hadis-hadis saẖîẖ sangat banyak menyebutkan keutamaan beliau. Ibn Hajar al-Asqalânî menyebutkan, “Tidak ada seorang sahabat Rasulullah SAW. yang paling banyak disebutkan keutamaannya melalui hadis-hadis saẖîẖ melainkan ʻAlî Bin Abî Tâlib.”[22]

b.   Biografi para periwayat jalur al-Dailamî:
a)    ʻAlî Bin al-Husain
Nama lengkap beliau adalah adalah ʻAlî Bin al-Husain Bin al-Hasan Bin ʻAlî Bin al-Husain Bin ʻAlî Bin Muẖammad al-Hamadzanî. Beliau wafat pada tahun 476 Hijriyah. Al-Dailamî menyebutnya sebagai sadûq.[23]
b)   ʻAlî Bin ʻAbd al-Mâlik Bin Syaibah Bin Aẖmad Bin al-Hasan al-Ahwâzî
Tidak ditemukan biografinya.
c)    Abû Aẖmad al-ʻUkbarî
Nama lengkap beliau adalah Abû al-Farj Aẖmad Bin Muẖammad Bin Jurî al-ʻUkbari. Beliau wafat antara tahun 381-390 Hijriyah.[24] Ibn Hajar mengatakan, “Mayoritas hadis-hadis yang diriwayatkannya gharîb dan munkar.”[25]
d)   Muẖammad Bin Azrah
Muẖammad Bin Azrah wafat pada tahun 313 Hijriyah. Periwayat tsiqah.[26]
Biografi Abu al-Asyʻats, Umayyah Bin Khâlid, Husain Bin ʻAbdullah, ʻAbdullah Bin Dumairah, Dumairah al-Himyarî dan ʻAlî Bin Abî Tâlib sudah disebutkan sebelumnya.

a.    Kesimpulan
Dari uraian mengenai kritik sanad hadis di atas, menghasilkan beberapa catatan, sebagai berikut;
a)              Dari segi kualitas pribadi dan kapasitas intelektual para perâwînya, ditemukan beberapa perâwî bermasalah, yaitu Husain Bin ʻAbdullah, Abû Ahmad al-Ukbarî. Sedangkan ʻAbdullah Bin Dumairah dan bapaknya dan ʻAlî Bin ʻAbd al-Mâlik Bin Syaibah al-Ahwazi majhûl.
b)             Dari segi hubungan periwayatan, karena ada beberapa periwayat yang majhûl sehingga kebersambungan sanadnya masih diragukan. Meskipun ditinjau dari interval tahun wafatnya tidak berjauhan atau masih sezaman, lafadz adâ yang menunjukkan pertemuan langsung antara dua orang perawi .

Berdasarkan beberapa catatan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sanad hadis yang ditakhrîj oleh al-Quḏâʻî dan al-Dailamî di atas, selain diriwayatkan oleh Husain Bin ʻAbdullah Bin Dumairah periwayat hadis palsu sebagaimana disebutkan oleh Aẖmad al-Ghumârî ternyata juga diriwayatkan oleh Abû Aẖmad al-ʻUkbarî periwayat hadis munkar beserta beberapa periwayat majhûl.

Aẖmad al-Ghumârî memauḏûʻkan hadis di atas dalam kitab al-Mudâwî, al-Mughîr, Ju’nat al-Attâr dan Fath al-Wahhâb karena diriwayatkan oleh Husain Bin ʻAbdullah Bin Dumairah tokoh kadzdzâb dan matrûk.

Aẖmad al-Ghumârî sendiri tidak memberikan kritik matan pada hadis yang diteliti dan menurut pendapat penulis, matan tersebut sahîh karena tidak bertentangan dengan hadis-hadis sahîh serta selaras dengan firman Allah Sûrah al-Insyirah/94: 5-8:

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا . إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا . فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ . وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ .

“Maka sesungguhnya setiap kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya setiap satu kesulitan ada dua kemudahan. Jika engkau telah selesai maka bekerja keraslah dan berharap kepada Tuhan kamu.”

Berdasarkan riwayat di atas, Abû al-Fadl Yûsuf Bin Muhammad al-Tauzarî (w. 513 H) yang terkenal dengan julukan Ibn Nahwî membuat gubahan qasîdah yang populer dengan nama al-Munfarijah (solusi) sebagai berikut:

اِشْتَدِّي أزمَةُ تَنْفَرِجِي *** قَدْ آذَنَ لَيْلُكِ بِالْبَلَجِ
وَظَلامُ اللَّيْلِ لَهُ سُرُجٌ ***حَتَّى يَغْشَاهُ أبُو السُّرُجِ

“Wahai kepelikan, memuncaklah lalu sirnalah. Malammu telah mengabarkan akan datangnya pagi. Di kegelapan malam ada bintang-bintang bercahaya sampai saatny didekap sinar matahari.”

Tâj al-Dîn Bin ʻAlî al-Subkî (w. 771 H) menyebut qasîdah al-Munfarijah dengan nama al-Faraj Baʻd al-Syiddah (jalan keluar setelah kesulitan) dengan alasan qasîdah tersebut telah teruji coba guna menghilangkan kesusahan dan melapangkan kesulitan karena di dalamnya terdapat al-ism al-aʻzam (nama Allah yang paling agung).[27]

Selain Aẖmad al-Ghumârî, Penulis juga menemukan keterangan para ulama yang menyatakan kepalsuan hadis di atas antara lain ʻAbd al-Raẖmân al-Daibaʻî,[28] Muẖammad Bin Tûlun al-Sâlihî,[29] Muẖammad al-Ghazzî al-Dimasyqî,[30] Ismâîl al-ʻAjlûnî,[31] ʻAli Bin ʻAbdullah al-Samhûdî,[32] Muẖammad al-Basyîr Zâfir,[33] Muẖammad Bin ʻAbd al-Bâqî al-Zurqânî,[34] Muẖammad al-Hajjûjî al-Tijânî,[35] Muẖammad Darwîsy al-Bairûtî,[36] Muẖammad al-Amîr al-Kabîr,[37] Muẖammad Nâsir al-Dîn al-Albânî.[38]

Dikutip dari buku KRITIK HADÎTS AHMAD AL-GHUMÂRÎ TERHADAP HADÎTS-HADÎTS PALSU RIWAYAT AL-QUDÂʻÎ DALAM KITAB AL-JÂMI AL-SAGHÎR (Telaah Kitab Al-Mudâwî Li ʻIlal Al-Jâmi’ Al-Saghîr Wa Syarhai al-Munâwî) karya Rizki Zulkarnain M.A





Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا




[1] Al-Suyûṯî, al-Jâmiʻ al-Saghîr, h. 69.
[2] Aẖmad al-Ghumârî, al-Mudâwî, vol. 1, h. 459
[3] Aẖmad al-Ghumârî, Fath al-Wahhâb Bi Takhrîj Ahâdîts al-Syihâb, vol. 2 (Beirût: ʻÂlam al-Kutub, 1988), h. 33-34.
[4] Muhammad al-Quḏâʻî, Musnad al-Syihâb, vol. 1 (Beirût: Muassasah al-Risâlah 1985), h. 436
[5] Al-Gharâib al-Multaqatah Min Musnad al-Firdaus Min Mâ Laisa Fî al-Kutub al-Masyhûrah, h. 359.
[6] Al-Dzahabî, Siyar Aʻlâm al-Nubalâ, vol. 12, h. 423.
[7] Al-Suyûtî memberikan ḏabṯ sebagai berikut:
(الدَّارَقُطْنِيُّ) بِفَتْحِ الرَّاءِ، وَضَمِّ الْقَافِ، وَسُكُونِ الطَّاءِ نِسْبَةً إِلَى دَارِ الْقُطْنِ مَحَلَّةٍ بِبَغْدَادَ.
 “Al-Darâquṯnî dibaca dengan fathah huruf Ra, dammah huruf Qâf dan sukun huruf Ṯâ, dinisbahkan kepada nama kota di Baghdâd bernama Dar al-Quṯn.” Al-Suyûtî, Lubb al-Lubâb Fî Tahrîr al-Ansâb (Beirût: Dâr Sâdir, 1990), h. 101.
[8] Al-Suyûtî, Tabaqât al-Huffâz (Beirût: Dâr al-Fikr, 1990), h. 393.
[9] Al-Dzahabî, Tadzkirah al-Huffâz, vol. 1 (Beirût: Dâr al-Fikr, 1998), h. 132.
[10] Al-Dzahabi, Siyar A’lam al-Nubala, vol. 12 h. 414.
[11] Al-Dzahabî, Tadzkirah al-Huffâz, vol. 1, h. 134.
[12] Al-Dzahabî, Siyar Aʻlâm al-Nubalâ, vol. 11, h. 360.
[13] Al-Dzahabî, Târîkh al-Islam, vol. 24, h. 158.
[14] Al-Dzahabî, Siyar Aʻlâm al-Nubalâ, vol. 9, h. 554.
[15] Al-Bukhârî, Târîkh al-Kabîr, vol. 2, h. 10.
[16] Ibn Hajar al-ʻAsqalânî, Tahdzîb al-Tahdzîb vol. 1 (Beirût Dâr al-Fikr, 1990) h. 371.
[17] Al-Dzahabî, Târîkh al-Islâm Wa Wafayât al-Masyâhir Wa al-Aʻlâm, vol. 4 (Tunis: Dâr al-Gharb al-Islâmî, 2003), h. 601.
[18] Ibn ʻAdî al-Jurjânî, al-Kâmil  Fi Duʻafâ al-Rijâl, vol. 3 (Beirut: Dâr al-Kutub al-ʻIlmiyah 1997) h. 225.
[19] Ibn Hajar al-ʻAsqalânî, Taʻjîl al-Manfaʻah Bi Zawâid Rijâl al-Aimmah al-Arbaʻah, vol. 1 (Beirût: Dâr al-Basyâir, 1996) h. 451.
[20] Ibn Hajar al-ʻAsqalânî, Lisân al-Mîzân, vol. 3 (Beirût: Dâr al-Basyâir, 2002) h. 173.
[21] Al-Bukhârî, al-Târîkh al-Kabîr, vol. 2, h. 388.
[22]) Muẖammad Bin ʻAbdullah Muhyî al-Dîn, Arbaʻûn Hadîtsan Fî Fadâil Arbaʻîn Sahâbiyan Min Arbaʻîn Kitâban (T.tp. T.t.), h. 18.
[23] Al-Dzahabî, Târîkh al-Islâm, vol. 10, h. 396.
[24] Al-Dzahabî, Târîkh al-Islam, vol. 8, h. 673.
[25] Ibn Hajar al-ʻAsqalânî, Lisân al-Mîzân, vol. 1, h. 256.
[26] ʻAbdullah al-Azdî, Târîkh Ulamâ Andalus, vol.2 (Kairo: Maktabah al-Khaniji, 1988), h. 35.
[27] Tâj al-Dîn al-Subkî, Tabaqât al-Syâfiʻiyah al-Kubrâ, vol. 8 (Beirût: Dâr al-Fikr, 1994), h. 60.
[28] ʻAbd al-Raẖmân al-Daibaʻî, Tamyîz al-Tayyib Min al-Khabîst Fî Mâ Yadûr ʻAlâ Alsinah al-Nâs Min al-Hadîts (Jakarta: Dinamika Jakarta Utama, 1989), h. 27.
[29] Muhammad Bin Tûlûn, al-Syadzrah Fî al-Ahâdîts al-Musytahirah (Beirût: Dâr al-ʻIlmiyah, 1993), h. 101.
[30] Muẖammad al-Ghazzî, Itqân Mâ Yahsun Min al-Akhbâr al-Dâirah ʻAlâ Alsun (Kairo: Matbaʻah al-Fârûq, 1995), h. 81.
[31] Ismâʻîl al-ʻAjlûnî, Kasyf al-Khafâ Wa Muzîl Ilbâs ʻAmmâ Isytahara Min al-Ahâdîts ʻAlâ Alsinah al-Nâs, vol. 1 (Cairo: al-Maktabah al-ʻAsriyah, 2000), h. 145.
[32] ʻAli Bin ʻAbdullah al-Samhûdî, al-Ghummâz ʻAlâ al-Lummâz Fî al-Maudûʻât al-Masyhûrat (Beirût: Dâr al-ʻIlmiyah, 1986), h. 24.
[33] Muẖammad al-Basyîr Zâfir, Tahdzîr al-Muslimîn Min al-Ahâdîts al-Maudûʻah ʻAlâ Sayyid al-Mursalîn (Beirût: Dar Ibn Kastir, 1985), h. 127.
[34] Muẖammad Bin ʻAbd al-Bâqî al-Zurqânî, Mukhtasar al-Maqâsid al-Hasanah (Beirût: al-Maktab al-Islamî, 1989), h. 66.
[35] Muẖammad al-Hajjûjî, Minhah al-Wahhâb Fî Takhrîj Ahâdîts al-Syihâb (Beirût: Dâr al-ʻIlmiyah, 2010), h. 344.
[36] Muẖammad Darwîsy, Asnâ al-Matâlib Fî Ahâdîts Mukhtalifah al-Marâtib (Beirût: Dâr al-Fikr, 1991), h. 85.
[37] Muẖammad al-ʻAmîr al-Kabîr, al-Nukhbah al-Bahiyyah Fî al-Ahâdîts al-Makdzubah ʻAlâ Khair al-Bariyyah (Beirût: al-Maktab al-Islâmî, 1988), h. 32.
[38] Muẖammad Nâsir al-Dîn al-Albânî, Silsilah al-Ahâdîts al-Daʻîfah Wa al-Maudûʻah Wa Astaruhâ al-Sayyi Fî al-Ummah, vol. 5 (Riyâd: Dâr al-Maʻârif, 1992), h. 412; Daʻîf al-Jâmiʻ al-Saghîr Wa Ziyâdatuhu (Beirût: al-Maktab al-Islâmî, 1988), h. 123.


Ahmad al-Ghumari, Ibn shiddiq al-Ghumari, al-Ghumariyah, Keluarga al-Ghumari

Tidak ada komentar: