Kamis, 23 Maret 2017

Ulama Pengayom Masyarakat

Idkhalus surur (ulama pengayom ummat)

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم
حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:


Imam Jalaluddin al-Mahalliy (wafat tahun 864 Hijriyah) rahimahullah yang kesohor bersama jalaluddin as-Suyuthiy dengan tafsir Al-Jalalain, beliau menjadi penulis kitab Tafsir yang paling banyak dibaca dalam dunia pesantren, seorang ulama besar pakar fiqh dan ushul fiqh.

Imam Abdul Wahhab as-Sya'raniy (wafat tahun 973 Hijriyah) radhiyallahu anhu dalam kitab al-Uhudul Muhammadiyyah menyebutkan bahwa Imam Jalaluddin al-Mahalliy pengarang kitab Syarh al-Minhaj ulama yang bersahaja, memiliki sifat-sifat kepujian. Beliau mengabdikan diri di masyarakat dengan banyak membantu orang terutama kaum dhuafa yang sudah tua renta. Beliau mengeluarkan kocek pribadinya untuk membeli makanan buat mereka, bukan sekedar pergi belanja ke pasar bahkan yang menyajikan sampai menjadi makanan siap saji juga beliau yang mengolahnya. 

Pernah saat beliau sedang mengajar di satu majelis, tiba-tiba datang tukang safir (peminta-minta) yang kelaparan langsung beliau menghentikan kegiatan ngajar lantaran membuatkan makanan buat tukang safir.

Di hari lain ketika beliau menyampaikan ilmu di majlis, lalu datang nene tua yang mulut komat kamit berucap siapa yang mau membelikan saya minyak, spontan beliau menghampiri nene tua itu dan berlari menuju pasar untuk membeli minyak kemudian memberikannya. Salah satu jamaah bertanya ;Wahai imam, mengapa kau tinggalkan majlis ini hanya karena nene tua tadi? Beliau menjawab: kebutuhannya lebih layak untuk didahulukan dari hajat kalian.

Kebiasaan beliau tidak menggunakan alas kaki saat bergaul bersama kaum dhuafa. Pada satu malam hujan lebat beliau keluar rumah keliing ke rumah warga membawa semacam obor buat penghangat ruangan.

Syekh Fakhruddin al-Maqdisiy dan syekh al-Jaujariy yang keduanya merupakan murid beliau bertanya: Ya imam, kenapa kau liburkan majlis ilmu hanya karena membelikan nene nene minyak dan sekedar nawarin penghangat ke penduduk kampung di musim dingin? Beliau menjawab; intinya, semua yang aku lakukan adalah semata-mata idkhalus surur (memasukan kegembiraan) kepada kaum dhuafa. Mereka akan sangat gembira ketika kebutuhannya terpenuhi melebihi kegembiraan kalian mendapatkan ilmu dariku.

Syekh Jalaluddin al-Jawaliy bercerita pengalamannya bersama imam jalaluddin al-Mahalliy: puluhan tahun aku bergaul dengan beliau dan aku pernah melihat beliau menggiling tepung membuat roti untuk kaum dhuafa. Aku bertanya kepada beliau: ya imam, kau seorang ulama besar yang menjadi gunung ilmu, mengapa kau masih mau melakukan kerjaan seorang gendok (kuli proyek kerjaan berat)? Beliau menjawab: Banyak waktu dalam hidupku telah aku habiskan menuntut ilmu, tetapi tumpukan ilmu itu berpotensi mendatangkan madharrat di mana orang jarang sekali bisa menyelamatkan dirinya. Ketahuilah, tidak banyak para ulama besar yang diimpikan oleh para muridnya setelah wafat yang melaporkan bahwa Allah Taala telah memberikan aku ampunan sebab ilmuku. Karena tidak semua penuntut ilmu mendapatkan ilmu manfaat, boleh jadi motivasi mencari ilmu buat mengejar dunia, ingin supaya terkenal, dekat dengan pejabat atau ilmu yang sekedar buat pajangan, berbangga-bangga untuk menjatuhkan lawan. Berbeda dengan membantu hajat kaum dhuafa yang banyak sekali para shalihin dimpikan oleh orang setelah wafatnya mendapat ampunan Allah Taala dari sebab idkhalus surur.

Kesimpulan kisah di atas, yang disebut ulama bukan sekedar orang berilmu yang mengamalkan ilmunya akan tetapi juga yang memberikan kontribusi kepada ummat bukankah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mensinyalir dalam sabdanya;

خير الناس انفعهم للناس

Manusia terbaik adalah yang paling banyak memberikan manfaat buat orang lain.

Walaupun memiliki emas berkarung-karung, gelar akedemisi bererot, pangkat dan jabatan tinggi, kalau belum bisa berbagi manfaat kepada orang lain atau hanya mementingkan diri sendiri dan keluarga, maka belum disebut orang baik.

Sebagai guru dituntut menjadi orang yang pertama kali mengamalkan ilmu yang ia sampaikan kepada jamaahnya jangan menjadi orang yang hanya bisa mentransfer ilmu tapi tidak mau melakoninya.

Sebagai murid wajib ta'zhim dan taat kepada gurunya. Disebutkan dalam satu maqalah;

من استصغر شيخه حرم خيره وبركته

Siapa saja yang meremehkan gurunya maka ia terhalang mendapatkan kebaikan dan keberkahannya.


Imam Jalaluddin Al-Mahalliy mama lengkapnya Muhammad Bin Ahmad Bin Muhammad Bin Ibrahim Bun Ahmad Bin Hasyim al-Mishriy.

Penisbahan kata al-Mahalliy dihubungan kepada kota Mahallah yang ada di Mesir. Beliau dilahirkan pada tanggal 1 syawwal tahun 791 Hijriyah di Kairo. Wafat tahun 864 Hijriyah.

Biografi beliau dicatat dalam kitab;

Syajaratudz dzahab jilid 7 halaman; 303.
Al-Badrut Thali' jilid 2 halaman 115.

Adapun sanad muttashil (bersambung) kepada imam Muhammad Bin Ahmad al-Mahalliy radhiyallahu anhu sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي الاندونيسي ألان الله قلبه القاسي عن العلامة المحدث سيدي عبد الرحمن الكتاني عن والده الحافظ شيخ الرواية سيدي محمد عبد الحي بن عبد الكبير الكتاني الادريسي عن المعمر عمر بن طاهر بن الشريف العلوي المكناسي عن ابي حامد العربي ابن المعطى الشرقاوي عن الحافظ مرتضى الزبيدي عن المعمر محمد بن حسن الوفائي عن المعمر محمد ين يوسف الطولوني عن الشيخ عبد الوهاب الشعراني عن الحافظ جلال الدين السيوطي عن الامام محمد بن احمد المحلي رضي الله عنه .

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 25.



Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/Zulqornain_Muafiy
@rizkialbatawi




 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.

اللهمَّ صلَّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَولاَنَا مُحَمَّدِنِ الفَاتِحِ لِمُغْلَقَاتِ خَزَائِنِ العَوالِمِ الوجُودِيَّةِ الَّتِي برَزَتْ مِنْ حَيْزِ بُطُونِ العَدمِ الأَزَلِيِّ الْمَقْهُوْرِ. إِلَى سَاحَاتِ مَيَادِينِ الظُّهُورِ. والَخاتِمِ لِمَا سَبَقَ فِي عِلمِ اللهِ بُروزُ سرِّهِ مِن أَوامِرِ مَظَاهِرِ الْمَمْلَكَةِ الإلهِيةِ الذِي هُوَ قُطبُ رَحَاهَا وشُؤونُهَا عَلَيهِ تَدُورُ. نَاصِرِ أَعْلاَمِ دَولَةِ الْحَقِّ بِجَحَافِلِ جُيُوشِ الصِّدْقِ الْمُبِيدَةِ بِبَوَارِقِ أَسِنَّتِهَا الْمُحَمَّدِيةِ الأَحْمديةِ طَوَاغِيتَ الإِجْحَافِ وَالظُّلَمِ وَالْجُورِ. وَالْهَادِي إِلَى الصِّرَاطِ الْمُستَقِيمِ والْمَنهَجِ الرَّبَّانِي القَوِيْمِ بِالسِّيَاسَةِ الْحَقَّانِيةِ وَالْمَعرِفَةِ التَامةِ الإيقَانِيَةِ وَالْحِكمَةِ البَالِغَةِ وَالْحُجةِ الدّامِغَةِ السَّاطِعَةِ النُّور. اللهمَّ صلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيهِ وَعَلَى آلِهِ الأَفْرَادِ البُدُورِ. وَصحَابَتِهِ الأمْجَادِ الصُّدُور. حَقَّ قَدرِهِ الفَخِيمِ فِي سَائِرِ الْحَضرَات والْخطَرَاتِ، وَمِقدَارِهِ العَظِيمِ عِندَ رَبِّ البَرِيَّاتِ، صَلاَةً جَامِعَةً لامِعَةً نَافعةً رَافِعَةً مَانِعَةً يَانِعَةً تَتَوَالَى ما قُرِئَتِ السُّطُورُ. وتفتقَ رتقُ الدهُورِ بِتَعَاقُبِ أَدْوَارِ الأمُور. نَجِدُهَا يَا أللهُ ذَخِيْرةً وَعُمدَةً، وزَادًا وَعُدَّةً يَوْمَ الْعَرَضِ وَالنُّشُوْرِ.

) من كتاب نشوة راح الوصل في الصلاة على مظهر الفضل للسيد الفاضل قرة الأماثل الشريف عبد الكريم بقاش الادريسي الحسني حفظه الله ورعاه )

يا ربنا يا دائم المعروف * ويا مغيث عبده الملهوف
يا عظيم المن ويا رجائي * يا باسط الموائد الألاء
نرجوك يا ذا الجود والإتحاف * وناشرا مواهب الألطاف
أنل لـ (رزقي) ربي فيض رزق * وأيدن به جيوش الحق
واسعد به البلاد والعباد * وحققن بسعيه المراد
وارزقه يا رب تمام المعرفة * بك وجمله بأحسن صفة
واصلح إلهي زوجه تفضلا * (ريحانة القدوس) زهرة العلى
وارفع إلهي قدره بين الأنام * تلقى المسرة على طول الدوام
وغصه بمنح وهبية * واخلع عليه حللا سنية
واسقه من كوثر العرفان * شراب قدس طاهر حقاني


Alamat Yayasan al-Muafah
Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



10 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah makin pintar ilmu agama qobiltu ijazah ustadz

Unknown mengatakan...

mudahan bisa mengamalkan nya..

Unknown mengatakan...

Suka banget tulisan ini.
Emejing
ber faedah
bermanfaat
ber maslahah,,
berbarokah
Ber amin

Ali fikri mengatakan...

Subhanalloh....

Ali fikri mengatakan...

Subhanalloh....

Syaeful bahar mengatakan...

Subhanallah

Unknown mengatakan...

سبحان الله

Unknown mengatakan...

Masha allah..

Dapet

Suri tauladan dr ust.

Unknown mengatakan...

Qobiltu sanadnya berkahh

Fazli.h mengatakan...

Qobiltu ijazah