Minggu, 26 Juni 2016

Mimpi Membongkar Kuburan

Mimpi Mengbongkar Kuburan

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Pertanyaan Ustadz Zaki Yamani at-Tijaniy dari Bogor;

Ada seorang kawan bertanya kepada saya perihal takwil mimpinya. Ia berkata; tadi malem saya bermimpi diajak oleh teman saya untuk ngebongkar sebuah kuburan. Lalu kami berdua menggali satu makam dan menemukan peti mayyit yang ternyata mayyit seorang perempuan. Ketika teman saya periksa mayit tersebut tau-tau kakinya masih gerak-gerak. Kemudian kawan saya terbangun dari tidurnya dengan penuh rasa takut sampe siang harinya pun masih grayasan (kebayang-bayang hal yang mengerikan).

Pertanyaan saya adalah apa ta'wil dari mimpi tersebut?

JAWABAN;

Dalam mengungkap ta'wil mimpi tersebut ada beberapa hal yang ingin al-Faqir tanyakan agar tepat dalam memberikan ta'wilnya. Kira-kira mimpi itu terjadi jam berapa? Apakah terlihat jelas mayyit itu lelaki atau perempuan, dan apakah si mayyit itu orang alim atau tokoh yang memiliki pengaruh di masyarakatnya?

Imam Muhammad Bin Sirin rahimahullah mengatakan bahwa mimpi yang memiliki ta'wil adalah hanya mimpi yang terjadi saat tengah malam sampai sebelum Subuh. Jadi, mimpi orang yang tidur tengari bentet atau tidur mendusin bangun masih di awal-awal malam tidak memiliki takwil, itu hanya kembang tidur atau ngelindur bisa juga cuma ngigo.

Sejauh yang al-Faqir ketahui bahwa mimpi menggali kuburan Mayyit termasuk mimpi yang punya ta'bir bagus. Jika seseorang bermimpi menggali kuburan orang alim atau tokoh lelaki, maka ta'wilnya orang tersebut akan meneruskan atau menghidupkan ilmu dan kepemimpinan si mayyit di kemudian hari. Sebagaimana Imam Abu Hanifah Radhiyallahu Anhu pernah bermimpi menggali kuburan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan dita'wilkan oleh para ulama bahwa beliaulah termasuk orang yang akan menghidupkan ilmu-ilmu Rasulullah. Akhirnya di kemudian hari mimpi tersebut menjadi keniscayaan pada diri beliau adanya.

Apabila seseorang bermimpi menggali kuburan seorang perempuan, maka ta'wilnya ia akan mendapat harta atau ia akan menjadi orang dermawan.

والله أعلم بالصواب


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 77.



Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi




 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



30 komentar:

MOHAMAD SALEEM BIN ABDUL KADIR AL AHMADI AS SUFI mengatakan...

Assalamualaikum kiyai....saya bermimpi wali Allah iaitu Al Marhum Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki meminum air zam zam dari cawan yang kecil...kemudian baki minuman air zam zam itu diberikan kepada saya untuk dihabiskan....apakah taawil mimpi itu ya kiyai...

Unknown mengatakan...

Subhanallah .. itu berarti antum mendapat bagian warostah ilmu ulama besar sayyid muhammad almalikiy radhiyallahu anhu

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum kiyai. Saya bermimpi menggali kuburan orang yang terkubur hidup-hidup. Tetapi setelah peti diangkat, ternyata ada 3 tempat berbeda. 1 tempat untuk setiap mayat. Dan pada akhirnya saya membuka 2 segel peti mayat tersebut yang merupakan org yang sudah meninggal. Anehnya mimpi itu tersambung karena saya sempat bangun dan tidur lagi. Ternyata mimpi berlanjut, dan dalam mimpi, kakak dari ibu saya berkata melihat awan gelap ketika saya membongkar kuburan. Dan mimpi berakhir sebelum org yang terkubur hidup dapat keluar kembali. Itu bagaimana pak kiyai, saya terbangun dengan muka cemas. Terimakasi, wassalam

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum kiyai. Saya bermimpi menggali kuburan orang yang terkubur hidup-hidup. Tetapi setelah peti diangkat, ternyata ada 3 tempat berbeda. 1 tempat untuk setiap mayat. Dan pada akhirnya saya membuka 2 segel peti mayat tersebut yang merupakan org yang sudah meninggal. Anehnya mimpi itu tersambung karena saya sempat bangun dan tidur lagi. Ternyata mimpi berlanjut, dan dalam mimpi, kakak dari ibu saya berkata melihat awan gelap ketika saya membongkar kuburan. Dan mimpi berakhir sebelum org yang terkubur hidup dapat keluar kembali. Itu bagaimana pak kiyai, saya terbangun dengan muka cemas. Terimakasi, wassalam

Yayasan Almuafah mengatakan...

jangan cemas, insya Allah takwilnya bagus

Unknown mengatakan...

Asslkm.pak kiyai saya bermimpi mau pindah ke suatu tempat dgn keluarga saya tapi kuburan ayah saya juga saya suruh bongkar untuk saya bawa.apa maksud dari mimpi itu ya pak??

jihan mengatakan...

asslkm pak kiyai saya semalam bermimpi, bahawa saya disuruh bongkar kuburan alm.nenek saya untuk dipindahkan kepemakaman lainnya, lalu saya menggali kuburannya salah malah kuburan orng laen, lalu saya tutup kembali dan saya mencari kuburan nenek saya kembali. maksud mimpi saya itu apa ya pak kiyai??? ��

Unknown mengatakan...

Tadi siang sy bermimpi membongkar kuburan umi saya lalu mayatnya sy bawa k rumah. Krna sya melihat umi sy tdk tenang.lalu mayat umi sya hidup dan memarahi sy. Dan menyiram sya.lalu sy mnta maaf setelah itu ummi tenang lalu di kubur kembali bersama rombongan...artinya apa ya

Kumpulan Materi mengatakan...

Malam hari saya bermimpi bertemu bung karno, kemudian dia menghampiri saya, memakai topi saya, kemudian topi itu dilepas oleh beliau, yg kmudian topi itu di pakaikan ke pada saya. Artinya apa ya

Unknown mengatakan...

Asslamkm. Maaf sya tdi bermimpi melihat orang sedang mengali kuburan yang baru saja di kubur 1 minggu.

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum, saya bermimpi saya di hubungi kekasih saya untuk menggali kuburan orang yang tidak saya kenali , kuburannya berada di dalam sebuah rumah yang masih di huni orang, saya menggali kuburan tersebut sampai akhirnya kuburan tersebut terbongkar di dalamnya ada anak kecil 3 orang 1 seorang ibu2 tua yang masih hidup tanpa kain kadang hanya menggunakan kain panjang batik.. Apa arti mimpi tersebut ?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum sy mimpi melihat seorg ustadz menggalikubur seorang wanita dan membuka kain kafannya sehingga sy jg melihat wajah mayat itu .. apa arti mimpi tsb .. terimakasih wassalamu'alaikum 🙏😊

Isrowati mengatakan...

Asslamualaikum saya bermimpi melihat alm. Ibu saya kain kafannya di ganti.. Apa ari mimpi tsb.. Terima kasih wassalamu'alaikum

Unknown mengatakan...

Asslamualaikm wr.wb...sya bermimpi brsma tmn membongkar makam 1 dn mau sya pindahkan ke mkm yg 1 nya lg.dn sya bermimpi itu mlm mau mnjelang subuh.apakah artinya p kyai.trma ksh wassalamualaikm wr.wb

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr. Wb. .... Syaa tadi malam bermimpi membongkar kuburan perempuan

Unknown mengatakan...

Saya bermimpi membongkar kuburan tetapi tidak hanya satu tapi 4 kuburan yg ada didesa sebelah, sy bermimpi disore hari

Unknown mengatakan...

Assalamuallaikum..saya bermimpi membongkar makam teman saya,kami seperti sodara yg masih bujang.tp anehnya di dpn rmah dia ada pesta besar.apa itu maknanya..trimakasih

Unknown mengatakan...

Asalamualaikum, saya pernah mimpi ngebongkar kuburan perempuan trus si mayat nya itu saya bawa sama temen saya. Itu artinya apaan ya

Anonim mengatakan...

Asalamualaikum pak kia saya mau bertanya tentang mimpi saya bersama seseorang menggali kuburan dan saya hanya melihat dan mayat tersebut ada dlm peti dan setelah peti nya dibukak orang itu masih hidup bahkan dia duduk serta bola mata nya keatas tapi lelaki itu bukan orang besar atau ulama

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum p.kyai..mohon pencerahan nya krna tadi malam sy ber mimpi membantu perehapan lantai masjid,dn sy mencongkel sebuah lantai masjid tr sebut dn tr nyata di bwah lantai masjid tr sebut ada 3 buah makam lalu sya melihat tulang jasad tr sebut....
apa arti mimpi tr sebut ya p.kyai mhon balasan nya...trm kasih .wassalm

Unknown mengatakan...

Saya bermimpi tengah malam,di suruh seorang lelaki afar saya membokar kubur dan terus sy bokar kuburnya ada lelaki yg sudah meninggal tapi sudah busuk dan bau sekali,tapi lelaki itu meminta kain kafan ke saya,saya pun ngasi kain kafan tersebu utk menggatinkannya dan mama sy pun memberikan kain kafannya

Unknown mengatakan...

Saya mimpi saya dan suami saya membongkar kuburan anak saya lalu anak saya saya gendong karna masih hidup . Apa arti nya ya ? Mohon jawabannya.

Unknown mengatakan...

Ustadz , saya bermimpi saya sedang mencari makam kedua orang tua saya yg sudah meninggal d pemakaman lalu saya melihat makam yg batu nisan nya salah letak nya kepala menghadap timur lalu kaki menghadap barat ,lalu saya menggali kuburan karna saya anggap hadap nya salah saat di makamkan, kemudian saya gali makam suami istri yg telah meninggal tersebut, lalu saya hadapkan sesuai syariat islam,
Ap maksud dari mimpi saya tersebut pak ustadz
Tolong beri penjelasan.pak

Unknown mengatakan...

Pak kyai sebelum subuh tdi.aku bermimpi temenku menggali kuburan lalu membawa barang kotor dr kuburan itu yg sangat busuk mw di kuburkan tmpat lain.tp di kuburan itu(yg mati) orangnya msih hidup?

Unknown mengatakan...

Assalamu alaikum,
Pa kyai sy bermimpi bangun dr tidur sy dimakam kramat syarifah pasarean bunda maryam,ktika itu trnyata sy bukan bangun yg sesungguhnya,tpi msih dlm keadaan mimmpi,
Dlm mimpi sy makam beliau dibongkar dan dibuat lebih tinggi,dan trnyata msih ad bbrpa makam yg jg dibongkar dan mengeluarkan air yg jernih dr dlm makam,dan ada bbrp org yg dsana mngaku ahli warisnya,trdengar 1 makam yg mngeluarkan air adlah makam pangeran anas,
Dan ketika itu baru sy trbangun yg sesungguhnya,
Saat itu sy sdang trtidur di samping makam syrifah bunda maryam,jam 11:30 trbangun pada jam 12:45 wib,
Mohon skiranya pa kyai mmberi penjelasan takwil mimpi sy,
Trima kasih
Wassalamu alaikum warohmatulloh wabarokatu

Prp mengatakan...

Assalamualaikum pak Kyai
Apa arti mimpi saya, jika saya bermimpi suami saya membongkar makan dengan orang lain dan mayatnya seorang perempuan cantik...tetapi dalam mimpi tersebut saya marah2 dan suami langsung mengejar saya dalam mimpi tersebut...tolong penjelasannya Pak Kyai. Terimakasih..wassalamualaikum.wr.wb

AsepJagalMajalaya mengatakan...

Assalamualaikum pa kyai mohon bertanya saya bermimpi berkumpul dengan para syeh pakean serba putih wajahnya terang ga keliatan mimpi membongkar kubur sunan kudus bersama para syeh itu tpu muncul air dikuburan sunan kudus itu maksih pak kyai ditunggu jawabannya

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak kya moon Maaf Saya mau bertanya Saya Bermimpi membongkar kuburan alm.nenek tpi alm.nenek saya masih sebagian utuh jasad nya, ada hal apa pak kyai? Atw pertanda apa pak kyai
Makasih
Assalamualaikum wr.wb

Unknow mengatakan...

Assalamualaikum
Saya baru saja bermimpi sktr pukul 01.15 di mimpi saya, saya dan adik saya laki" mau makan lalu kita berdua ambil mangkuk dan kuah setelah itu mengapa kami berdua malah ke kuburan dan membongkar satu kuburan yg isinya sudah membusuk dan saya bertugas mengambil kacang seperti kacang mete di dalam kuburan itu saya masukan ke mangkuk lalu mangkuknya saya taroh di tengah jalan setelah itu saya dan adik saya jalan mengelilingi makam yang lainny sambil mengambil buah asam Jawa yg pada jatuh di tanah pekuburan selanjutnya saya bertemu dengan kakek saya lalu kami bertiga tetap mencari asam jawa dan selanjutnya kami mengambil mangkuk kami yg td kami gunakan untuk mengambi sesuatu di dalam kuburan

Imam mengatakan...

Mohon maaf saya' nya
Tentang bermimpi membongkar mayat mau di yng udh terlalu lama bnyak yng di' bongkar
Tpi makam nya udh lama
Apa arti tafsir mimpi ini