Selasa, 07 Juni 2016

Khasiat Ikan Sepat Tompel

Khasiat Sepat Tompel

Oleh; H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


بسم الله الرحمن الرحيم


 حمدا له أظهر في الوجود *** نور حقيقة النبي المحمود

وصل يا رب على محمد *** الفاتح الخاتم طه الأمجد

وناصر الحق وهادينا الى *** صراطك القويم نهج الفضلا

وآله بحق قدره الفخيم *** وجاه مقدار مقامه العظيم.


أما بعد:

Ikan sepat adalah ikan yang biasanya hidup di rawa atau kubangan (kobak). Bentuknya tipis seperti bite (genteng plio). Sepat rawa ada kua jenis, ada sepat siem ukuran besar bisa segede sendal jepit dan sepat tompel kecil seukuran tiga prapat telapak tangan.

Ikan Sepat ini golongan ikan rawa yang lemah alias tepo seandainya kobak dicengkaling ikan yang pertama mabok adalah sepat. Tiga kali kocokan cengkaling yang diobrok pake ember bakal ngecor langsung pada muter kepuyengan.

Disamping jadi lauk pauk yang gurih dijadikan pecak atau koblok, ikan sepat juga memiliki kasiat yang unik. Ada orang sudah berminggu-minggu sakit tenggorokan jangankan makan, minumpun sakit, padahal ikhtiar berobat sudah ke beberapa tempat namun belum diberikan kesembuhan. Akhirnya ia datangi seorang kiayi lalu ia disuruh baca shalawat Fatih sebanyak 313 di malam hari sebelum tidur dan bangun malam shalat tahajjud 2 rakaat.

Ternyata setelah tidur ia bermimpi berada di satu tempat bertemu dengan seseorang yang menyuruh ia menangkap ikan sepat tompel 3 ekor kemudian ia potong kepalanya lalu digarang dan tumbuk 3 biji garam secukupnya. Ampas garangan sepat tompel dan garam yang telah ditumbuk dijadikan satu lalu masukan ke gelas dan tuangkan air panas setelah itu minum ramuan tersebut.

Dengan mendapat isyarat demikian ia amalkan pagi harinya dan setelah meminumnya dalam waktu lima menit sakit tenggorokannya hilang.

Subhanallah, sepat tompel yang sering al-faqir lihat di kobak perin, kobak wa bona, kobak muhabar atau lainnya yang sering dipecak dan dijadiin ikan asin ternyata mengandung khasiat yang mujarrab menyembuhkan sakit tenggorokan yang sudah mengkakon laksana adonan kamir.


Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.



Khadimul Majlis al-Mu'afah

H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy


instagram.com/Zulqornain_Muafiy




 ********* ******** ********

Shalawat Fatih (Raja Shalawat)

اللَّهُــــــــــــــمَّ صَلِّ عَلَى سيِّــــــــدِنَا محمدٍ الفاتِـــــــــحِ لِمَا أُغْلِــــــــــــــقَ والخَـاتِــــــــــــــــمِ لِمَا سَبَــــــــــقَ، نَاصِـــــــــرِ الحَقِّ بالحـــــــــــــــــقِّ، والهـــــــــــــــــادِي إلى صِرَاطِـــــــــكَ الْمُسْتَقِيـــــــــــــــــــمِ، وَعَلَى آلِهِ حـــــــــقَّ قَدْرِهِ ومِقْــــــــــــدَارِهِ العَظِيــــــــــــــمِ.


صَلاةً نَنَالُ بِهَا الْقَصْدَ وَالْمَطْلُوب* تُحَطُّ بِهَا الْخَطَايَا وَتُمْحَى الذُّنُوب* تُصَفِّي النُّفُوسَ وَتَسْتُرُ الْعُيُوب*

 وَيَدُومُ الرِّضَا وَيُغْفَرُ كُلُّ حُوب* صَلاةً لاحد لَهَا مِنْ شَمَالٍ أَوْ جَنُوب* وَاجْعَلْنَا بِهَا رَبَّنَا دَوْمًا إِلَيْكَ نَؤُب* وَنَهْتَدِي وَنَتُوب* فَاللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ مَاتَوَالَى سُكُونٌ أَوْهُبُوب* وَشُرُوقٌ أَوْغُرُوب* عَدَدَ الذَّرَّاتِ وَالْحُبُوب*

صَلاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا مَسَّ اللُّغُوب* وَكَيْدَ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ وَالْحُرُوب* صَلاةً عَدَدَ كُلِّ سَالِمٍ وَمَثقُوبْ* تُنَفِّسُ عَنْ كُلِّ مَكْرُوب* وَتُبْعِدُ عَنَّا الأَذَى وَالسُّقْمَ وَالشُّحُوب*

 وَتُقَرِّبُنَا إِلَى كُلِّ عَمَلٍ مَرْغُوب* صَلِّ عَلَيْهِ رَبَّنَا عَدَدَ مَافِي عِلْمِ رَبِّنَا مِنِ اسْتِحَالَةٍ وَجَوَازٍ وَوُجُوب* وَوَفِّقْنَا بِهَا لِكُلِّ خَيْرٍ مُسْتَحَبٍّ وَمَنْدُوب* وَأَحِلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ لا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلا يَمَسُّنَا فِيهَا لُغُوب*



(لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ اللَّـهِ كَاشِفَةٌ)


اللَّهـُمَّ بِـحَقِّ هَذِهِ الْآيَةِ الشَّرِيفَةِ وَمَا بِـهَا مِنْ أَسْرَارٍ أَنْ تَكْشِفَ ضُرَّنَا وَتَصْرِفَ عَنَّا كَيْدَ مَنْ كَادَنَا وَشَرَّ مَنْ أَرَادَ بِنَا شَرَّاً وَرُدَّ كَيْدَهُ فِي نَحْرِهِ وَاَشْغِلْهُ عَنَّا بِشَاغِلٍ لَا يَسْتَطِيعُ رَدَّهُ  يَا اللَّـه .



Alamat Yayasan al-Muafah

Jalan Tipar Cakung Rt: 05 Rw 08 NO: 5 Kampung Baru, Cakung Barat Jakarta Timur 13910



9 komentar:

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah...

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah...

Unknown mengatakan...

Ajiib..
Suara jd nyaring jg ngga kyai? 😊

Unknown mengatakan...

Syukron Pak Kyai

dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah, syukron baginda...

dede akhadiyat mengatakan...

Alhamdulillah, syukron baginda...

Abdul khodir - al betawie mengatakan...

Ternyata ada manfaatnya juga sepat tompel untuk obat syukron kyai

Unknown mengatakan...

Iya baru tau saya ni ada manfaat re ikan sepat tompel jazakallah khoir guru elmunya

Syaeful bahar mengatakan...

Alhamdulillah