Senin, 27 November 2017

Warna Tali & Ukuran Biji Tasbeh

Warna Tali & Ukuran Biji Tasbeh

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Profesor Doktor Hasan al-Fatih Qaribullah dalam kitabnya as-Subhah Wa Masyru'iyatuha Wa Adillatuha halaman 68 melaporkan bahwa warna tali yang paling disukai dan sangat ideal menurut para ahli tasawuf untuk dijadikan pengikat atau asesoris tasbeh adalah bervariatif (macam-macam).

Dalam thariqah Al-Badawiyah warna merahlah yang menjadi syiar mereka. Tasbeh-tasbeh yang digunakan pengamal thariqah ini identik dengan merah.

Sedangkan thariqah Al-Rifaiyah memilih warna hitam dalam mendisaint tasbeh yang mereka gunakan untuk wirid.

Adapun thariqah Tijaniyah tidak menentukan warna khusus dalam membuat setingan tasbeh yang dipakai. Hanya saja banyak ditemukan para penjual tasbeh ala Thoriqoh Tijaniyah di sekitar Kota Fes, Maroko dengan menggunakan tali untai biji tasbeh berwarna putih, hitam dan biru. Sedangankan warna tali selendang dan kuncir juga dengan warna Bhineka tunggal ika, tetapi lebih dominan warna hijau dan merah.

Mengenai ukuran biji tasbeh, tergantung selera. Ada yang lebih suka menggunakan tasbeh dengan ukuran biji tasbeh yang kecil, mengingat lebih simple dan efisien. Ada yang berkata bila tasbeh yang ukurannya besar agak risih membawanya karena terlihat agak panjang dan ketika diletakan di dalam kantong baju bener-bener jembluk seperti ngantongin buah mangga besar.

Sebagian orang sukanya dengan yang ukuran besar. Mengingat biji tasbeh yang kecil kurang nyaman untuk dipakai karena terlalu dempet dan boleh jadi begitu digentak bisa sekali tiga biji tasbehnya yang ketarik.

Dalam hal ukuran biji tasbeh, al-Imam Fathullah bin Abi Bakr al-Bannaniy menyebutkan dalam kitab Tuhfah Ahlil Futuhat Wal Adzwaq halaman 14;

السبحة الغليظة تنشط الباطن والسبحة الرقيقة تنشط الظاهر

Artinya; Tasbeh yang bijinya agak besar mempunyai asrar (rahasia) yang berdampak positif pada batin (hati). Sedangkan biji yang kecil asrarnya menuju pada bagian zhahir.

Sejatinya masalah warna dan ukuran biji tasbeh dikembalikan pada selera penggunanya. Terserah mau warna merah saos baso, kuning kunyit busuk, ijo tai kuda, abu-abu kunyuk boleh-boleh saja. Terkait ukuran biji tasbeh kalau kebangatan kecil juga tidak enak, muter-muter tasbeh perasaan jari tangan laksana digigitin semut langrang. Terlalu besar juga tidak enak terasa terlalu payah menariknya seperti mulir-mulir biji gundu. Pilihlah yang sedang-sedang saja. Sebagaimana perintah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

خير الامور اوساطها

Sebaik-baik perkara adalah yang pertengahan.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhiy Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 27.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910

14 komentar:

Unknown mengatakan...

baru tau ukuran biji tasbih berpengaruh juga...��

Abdul hadi mengatakan...

Qobiltu ya syaikhi

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah

Adi Putra mengatakan...

Sementara baru satu gahru ,,,

Unknown mengatakan...

Elmu bermanfaat

Unknown mengatakan...

والحمد لله

Unknown mengatakan...

بارك الله فيكم

Unknown mengatakan...

ان شاء الله nambah

Unknown mengatakan...

Ikuti:

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi


توجكم الله بتاج العز والقبول وبلغكم كل سول ومأمول

آمين

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah..In Sya ALLAH pengen bnykin tasbih

Syaeful bahar mengatakan...

Yang sedang sedang saja

Syaeful bahar mengatakan...

Pas

Unknown mengatakan...

Saya punya merah...

Unknown mengatakan...

Nambah ilmu lagi.. Barokalloh.