Rabu, 01 November 2017

Khasiat Ketimun (Kesehatan Dan Kecantikan)

Ketimun Antara Kesehatan Dan Kecantikan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Mentimun, Timun atau Ketimun adalah tumbuhan yang berasal dari suku Cucurbitaceae atau labu-labuan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Tumbuhan timun hidup merambat dan apabila tanaman ini sudah berbunga dan berbuah maka tumbuhannya akan mati atau dengan kata lain mentimun adalah tanaman semusim. Buah mentimun memiliki bentuk buah memanjang dengan warna hijau dengan garis putih kekuning-kuningan ketika masih muda dan akan berwarna lebih hijau hingga putih ketika semakin tua umur buahnya. (http://www.faunadanflora.com/pengertian-klasifikasi-jenis-dan-manfaat-mentimun/).

Allah Taala menyebut nama sayuran ini dalam al-Qur’an:.

وَإِذْ قُلْتُمْ يَا مُوسَى لَن نَّصْبِرَ عَلَىَ طَعَامٍ وَاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنبِتُ الأَرْضُ مِن بَقْلِهَا وَقِثَّآئِهَا وَفُومِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَ

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika kamu berkata: “Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya”. (Al-Baqarah ayat: 61).

Imam Daud Bin Umar al-Anthakiy menyebutkan dalam Tadzkirah Ulil Albab jilid 1 halaman 254 mengenai khasiat ketimun dalam pengobatan: “Mengkonsumsi ketimun dapat menghilangkan dahaga secara efektif, menyembuhkan gangguan pencernaan, mengobati panas dingin dan panas dalam, menyehatkan jantung, melawan pertumbuhan gejala kanker, menurunkan resiko penyakit kronis, melancarkan sirkulasi buang air kecil, menurunkan kolesterol, merangsang nafsu makan, menyembuhkan mimisan, persendian linu dan lain-lain”.

Selain memiliki khasiat terkait kesehatan, Ketimun juga dapat menjadi ramuan kecantikan di antaranya: menghaluskan kulit wajah dengan cara memarud ketimun dan parudannya ditempelkan di wajah beberapa menit secara rutin. Adapun untuk menghilangkan bercak hitam di wajah dan mengurangi kerutan wajah, maka ambil susu segar dan hasil parudan ketimun lalu campur jadi satu di bejana kemudian popolin ke muka dan biarkan sampai beberapa menit.

Dalam sebuah hadis disebutkan:

عَنْ عَائِشَةَ - رضي الله عنها- قَالَتْ : أَرَادَتْ أُمِّي أَنْ تُسَمِّنَنِي لِدُخُولِي عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ أَقْبَلْ عَلَيْهَا بِشَيْءٍ مِمَّا تُرِيدُ حَتَّى أَطْعَمَتْنِي الْقِثَّاءَ بِالرُّطَبِ فَسَمِنْتُ عَلَيْهِ كَأَحْسَنِ السَّمْنِ

Artinya: Dari 'Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata, ”Ibuku ingin membuatku gemuk karena saya akan jadi pengantin Rasulullah-shallallahu alaihi wa sallam-, akan tetapi saya sama sekali tidak menerima apa yang diinginkan ibunda saya sampai dia memberi saya makan mentimun dan ruthab (kurma yang basah dan belum terlalu matang), kemudian akupun jadi gemuk dengan gemuk yang ideal”. (Sunan Abi Daud hadis No: 3903, Sunan al-Kubra an-Nasaiy hadis no: 6691, Sunan Ibn Majah hadis no: 3324, al-Mustadrak hadis no: 2756).

Adapun sanad Muttashil kepada Imam Daud Bin Umar al-Anthakiy wafat 1592 Masehi bertepatan tahun 1008 Hijriyah, al-Faqir riwayatkan sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن العلامة المعمر السيد ابي بكر بن احمد بن حسين الحبشي عن العلامة الشيخ عمر حمدان المحرسي المكي عن الشيخ فالح بن محمد الظاهري عن الشيخ محمد بن علي الخطابي السنوسي عن الحافظ السيد مرتضى الزبيدي عن الشمس محمد سالم الحفني عن عبد العزيز الزيادي عن الشمس محمد بن العلاء البابلي عن العلامة الطبيب داود بن عمر الأنطاكي رحمه الله . 

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya al-Qadhi Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Alamat Yayasan al-Muafah


Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910



21 komentar:

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah Kyai ,,

Yayasan Almuafah mengatakan...

kudu punya stok ketimun di kulkas..

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah ilmu yg sangat bermanfaat

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah ilmu yg sangat bermanfaat

Muhammad Yunus mengatakan...

Mantaaaaap...

Unknown mengatakan...

Ramuan buat bini awet muda

Unknown mengatakan...

Barokah barokah

Unknown mengatakan...

aamiin..qabiltu

Unknown mengatakan...

Beli timun yang banyak

Mohammad mengatakan...

Dahsyatt alhamdulilah

Unknown mengatakan...

Stok timun yg banyak

Unknown mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Stock Ketimun dach yang banyak begitu banyak khasiatnya.

Unknown mengatakan...

Syukron Pak Kyai

dede akhadiyat mengatakan...

Qobiltu..baginda

Unknown mengatakan...

Timun yang seger.. jangan yg udah layu

Unknown mengatakan...

Sama2

Unknown mengatakan...

Sehari dua kilo

Unknown mengatakan...

Adeeeem

Muh.Awaluddin mengatakan...

Alhamdulillah..ketimun sayur"an yg menyehatkan

rumi mengatakan...

Qabiltu tadz