Senin, 28 Mei 2018

Ahmad al-Ghumari Di Mata Para Ulama


Ahmad al-Ghumari Di Mata Para Ulama

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawi M.A

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Komentar Para Ulama Terhadap Ahmad al-Ghumari

Muẖammad al-Fâtimî al-Sulamî (w. 1387 H) mengatakan, “Aẖmad al-Ghumârî seorang ulama, pakar fiqh yang mengerti berbagai pengetahuan Islam, hanya saja beliau lebih menonjol sebagai ahli hadis karena memiliki konsentrasi khusus dan metodologi kajian hadis seperti para ẖuffâz terdahulu. Beliau mengerti betul tentang matan dan sanad, ilmu rijâl, al-jarẖ wa al-taʻdîl dan mentakhrîj hadis secara otodidak.”[1]

ʻAbd al-Salâm Bin ʻAbd al-Qâdir Bin Sûdah (w. 1400 H) menyebutkan, “Aẖmad al-Ghumârî pada masanya terbilang ahli hadis terbesar di Maroko.”[2]

Aẖmad Bin Muẖammad Mursî al-Naqsyabandî berkata, “Aẖmad al-Ghumârî telah meraih pangkat amîr al-mu’minîn dalam bidang hadis.”[3]

ʻAbdullah Bin Muẖammad al-Siddîq al-Ghumârî (w. 1413 H) berkomentar, “Kakak saya, Aẖmad al-Ghumârî adalah seorang pakar hadis, memiliki banyak karya mengenai hadis dan mayoritas karya-karya beliau merupakan kajian yang belum pernah dibahas oleh para ulama di zamannya.[4]

ʻAbd al-ʻAzîz Bin Muẖammad al-Siddîq al-Ghumârî (w. 1418 H) mengatakan, “Aẖmad al-Ghumârî mencapai kedudukan tinggi dalam maqâm ilmu khususnya di bidang hadis. Tanpa bisa digugat, sejatinya beliau merupakan Ibn Hajar abad ini. Beliau telah sampai dalam derajat ahli ijtihâd, meninggalkan taqlîd, seluruh karya beliau dapat menjadi saksi hal itu.[5]

Taqî al-Dîn al-Hilalî (w. 1407 H) menyebutkan, “Pangkat Aẖmad al-Ghumârî dalam ilmu hadis seperti Aẖmad Bin Hambal.”[6]

Zakkî Muẖammad Mujâhid mengatakan, “Aẖmad al-Ghumârî adalah ulama yang memiliki kecintaan terhadap ilmu, banyak memiliki karya ilmiah dan juga seorang kritikus handal terhadap kajian ilmu para ulama khususnya yang ada di Mesir dan Maroko.”[7]

Muẖammad ʻAwwâmah mengatakan, “Tidak ada seorang ulama yang pernah aku temui, pantas menyandang gelar al-hafiz dan bisa dibuktikan secara ilmiah melainkan tiga orang; Pertama, ʻAbdullah Sirâjuddîn. Kedua Aẖmad al-Ghumârî dan ketiga, ʻAbdullah al-Ghumârî semoga Allah memberikan kasih sayang kepada mereka”.[8]

Selain mendapat banyak pujian dari para tokoh, ditemukan juga kelompok ulama yang memberikan kritik terhadap pendapat dan pandangan Aẖmad al-Ghumârî yang dianggap sebagai racun pemikiran menyimpang antara lain: Hamûd Bin ʻAbdullah al-Tuwaijirî melalui kitabnya Îḏâh al-Maẖajjah Fî al-Radd Sâẖib Ṯanjah, Muhammad Bin ʻAbd al-Rahmân al-Mighrâwî dalam kitabnya Tanbîh al-Qârî Ilâ Faḏâih Aẖmad al-Ghumârî, ʻAbd al-Qahhâr al-Masyrafî lewat kitabnya Suyûṯ al-Aqdâr al-Munsadil ʻAlâ Kasyf al-Astâr al-Mursal Min ʻInd al-Qahhâr Li Faḏîhat Aẖmad al-Ghumârî Himârat al-Istiʻmâr.

Dikutip dari buku:
KRITIK HADÎTS AHMAD AL-GHUMÂRÎ TERHADAP HADÎTS-HADÎTS PALSU RIWAYAT AL-QUDÂʻÎ DALAM KITAB AL-JÂMI AL-SAGHÎR

(Telaah Kitab Al-Mudâwî Li ʻIlal Al-Jâmi’ Al-Saghîr Wa Syarhai al-Munâwî)






Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi

@rizkialbatawi

https://www.facebook.com/Rizqi-Zulqornain-Albatawi

 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
صلاةً تَجْعَلُنَا مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيْرًا، وَرِزْقًا كَثِيْرًا، وَقَلْبًا قَرِيْرًا، وَعِلْمًا غَزِيْرًا، وَعَمَلاً بَرِيْرًا، وَقَبْرًا مُنِيْرًا، وَحِسَابًا يَسِيْرًا، وَمُلْكًا فِي الْفِرْدَوْسِ كَبِيْرًا
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat, Jakarta Timur 13910


فَأَكْرِمِ اللَّهُمَّ مَنْ أَكْرَمَنَا .:. وَكَثِّرِ الْخَيْرَ لَدَيْهِ وَالْغِنَا
وَأَعْطِهِ مِمَّا رَجَى فَوْقَ الرَّجَا .:. وَاجْعَلْ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجَا
وَافْعَلْ كَذَلِكَ بِكُلِّ مُحْسِنِ .:. اِلَى ذَوِي الْعِلْمِ بِظَنٍّ حَسَنِ
وَاهْدِ جَمِيْعَنَا اِلَى الرَّشَادِ .:. وَلِطَرِيْقِ الْخَيْرِ وَالسَّدَادِ
وَابْسُطْ بِفَضْلِكَ عَلَيْنَا نِعْمَتَكْ .:. وَانْشُرْ عَلَيْنَا فِي الدَّارَيْنِ رَحْمَتَكْ
وَاخْتِمْ لَنَا عِنْدَ حُضُوْرِ الْأَجَلِ .:. بِالْعَفْوِ مِنْكَ وَالرِّضَى الْمُعَجَّلِ
أَمِيْنَ أَمِيْنَ اسْتَجِبْ دُعَانَا .:. وَلاَ تُخَيِّبْ رَبَّـــــنَا رَجَـــــــــــــــــانَا

Sayyid Ahmad al-Ghumari


[1] Muẖammad Bin al-Fâtimî al-Sulamî, Isʻâf al-Ikhwân al-Râghibîn (Dâr al-Baidâ: Maktabah al-Rassyâd, 1992), h. 38.
[2] ʻAbd as-Salâm Bin ʻAbd al-Qâdir Bin Sȗdah, Sall al-Niḏâl Bi al-Asyyâkh Wa Ahl al-Kamal, (Beirût: Dâr al-Gharb al-Islâmî, 1997), h. 181.
[3] Maẖmûd Ra’fat Bin Hasan, Muqaddimah Kitab al-Kanz al-Stamin (Beirût: Dâr al-Kutub al-ʻIlmiyah, 1997), h. 4.
[4] ʻAbdullah al-Ghumârî, Sabîl al-Taufîq Fî Tarjamah ʻAbdullah Bin al-Siddîq (Cairo: Maktabah al-Qâhirah, 2012), h. 40.
[5] ʻAbd al-ʻAzîz al-Ghumârî, Taʻrif al-Mu’tasî Fî Tarjamah Nafsî (Tetwan: Matbaʻah al-Mahdiyah, t.t.), h. 187.
[6] ʻAdnân Bin ʻAbdullah Zuhâr, Difâʻ ʻAn Karâmah Wa ʻIrd Salîl al-Asyrâf al-Hâfiz Sayyidî Aẖmad al-Ghumârî (Dâr al-Baidâ; Dâr al-Rasyâd, 2014), h. 7.
[7] Zakî Muẖammad Mujâhid, al-Akhbâr al-Târîkhiyah Fî al-Sîrah al-Zakiyyah (Cairo: Dâr al-Tibâʻah al-Muẖammadiyah, 1379 H), h. 81.
[8] Muẖammad al-Awwâmah, Taẖqîq Tadrîb al-Râwî Syarẖ Taqrîb al-Nawawî, vol. 2 (Jeddah: Dâr al-Minhâj, 2016), h. 38.

2 komentar:

rahmat hadi mengatakan...

Di tunggu lanjutan nya guru

Yayasan Almuafah mengatakan...

in sya Allah bakal eksis ...