Rabu, 23 Mei 2018

Kritik Hadîts Ahmad al-Ghumâri Terhadap Hadis-Hadis Palsu Dalam Kitab Al-Jâmiʻ al-Saghîr


Kritik Hadîts Ahmad al-Ghumâri Terhadap Hadis-Hadis Palsu Kitab Al-Jâmiʻ al-Saghîr

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

ABSTRAK


Rizki Zulkarnain, Kritik Hadîts Ahmad al-Ghumâri Terhadap Hadis-Hadis Palsu Riwayat Al-Quḏâʻî Dalam Kitab Al-Jâmiʻ al-Saghîr (Telaah Kitab al-Mudâwî Li ʻIlal al-Jâmi’ al-Saghîr Wa Syarhai al-Munâwî), 2018

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesenjangan fakta historis peranan Aẖmad al-Ghumârî yang membahas kajian dan penelitiannya. Fakta menunjukan bahwa Aẖmad al-Ghumârî memiliki peranan penting dalam kajian hadis khususnya kritik hadis. Namun secara kajian sangat sedikit yang mengangkatnya ke permukaan. Sejauh ini kajian kritik hadis ulama kontemporer yang ada baru sebatas ʻAbd al-Fattâh Abû Ghuddah, Ahmad Syâkir dan Nâsir al-Dîn al-Albânî. Padahal Aẖmad al-Ghumârî termasuk ulama yang memiliki kontribusi terbesar dalam kajian kritik hadis pada abad 14 Hjiriyah. Aẖmad al-Ghumârî menulis lebih dari seratus judul kitab dalam bidang hadis dan Aẖmad al-Ghumârî merupakan ulama pertama yang menulis kitab mengenai metode takhrîj hadis. Aẖmad al-Ghumârî juga memiliki banyak karya terkait biografi para ulama dan transmisi jalur periwayatan, bila karya-karya itu dikumpulkan akan menjadi sebuah ensiklopedia besar dalam ilmu rijâl dan sanad. Dengan melihat sepak terjang Aẖmad al-Ghumârî tersebut, maka penelitian ini penting untuk dilakukan.

Buku ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan obyek kajian hadis-hadis palsu dalam kitab al-Jâmi’ al-Saghîr riwayat al-Qudâʽî. Data primer bersumber dari kitab al-Mudâwî. Sedangkan data sekunder terdiri dari kitab-kitab: al-Mughîr, Fath al-Wahhâb, kitab-kitab syarẖ dan takhrîj hadis al-Jâmiʻ al-Saghîr dan al-Syihâb, biografi para perawi hadis, maupun sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Dalam penyajiannya, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitik. Sedangkan untuk analisis menggunakan pendekatan interpretasi dan komparatif. Proses yang ditempuh yaitu dengan menjelaskan metodologi kritik hadis Aẖmad al-Ghumârî dan mengoleksi hadis-hadis palsu dalam kitab al-Jâmiʻ al-Saghîr riwayat al-Qudâʻî serta menguji validitas kritik Aẖmad al-Ghumârî dalam kitab al-Mudâwî sekaligus melihat sejauh mana konsistensi Aẖmad al-Ghumârî dalam mengkritisi hadis.

Peneltian ini menunjukkan bahwa kontribusi Aẖmad al-Ghumârî dalam kajian hadis terdapat pada aspek ilmu ʻIlal al-Hadîts sebagai perangkat analisa mengkritik hadis al-Jâmiʻ al-Saghîr. Dan dapat diketahui bahwa Aẖmad al-Ghumârî konsisten dalam menerapkan metodologinya. Penelitian ini juga sekaligus membantah anggapan bahwa semua hadis dalam al-Jâmiʻ al-Saghîr bisa dipertanggung jawabkan keautentikannya sebagaimana telah dirumuskan oleh al-Suyûṯî. Dalam kitab al-Mudâwî, Aẖmad al-Ghumârî mengkritik 3.757 hadis al-Jâmiʻ al-Saghîr beserta komentar-komentar al-Munawi dan menemukan 636 hadis-hadis palsu dari 10031 jumlah hadis dalam kitab al-Jâmiʻ al-Saghîr.

Kata kunci: Aẖmad al-Ghumârî, al-Mudâwî. al-Suyûṯî, al-Jâmi’ al-Saghîr, al-Qudâʽî, hadis palsu

 Kutipan Buku: Kritik Hadîts Ahmad al-Ghumâri Terhadap Hadis-Hadis Palsu Riwayat Al-Quḏâʻî Dalam Kitab Al-Jâmiʻ al-Saghîr (Telaah Kitab al-Mudâwî Li ʻIlal al-Jâmi’ al-Saghîr Wa Syarhai al-Munâwî) Karya Rizki Zulkarnain M.A



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


Ahmad al-Ghumari, Ibn shiddiq al-Ghumari, al-Ghumariyah, Keluarga al-Ghumari, jual buku Kritik Ahmad al-Ghumari, Download kritik hadis ahmad al-Ghumari

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Takhrij hadis Ahmad alghumari