Selasa, 21 Juni 2016

Pengobatan Infeksi Kandung Kemih

Pengobatan Penyakit Anyang-anyangan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Penyakit infeksi atau masuknya bakteri ke dalam saluran kencing sering disebut sebagai penyakit infeksi saluran kencing. Penyakit ini sering menyerang seluruh masyarakat dari berbagai kalangan, terutama perempuan dan ibu hamil. Penyakit infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang dapat diobati dan disembuhkan. Maka, kenali ciri-ciri infeksi saluran kencing dan segera obati penyakit ini sebelum berkembang menjadi penyakit yang lebih serius.

Inilah Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing Yang Sering Terjadi

Infeksi saluran kencing merupakan penyakit yang disebabkan masuknya dan berkembangnya bakteri yang merugikan di dalam saluran kencing. Bakteri yang berada di saluran kencing akan menimbulkan peradangan, mengeluarkan toksin atau racun yang mengiritasi saluran kencing dan nantinya memberikan ciri-ciri infeksi saluran kencing yang khas. Ditinjau dari definisi, infeksi saluran kencing berarti infeksi yang dapat terjadi di sepanjang jalur saluran kencing yang dimulai dari ginjal hingga ke saluran kencing bagian bawah (urethra). Berikut adalah beberapa ciri-ciri infeksi saluran kencing yang sering terjadi:

@ Nyeri Saat Kencing

Ciri-ciri infeksi saluran kencing yang paling utama adalah perasaan nyeri saat kencing atau berkemih. Perasaan nyeri ini biasa di deskripsikan sebagai perasaan terbakar atau terasa panas di saat Anda sedang atau hendak berkemih. Sensasi terbakar ini akan hilang ketika penderita telah selesai berkemih. Ciri-ciri infeksi saluran kencing ini terutama didapatkan pada infeksi yang melibatkan kandung kemih dan saluran kencing bagian bawah.

@ Perasaan Ingin Sering Kencing

Gejala infeksi saluran kencing lainnya adalah keinginan untuk kencing terus menerus. Penderita merasa ingin berkemih meski beberapa menit atau setengah jam sebelumnya ia baru saja kencing. Meski begitu, air kencing yang keluar hanya sedikit dan sering diikuti dengan perasaan kurang puas atau perasaan belum keluar seluruhnya ketika selesai berkemih. Seringkali penderita merasa keinginan berkemih yang tidak dapat ditahan, seperti pada keadaan normal. Ciri-ciri infeksi saluran kencing ini sering terjadi pada infeksi yang melibatkan kandung kemih dan saluran kencing bagian bawah.

@ Sering Kencing Pada Malam Hari

Ciri-ciri infeksi saluran kencing lainnya ialah penderita akan sering terbangun pada malam hari hanya untuk berkemih. Ini merupakan bagian dari gejala perasaan ingin kencing yang sering dan tidak dapat ditahan, hanya saja bertahan hingga malam hari sehingga penderita akan sering bangun pada malam karena perasaan ingin berkemih yang sangat kuat .

@ Nyeri atau Perasaan Tidak Enak Pada Perut Bawah

Infeksi pada kandung kemih dapat memberikan ciri-ciri infeksi saluran kencing berupa nyeri pada daerah kandung kemih atau pada perut bagian bawah. Rasanya dapat dideskripsikan sebagai rasa nyeri atau tidak nyaman atau perasaan aneh di perut bagian bawah. Namun, gejala yang sangat nyeri pada daerah kandung kemih pun dapat mengindikasikan adanya batu kandung kemih yang juga harus diwaspadai.

@ Kencing Berwarna Merah

Salah satu ciri-ciri infeksi saluran kencing yang membuat penderita segera datang ke dokter adalah saat air kencingnya berwarna kemerahan bahkan menyerupai warna darah. Infeksi yang terjadi pada saluran kencing dan kandung kemih bahkan ginjal dapat menimbulkan gejala ini. Namun tidak semua kencing merah berkaitan dengan infeksi saluran kencing, bisa saja gejala tersebut mengindikasikan adanya penyakit ginjal lain seperti batu, glomerulonephritis dan bahkan merupakan efek samping obat TBC yang tidak berbahaya. (1)

Sidi Husain Mughanniyah rahimahullah dalam kitab Mujarrabatus Syifa Bil Qur'an menyebutkan cara penyembuhan ala mujarrobat yang dilakukan ahli hikmah bagi penyakit gangguan kandung kemih (urinary bladder) atau populer dalam kitab-kitab kedokteran dengan istilah Waja'ul Matsanah (radang atau infeksi kandung kemih). Diriwayatkan bahwa Imam Muhammad Ja'far as-Shadiq radhiyallahu anhu didatangi lelaki yang mengeluhkan rasa sakit pada kandung kemihnya. Imam Muhammad Ja'far as-Shadiq berkata: Obatilah dengan ayat al-Qur'an. Orang itu bertanyah Ayat yang mana dan gimana kaifiatnya. Imam Muhammad Jafar as-Shadiq menjawab: Apabila kau ingin tidur di malam hari baca 3 kali dan jika kau bangun tidur baca satu kali, maka kau tidak akan merasakan nyeri dan sakit. Ayat tersebut sebagai adalah surat al-Baqarah ayat 106-107:

أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
أَلَمْ تَعْلَمْ أَنَّ اللَّهَ لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَمَا لَكُم مِّن دُونِ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ

Artinya: Tidakkah kamu mengeta­hui bahwa sesungguhnya Allah Mahakuasa alas segala sesuatu? Tidakkah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? Dan tiada bagi kalian selain Allah se­orang pelindung maupun seorang penolong.

Setelah mengamalkan cara tersebut orang tadi tidak pernah merasakan sakit kandung kemihnya sebagaimana yang sudah_sudah.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.



Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy





 ********* ******** ********

1) Dedaunan.com

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



10 komentar:

Ff mengatakan...

Qobiltu kyai

Unknown mengatakan...

Qobiltu tuan guru

EARSADJAGAD404 mengatakan...

Qobiltu yai

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum..,Qobiltu Ustadz mohon ijin mengamalkan,Barakallah

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb...terimakasih ilmunya..

Nesya mengatakan...

Assalamualaikum ijin mengamalkan

Indrayana mengatakan...

Qobiltu

Gilang mengatakan...

Qobiltu ijazah

Esdi wartono mengatakan...

Qobiltu 🙏

slamet riyadi mengatakan...

Qobiltu