Minggu, 10 September 2017

Dhabith Imam ad-Daraquthniy

Dhabith Imam ad-Daraquthni

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

بسم الله الرحمن الرحيم

 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود
وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد
وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا
وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.

أما بعد:

Pertanyaan Saudara Mastur at-Tijaniy dari Poncol Sukapura Jakarta Utara:

Dari beberapa ustadz yang saya dengar ketika menyebut seorang tokoh hadis (الدارقطني) di antara mereka berbeda-beda dalam membacanya. Ada yang membaca Imam Ad-Daraqutniy. Sebagian lain Imam ad-Daruqutniy bahkan ada juga ad-Daruqatniy.

Pertanyaan saya, bagaimana bacaan yang tahqiq (benar) dalam menyebut nama (الدارقطني) tersebut tolong berikan referensinya?

JAWABAN:

Imam Suyuthiy dalam kitab Tadrib ar-Rawiy Syarh Taqrib an-Nawawiy jilid 2 halaman 886 (cetakan Dar Thaybah). Sedangkan edisi khusus cetakan Dar al-Minhaj 2016 dengan editor Syekh Muhammad Awwamah, pada jilid 5 halaman 536, menyebutkan dhabith (catatan) nama seorang ahli hadis (الدارقطني) yang bernama lengkap Abu al-Hasan Ali Bin Umar Bin Ahmad Bin Mahdi Bin Mas’ud Bin an-Nu’man Bin Dinar ad-Daraquthniy.

(الدَّارَقُطْنِيُّ) بِفَتْحِ الرَّاءِ، وَضَمِّ الْقَافِ، وَسُكُونِ الطَّاءِ نِسْبَةً إِلَى دَارِ الْقُطْنِ مَحَلَّةٍ بِبَغْدَادَ.

Artinya: “Ad-Daraquthniy dibaca dengan fathah huruf Ra, dhammah huruf Qaf dan sukun huruf Tha dinisbahkan kepada nama kota di Baghdad bernama Dar al-Quthn.”

Dhabith ini juga telah dikukuhkan oleh Imam as-Suyuthiy dalam kitab Lubbul Lubab Fi Tahrir al-Ansab jilid 1 halaman 101:


الدارقطني: بفتح الراء وضم القاف وسكون الطاء إلى دار القطن محلة ببغداد.


Imam Abul Hasan Ali as-Syaibaniy al-Jazariy menyebutkan dalam kitab al-Lubab Fi Tahzibil Ansab jilid 1 halaman 483:

الدَّارَقُطْنِيّ بِفَتْح الدَّال وَسُكُون الْألف وَفتح الرَّاء وَضم الْقَاف وَسُكُون الطَّاء الْمُهْملَة وَفِي آخرهَا نون - هَذِه النِّسْبَة إِلَى دَار الْقطن وَكَانَت محلّة كَبِيرَة بِبَغْدَاد

Artinya: Ad-Daraquthni dibaca dengan fathah huruf Dal, sukun huruf Alif, Fathah huruf Ra, Dhammah huruf Qaf dan sukun huruf Tha yang tidak bertitik serta diakhiri dengan huruf Nun sebuah nama yang dihubungkan kepada satu kampung besar di Baghdad bernama Daraquthn.


Ad-Daraquthniy seorang ahli hadis besar yang mendapat gelar al-Hafizh dan pakar dalam Ilalul Hadist. Beliau dilahirkan pada 306 Hijriyah/918 Masehi di Dar al-Qutn, sebuah perkampungan di Baghdad dan kepada nama kampung itu beliau dihubungkan (Daraquthni).

Beliau wafat pada hari kamis tanggal 8 Dzulqa’dah tahun 385 H/ 995 M. Jenazah beliau di shalatkan oleh ulama terkemuka dalam bidang fiqih pada waktu itu, yakni imam Abu al-Hamid al-Isfirayiniy, lalu dimakamkan di Baghdad di pemakaman Bab al-Dair dekat dengan makam Ma’ruf al-Karkhiy.

Ad-Daraquthniy merupakan salah satu ulama ahli hadis yang produktif, diantara karya-karyanya  yaitu:

·       Sunan Ad-Daraquthni
·       Al-‘ilal
·       Al-ilzaamat wa at-tatabu’
·       Ar-ru’yah
·       Al-Mu’talif wa al-Mukhtalif
·       Al-Qiraat

Kitab Sunan ad-Daraquthni ini yang diteliti penulis ada dua jilid yang diterbitkan pada tahun 1994 di Beirut dengan penerbit Darul Fikri berjumlah 4749 hadis. Selain itu ada literatur dari internet yang bersumber dari kitab Sunan ad-Daruqutni yang lain, yakni terdiri dari tiga juz di terbitkan di Beirut oleh penerbit Dar El-Marefah, pada tahun 2001. Adapun menurut penulis mengenai kitab sunan ini yakni meski tidak termasuk dalam kutub as-sittah ataupun kutub at-tis’ah, namun kitab Sunan Ad-Daruquthni layak mendapat predikat sebagai kitab rujukan yang masyhur, dilihat dari segi penjelasan ‘ilat hadisnya. Hal ini tidak lain dikarenakan penguasaan dari Imam Ad-Daraquthni dalam ilmu hadis, jarh wa ta’dil dan ‘ilat hadis serta ilmu-ilmu lain yang berkaitan.

Biografi beliau bisa dilihat dalam kitab:

* Tarikh Baghdad jilid 12 halaman 40.
* Siyar A’lam an-Nubala jilid 10 halaman 523.
* Thabaqat as-Syafiiyyah karya Imam al-Asnawiy halaman 509
* Wafayat al-A’yan jilid 3 halaman 298.

"Dari dhabith yang diberikan oleh Imam as-Suyuthiy sebagai seorang pakar hadis yang juga ahli nasab dalam kitab Tadribur Rawiy dan Lubbul Lubab menyebutkan ad-Daraquthni sebagai bacaan yang tahqiq.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 253.


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/rizkialbatawi


instagram.com/Zulqornain_Muafiy



 ********* ******** ********

يا فالق الحب والنوى، أعط كل واحد من الخير ما نوى، وارفع عنا كل شكوى، واكشف عنا كل بلوى، وتقبل منا كل نجوى، وألبسنا لباس التقوى، واجعل الجنة لنا مأوى .

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ، وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ.
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.


Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat 13910


9 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih atas ilmu nya

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah...nambah lgi ilmu ana

Ali fikri mengatakan...

Alhamdulillah...nambah lgi ilmu ana

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah syukron katsiiron baginda...

dede akhadiyat mengatakan...

Syukron katsiron baginda...

dede akhadiyat mengatakan...

Syukron katsiron baginda...

Unknown mengatakan...

زادك الله الخير والصٌحٌة والعافية وينفعنابعلومك في الدٌين والدٌنيا والاخرة عليك ياشيخنا

Abdul Kodir mengatakan...

Daarruquthni....semoga bermanfaat

Yayasan Almuafah mengatakan...


Ikuti kajian islam;

Instagram; @rizkialbatawi

Pagefacebook: Rizqi Zulqornain Albatawi

توجكم الله بتاج العز والقبول
وبلغكم كل سول ومأمول


آمين