Minggu, 27 Mei 2018

Doa Nur Nubuwwah (Nurbuat)


Doa Nur Nubuwwah (Nurbuat)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Doa Nur Nubuwwah (Nurbuat)

اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ وَالْمَنِّ الْقَدِيْمِ، ذَا الرَّحْمَةِ الْكَرِيْمِ، وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ عَافِ حَسَنًا وَحُسَيْنًا مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ

Ya Allah, Yang memiliki kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah (jalan) yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, sembuhkan Hasan dan Husain, dari kejahatan jin dan pandangan mata manusia yang merusak.

Doa di atas terkenal dengan nama Nurbuat yang berasal dari kata Nur an-Nubuwwah (نور النبوة) yang memiliki arti Cahaya Kenabian. Doa tersebut bersumber dari riwayat yang disebutkan oleh Imam Abul Qasim Ali Ibn Asakir (wafat tahun 571 Hijriyah) rahimahullah dalam Tarikh Dimasyq jilid 24 halaman 460, pada biografi Thirad Bin al-Husain rahimahullah. Bahwa beliau mengutip sebuah riwayat dari Sayyidina Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, sebagai berikut:

أَنَّ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلامُ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَافَقَهُ مُغْتَمًّا ، فَقَالَ : يَا مُحَمَّدُ مَا هَذَا الْغَمُّ الَّذِي أَرَاهُ فِي وَجْهِكَ ؟ قَالَ : الْحَسَنُ وَالْحُسَيْنُ أَصَابَتْهُمَا عَيْنٌ ، فَقَالَ : يَا مُحَمَّدُ صَدِّقْ بِالْعَيْنِ ، فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ ، ثُمَّ قَالَ : أَفَلا عَوَّذْتَهُمَا بِهَؤُلاءِ الْكَلِمَاتِ ؟ ، قَالَ : وَمَا هُنَّ يَا جِبْرِيلُ ؟ قَالَقُلِ اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ ، ذَا الْمَنِّ الْقَدِيمِ ، ذَا الْوَجْهِ الْكَرِيمِ ، وَالْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسَتَجَابَاتِ عَافِ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ ، فَقَالَهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَامَا يَلْعَبَانِ بَيْنَ يَدَيْهِ ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لأَصْحَابِهِ : عَوِّذُوا نِسَاءَكُمْ وَأَوْلادَكُمْ بِهَذَا التَّعَوُّذِ فَإِنَّهُ لَمْ يَتَعَوَّذِ الْمُتَعَوِّذُونَ بِمِثْلِهِ . .

Sesungguhnya malaikat Jibril datang pada Nabi yang sedang tampak sedih. Jibril bertanya: Wahai Muhammad, kenapa wajahmu tampak sedih? Nabi menjawab: Hasan dan Husain sedang sakit mata. Jibril berkata: sembuhkan matanya karena mata punya hak. Apakah kamu tidak mendoakan keduanya dengan kalimat-kalimat itu? Nabi bertanya: Kalimat apa? Jibril menjawab: Katakan:

اللهم ذا السلطان العظيم ذا المن القديم ، ذا الوجه الكريم ، ولي الكلمات التامات ، والدعوات المستجابات ، عافِ الحسن والحسين من أنفس الجن وأعين الإنس

Kemudian Nabi mengucapkan doa tersebut maka Hasan dan Husain langsung dapat berdiri dan bermain di sekitar Nabi. Nabi bersabda: mintalah perlindungan untuk dirimu, istrimu dan anak-anakmu dengan doa ini.

Bila kita membaca doa di atas untuk pengobatan buat diri kita bacanya seperti ini:

اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ وَالْمَنِّ الْقَدِيْمِ، ذَا الرَّحْمَةِ الْكَرِيْمِ، وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ عَافنا مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ

Jika untuk mengobati orang lain hendaknya membaca seperti ini:

اللَّهُمَّ ذَا السُّلْطَانِ الْعَظِيمِ وَالْمَنِّ الْقَدِيْمِ، ذَا الرَّحْمَةِ الْكَرِيْمِ، وَلِيَّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ عَافِ فلان بن فلان مِنْ أَنْفُسِ الْجِنِّ وَأَعْيُنِ الإِنْسِ

Doa di atas bisa untuk mencegah ataupun mengobati penyakit ghaib yang datang dari kejahatan tukang sihir dan jin.

Adapun sanad doa Nur Buat, alfaqir riwayatkan sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المسند المعمر السيد أحمد بن أبي بكر بن احمد الحبشي عن الشيخ عمر بن حمدان المحرسي عن الشيخ فالح بن محمد الظاهري عن الشيخ محمد بن علي الخطابي السنوسي عن الحافظ السيد مرتضى الزبيدي عن الشمس محمد سالم الحفني عن عبد العزيز الزيادي عن الشمس محمد بن العلاء البابلي عن الشيخ سالم بن محمد السنهوري عن النجم محمد بن احمد الغيطي عن القاضي زكريا الانصاري عن الحافظ بن حجر عن أبي الحسن بن أبي المجد وأبي هريرة ابن الذهبي عن ابن أبي محمد القاسم بن المظفر بن عساكر عن أبي محمد عبد الله ابن عمر بن حموية عن علي بن الحسن بن هبة الله ابن عساكر قال أخبرنا أبو القاسم أيضا أخبرني الأمير عرس الدولة أبو فراس طراد بن الحسين بن حمدان أنا أبو عبد الله الحسين بن عبد الله بن محمد بن إسحاق بن أبي كامل قراءة عليه أنبأ خال أبي أبو الحسن خيثمة بن سليمان عن سليمان بن حيدرة نا عبيد بن محمد الكشوري نا عبد الله بن عبد ربه البصري عن أبي رجاء عن شعبة عن أبي إسحاق عن الحارث عن علي بن أبي طالب رضي الله عنه .


Sedangkan doa nurbuat yang terdapat kitab Majmu’ Syarif dan semisalnya. Perhatikanlah, sungguh berbeda antara do’a nurbuat ini dengan do’a yang terdapat dalam riwayat Ibnu Asakir di atas.

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ ، وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ ، وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ ، وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّآمَّاتِ ، وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ ، عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ ، عَيْنِ الْقُدْرَةِ والنَّاظِرِيْنَ ، وَعَيْنِ الْاِنْسِ وَالْجِنِّ ، وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنَ ، وَمَا هُوَ اِلاَّ ذِكْرٌ لِلْعَالَمِيْنَ ، وَمُسْتَجَابُ لُقْمَانَ الْحَكِيْمِ ، وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُو الْعَرْشِ الْمَجِيْدِ ، طَوِّلْ عُمْرِيْ ، وَصَحِّحْ اَجْسَادِيْ ، وَاقْضِ حَاجَتِيْ ، وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ ، وَحَبِّبْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ ، وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ ، مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَي الْكَافِرِيْنَ ، وَقُلْ جَآءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ ، اِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوْقًا ، وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَاهُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ ، وَلَايَزِيْدُ الظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ ، وَسَلَامٌ عَلَي الْمُرْسَلِيْنَ ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Ya Allah, Yang memiliki kekuasaan yang agung, yang memiliki anugerah yang terdahulu, memiliki wajah yang mulia, menguasai kalimat-kalimat yang sempurna, dan doa-doa yang mustajab, penanggung Hasan dan Husain dari jiwa-jiwa yang haq, dari pandangan mata yang memandang, dari pandangan mata manusia dan jin.

Dan sesungguhnya orang-orang kafir benar-benar akan menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, ketika mereka mendengar Al-Quran dan mereka berkata: “Sesungguhnya ia (Muhammad) benar-benar orang yang gila, dan Tiadalah itu semua melainkan sebagai peringatan bagi seluruh alam. Allah yang mengabulkan do’a Luqmanul Hakim dan mewariskan Sulaiman bin Daud. Allah adalah Zat Yang Maha Pengasih lagi memiliki singgasana yang Mulia, panjangkanlah umurku, sehatlah jasad tubuhku , kabulkan hajatku, perbanyakkanlah harta bendaku dan anakku, cintakanlah semua manusia, dan jauhkanlah permusuhan dari anak cucu Nabi Adam, orang-orang yang masih hidup dan semoga tetap ancaman siksa bagi orang-orang kafir. Dan katakanlah: “Yang haq telah datang dan yang batil telah musnah, sesungguhnya perkara yang batil itu pasti musnah”.

Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan Al-Quran tidak akan menambah kepada orang-orang yang berbuat aniaya melainkan hanya kerugian. Maha Suci Allah Tuhanmu Tuhan Yang Maha Mulia dari sifat-sifat yang di berikan oleh orang-orang kafir.Dan semoga keselamatan bagi para Rasul.Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Selain adanya tambahan redaksi yang tidak diketahui sumbernya, ditinjau dari susunan bahasa yang digunakan dalam doa nurbuat di atas banyak ditemukan rakakah (kejanggalan) karena tidak sesuai dengan kaidah bahasa Arab yang baik dan benar. Beberapa rekan yang saya lihat di dunia maya mengkritik redaksi doa tersebut diantaranya:

 [اللَّهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ]

seharusnya, dibaca [ذَا] dengan huruf alif (sebagaimana riwayat Ibnu Asakir) bukan [ذِى] dengan huruf ya’. Karena Munada Mudhaf harusnya mansub bukan majrur. Namun, anehnya, kesalahan semacam ini terjadi secara berulang-ulang, yaitu di bagian ma’thufnya.

Demikian pula pada bagian [وَذِى الـمَنِّ القَدِيم] seharusnya [وَذَا الـمَنِّ القَدِيم], pada bagian [وَذِى الوَجْه الكَرِيم] seharusnya [وَذَا الوَجْه الكَرِيم], dan pada bagian [وَوَلِيِّ الكَلِمَات التآمات] seharusnya [وَوَلِيَّ الكَلِمَاتِ التآمَاتِ] dengan harakat fathah.

Hadis mauḏûʻ (palsu) dapat diketahui dari struktur bahasa atau susunan kata dalam matan hadis yang menjadi objek penelitian tidak sesuai dengan kaidah bahasa Arab. Banyak hadis yang diriwayatkan oleh para pemalsu hadis, ditemukan adanya kejanggalan redaksi yang diriwayatkan seperti menggunakan kata-kata yang mengacaukan makna atau rusak struktur kalimatnya seolah-olah tidak mencerminkan sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Apakah naskah majmu' syarif yang beredar salah cetak? Bisa jadi.

Mengenai tambahan redaksi di atas merupakan sisipan dari doa-doa orang shalih. Jika doa tambahan tersebut dibaca boleh-boleh saja, akan tetapi jangan menisbahkan doa itu kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.



Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 90.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا


49 komentar:

Abdul hadi mengatakan...

قبلت اجازتك ياشيخنا

Qadiri mengatakan...

قبلت اجازتك ياشيخنا

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda...

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda...

Hidayat mengatakan...

Qobiltu ustadz

Hidayat mengatakan...

Qobiltu ustadz

Abdul khodir - al betawie mengatakan...

Qobiltu baginda

Umar faruq mengatakan...

Qobiltu al Ijazah kyai..

Umar faruq mengatakan...

Qobiltu al Ijazah kyai..

rahmat hadi mengatakan...

Qabiltu guru..izin membaca nya

Muhammad Shulfi Al 'Aydrus mengatakan...

Qobiltu ijazah dan sanadnya Kyai.. Barakallahu fik.. :)

Muhammad Shulfi Al 'Aydrus mengatakan...

Qobiltu ijazah dan sanadnya Kyai.. Barakallahu fik.. :)

dodywira mengatakan...

Qobiltu kyai...

Dasep Berbagi mengatakan...

qobiltu..ya Syaikhina.

Unknown mengatakan...

Qobiltu baginda...

Al-faqir Sidi Muhammad Aiman mengatakan...

Bismillahirrohmanirrohim Qobiltu al-ijazah ustadz...

Unknown mengatakan...

Qobiltu ijasaah

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

QObiltu Ijazah doa nurbuat ini kyai ( Lalu Rahadian 'Abdurrohman Lombok)

Rahadian 'Abdurrohman mengatakan...

Assalaamualaikum kyai...ana dahulunya sering mengamalkan doa nurbuat versi majmu' syarif itu...masya ALLAH..mungkin karena kesalahan struktur kata itu membuat doa ana mungkin malah menjadi bumerang..mohon petunjuk kyai...apakah doa nurbuat menurut SYaikh Ibnu Asakir itu juga dapat berfadhilah untuk qobul hajat dan memiliki fadhilah seperti doa nurbuwat versi majmu' syarif yang sampai 100-an lbih...yang salah satunya berfadhilah bisa berjumpa dengan raja jin dsbnya...masya ALLAH..jazakallohu sebelumnya untuk jawabannya...

Sulay mengatakan...

Qobiltu tadz

ACHMAD ANSORI mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ACHMAD ANSORI mengatakan...

Qobiltu baginda ane mohon izin mengamalkan nya dan ijazah doa nurbuat nya

Fauzy mengatakan...

قبلت الإجازة والسند يا شيخي...

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum ya mualim H Rizqi..qobiltu ijazah dan sanadnya barokallohu fikum
Agusmaulana

Muhammad el baqir mengatakan...

Qobiltu kyai ..

syekhsae mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Qobiltu kyai

Opan71 mengatakan...

قبلت الإجازة والسند يا شيخي

جزاك الله خيرا كثيرا

Mohamad rashdan mengatakan...

qobiltu Tuan Guru

Unknown mengatakan...

Qobiltu yai...nyuwun ijin mengamalkan....saya lg banyak hutang...yai..mohon solusinya

Unknown mengatakan...

Mf adab mengamalkan do'a nur buah...bagaimana yai

Anonim mengatakan...

Qobiltu Pak Ustadz atas ijazahnya.Mohon izin untuk mengamalkannya.semoga berkah dunia akhirat..dan juga guru di berikan keberkahan hidup

Unknown mengatakan...

Qobiltu 🙏

Unknown mengatakan...

Qobiltu Ijazah do'a Nurbuat ini, saya mohon ijin untuk mengamalkan nya.

Unknown mengatakan...

Qobiltu Ijazah do'a Nurbuat ini kiyai, saya Enday Hidayat mohon ijin untuk mengamalkan nya

Iman jaya ( pr_imanda jayadi) mengatakan...

Qobiltu ya mualim H Rizqi.Ijazah dan sanadnya barokallohu fikum.

Indr4 mengatakan...

Qobiltu🙏

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Amus.Asgar mengatakan...

Qobiltu

Amus.Asgar mengatakan...

قبلت اجازتك ياشيخنا

محمد mengatakan...

قبلت اجازتك ياشيخنا

Unknown mengatakan...

Qobiltul

Abdul Rakhim mengatakan...

Qobiltu Tuan Guru..

property murah mengatakan...

Qabiltu ijazah

Ahmad Ali Mahdor bin Fachmi Shahab mengatakan...

Qobiltu ijazah

Anonim mengatakan...

Qobiltu ijazah

Anonim mengatakan...

Qobiltu

Anonim mengatakan...

Qobiltu

Anonim mengatakan...

Qobiltu