Rabu, 04 Oktober 2017

Poligami Yes Poliandri No

Poligami Yes Poliandri No

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:


Imam Mahmud Bin Amr az-Zamakhsyariy (wafat tahun 538 Hijriyah) tokoh besar di kalangan mu’tazilah yang merupakan pakar bahasa dan ahli tafsir yang kondang dengan julukan Jarullah (bermuqim di Makkah) pernah ditanya orang: “Jika lelaki dibolehkan berpoligami (beristri lebih dari satu), mengapa perempuan dilarang melakukan poliandri (bersuami lebih dari satu)? Beliau menjawab dengan kaidah ilmu Nahwu (gramatika Bahasa Arab):

يجوز تعدد المفعول به في اللغة العربية ولا يتعدد الفاعل

Artinya: Dalam kalimat Bahasa Arab satu Fiil (kata kerja) dilarang memiliki lebih dari satu Fail (subjek) tetapi boleh memiliki banyak Maf’ul (objek).

Dalam Bahasa Arab, Perempuan laksana Maf’ul (objek) dan lelaki sebagai Fail (subjek). Abu Ali al-Farisiy dalam Syarh al-Idhah menyebutkan:

لا يكون للفعل فاعلان

Artinya: Sulit dibayangkan bila satu kata kerja memiliki dua subjek. (dari segi I’rab bukan ma’na).

Kata orang Betawi: “Lelaki ibarat teko, perempuan tak ubahnya bagaikan gelas”. Kalau teko wajar punya atau mengisi banyak gelas. Tetapi gelas kaga pantes diisi oleh banyak teko lain. Sebab kalo satu teko memiliki gelas 4, sudah bisa diyakini isi gelas sama dengan isi tekonya. Tapi kalo satu gelas, tekonya banyak sedangkan isi teko lain-lain ada yang isinya es kelapa, kopi, temulawak, saparilla bila kumpul semua dalam satu gelas entah jadi apa namanya yang jelas kaga karu-karuan rasanya. Itu kalau memang, masing-masing teko isinya yang enak-enak, tapi jika ada satu teko yang isinya oli atau gemok bisa beracun rusak semua.

Seorang Lelaki bila punya Istri lebih dari satu, bapak atau BIN (nasab) dari anak yang lahir dari istri-istrinya mudah diidentifikasi. Berbeda dengan seorang istri punya banyak suami, maka nasab anak yang lahir bisa disebut Fulan Bin Rame-rame.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.




Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.


Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


6 komentar:

Abdul hadi mengatakan...

Bise aje kiai.yg satu aje belom abis...

Unknown mengatakan...

Siapin dach bakal stok

Unknown mengatakan...

hhhh...ajib mudah difahami

Unknown mengatakan...

Thoyyiib

Blogger mengatakan...

Do you need free YouTube Views?
Did you know you can get these ON AUTOPILOT & TOTALLY FREE by using Like 4 Like?

Unknown mengatakan...

Kalo mau iklan, tolong bikin lapak sendiri jangan di sini