Minggu, 15 Desember 2013

Tasbeh Yuser Dan Unnab (Kebanggaan Tukang Wirid)



Tasbeh Yuser Dan Unnab
Yuser adalah nama tumbuhan yang batangnya berwarna hitam dan harum baunya. Yuser biasanya tumbuh di dasar laut dan yang paling berkualitas tumbuh di laut merah. Yuser banyak digunakan sebagai Subhah (tasbeh) dan bahkan ia termasuk salah satu jenis tasbeh yang paling bagus dan utama. Oleh karenanya Sayidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu memilih tasbeh Yuser dalam melakukan wirid baik Lazimah, wazhifah dan lainnya. Dalam kitab Syamailut Tijaniyah disebutkan, Tasbeh Yuser yang beliau gunakan tidak dipatri dengan perak atau lainnya sebagaimana umumnya dilakukan oleh orang-orang yang hobi mengutamakan penampilan zhohir.

Sebagian ahli ma'rifah memuji tasbeh yuser dalam syairnya:

هو اليسر إن أردت عزا وراحة * وكنزا من الخيرات لا يتبدد
جليل محبب لــــدا الناس كلهم * ولونه صاف ذو نظارة أسود
يفوح بعطر المسك في كل ساعة * لتعلم باليقين أنه الأجــــــــــود
ويكفي افتخارا أنها السبحة التي * بها يذكر الشيخ التجاني أحمد

Artinya: Jika engkau ingin mendapatkan kemuliaan, kesenangan dan gudang kebaikan yang tak pernah habis, maka gunakanlah tasbeh Yuser. Berwibawa, disukai banyak orang. Warnanya hitam Indah bila dilihat. Menebarkan aroma misk setiap saat, agar diketahui dengan yaqin ia memiliki nilai yang sangat bagus. Cukuplah sebagai kebanggaan, sesungguhnya Yuser merupakan tasbeh yang selalu digunakan Sayidi Syekh Ahmad Tijani dalam berdzikir.

Seorang ulama kharismatik al-Imam al-Qadhi Ahmad Sukairij Radhiyallahu Anhu menyebutkan paling tidak ada dua alasan Sayidi Syekh Ahmad Tijani memilih tasbeh Yusser. Pertama: kayu Yuser memiliki bentuk indah dan aroma wangi yang bagus. sebagaimana dzikir itu sendiri merupakan sesuatu yang bagus dan indah, maka karenanya beliau memilih sesuatu yang indah dan bagus untuk berdzikir. Kedua: Adanya al-Fa'lul Hasan (alamat kebaikan) sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menyukai al-Fa'lul Hasan.

Kata "Yusr" dalam bahasa arab bisa diartikan "kemudahan atau kekayaan". Seseorang yang menggunakan tasbeh yuser berharap mendapat alamat kebaikan. Istilah Yusr diambil dari firman Allah Taala:


ان مع العسر يسرا
Hanya sanya di setiap usr (kesulitan) pasti ada yusr (kemudahan)."

Dicatatkan dalam kitab ittihaful Amajid Bi Nafaisil Fawaid karya Abu Munyah As-Sakunjiy jilid 2 halaman: 46 disebutkan bahwa; " Guru kami al-Allamah Syekh al-Hasan Bin Muhammad Habib al-Jakkaniy Hafizhahullah berkata: Yuser ada beberapa macam jenisnya, ada yang hitam dan ada juga yang berwarna hitam kekuning-kuningan. Dan yang paling mahal harganya adalah yang hitam kekuning-kuningan. Khusus yuser dari laut merah jika terkena sinar mata hari akan sangat tampak ster urat-urat berwarna emas.

Keutamaan tasbeh Yuser yang disebutkan oleh para ahli ruhani sebagai berikut;

@ Siapa saja yang berdzikir dengan yuser maka akan mendapat rohah (rileks)

@ Rumah yang di dalamnya terdapat yuser akan mendapat keberkahan dari Allah Taala.

@ Jika yuser dibawa ketika berikhtiar maka segala ikhtiarnya diberikan kemudahan.

@ Apabila yuser tersebut semakin lama digunakan berdzikir maka akan semakin zhohir banyak hal ajaib.

Selain memiliki khasiat yang luar biasa ada juga Mitos batil berkenaan dengan yuser:

1. Yuser merupakan makanan jin
2. Jika yuser yang kita punya tidak dipakai dzikir maka ia akan beranak mengeluarkan semacam biji.




Adapun Unnab adalah nama pohon yang warna batangnya seperti pohon zaitun berwarna agak kemerah-merahan dan enak dipandang. Tasbeh Unnab banyak digunakan oleh para ulama Tunis dalam berdzikir.

Kesalahan yang sangat patal sekali bila ada orang yang mengatakan unnab adalah kayu dari batang pohon anggur. Kalau pohon anggur itu adalah inab bukan unnab walaupun tulisan Arabnya sama (العناب).

Tahun 2011 sewaktu al-Faqir berziarah ke kota Fez Maroko pertama kali, alfaqir bertamya kepada Sayyid Zubair Bin Salim at-Tijaniy salah sati keturunan Sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu tentang Unnab beliau menjelaskan bahwa unnab itu adalah galih (bagian dalam) batang pohon Zub. 

Guru kami Sayid Abdul Karim Baqqasy al-Idrisiy al-Hasaniy Hafizhahullah  pernah mengatakan:

من أراد الفتح فعليه بالعناب، ومن أراد الغنى فعليه باليسر

Artinya: "Siapa saja yang ingin cepat mendapat futuh, maka hendaknya ia berdzikir menggunakan tasbeh dari kayu unnab. Siapa saja yang ingin jadi orang kaya, maka hendaknya ia berdzikir menggunakan Tasbeh dari kayu Yuser.


Ketahuilah, manfaat dan keutamaan serta gula-gula tersebut bukan berasal dari kayu atau batu yang kita pakai berdzikir, melainkan Allah Taala memberikannya lantaran semata-mata keberkahan dari dzikir yang kita baca.

Imam Abu Muslim al-Khaulaniy Rahimahullah pada suatu malam pernah terheran-heran lantaran subhah (tasbeh) yang sering ia gunakan di tangannya tiba-tiba loncat ke bumi dan berputar-putar hingga mengeluarkan suara:


سُبْحَانَكَ يَا مُنْبِتَ النَّبَاتِ وَيَا دَائِمَ الثَّبَاتِ

Segala Puji Wahai yang menumbuhkan tumbuhan dan yang Maha menetapkan.

Melihat peristiwa tersebut, Abu Muslim berteriak memanggil istrinya, istrinya pun mendatangi beliau dan juga terperangah menyasikan kejadian tersebut. Ketika ia duduk, maka tasebeh itu berhenti berputar.

Tasbeh menjadi wasilah untuk mudawamah (konsisten) berdzikir, sebagaimana disinyalir oleh Sayyidina Ali Radhiyallahu anhu:


نِعْمَ الْمُذَكِّرُ السُّبْحَةُ
Sebaik-baik yang menjadi pengingat dzikir adalah Tasbeh.

Diriwayatkan ada seorang bermimpi ketemu seorang wali yang sedang berdzikir dengan menggunakan Subhah (Tasbeh). ia bertanya: Ya Syekh, kenapa kau berdzikir dengan menggunakan Tasbeh seolah-olah dirimu tidak ikhlas dan perhitungan kepada Allah Taala, padahal Allah tidak pernah perhitungan kepada hambaNya? Wali itu menjawab: Aku berdzikir dengan Tasbeh bukan berarti diriku perhitungan, justru seluruh bilangan dzikirku semua untuk Allah Taala lantaran dzikir-dzikir tersebut benar-benar tidak mampu aku hinggakannya dengan hitungan ruasan jari-jari tanganku.

Imam Ahmad Bin Baba al-Alawiy as-Sinqithiy radhiyallahu anhu dalam kitab Munyatul Murid menyebutkan:


واتخذ السبحة للاعانة *** وعمل الامام ذي الديانة


Gunakanlah Tasbeh sebagai alat bantu yang tepat dalam bilangan dzikir dan mengikuti ulama ahli agama (Imam Junaid al-Baghdadiy).

Imam Muhammad an-Nazhifiy at-Tijaniy radhiyallahu anhu mengatakan: Jika berdzikir setelah shalat dengan membaca Subhanallah 33, Alhamdulillah 33 dan Allahu Akbar 33, maka lebih afdhal menggunakan ruasan jari tangan. Adapun dzikir dalam jumlah banyak yang utama adalah dengan menggunakan tasbeh.

Adapun Musalsal Bi Munawalah Subhah (Sanad bersambung menggunakan Tasbeh) al-Faqir riwayatkan sebagai berikut:


قال الحاج رزقي ذو القرنين البتاوي ناولني فضيلة الدكتور يوسف عبد الرحمن المرعشلي، وكياهي عبد الرزاق امام خليل الجاوي، وكياهي أحمد مروزي البتاوي سبحتهم قالوا ناولني شيخنا العلامة المسند الشيخ محمد ياسين الفاداني  قال أخبرنا الشيخ محمد علي ين حسين المالكي وناولني سبحته ورأيتها بيده قال أخبرني أبي الشيخ حسين بن ابراهيم الأزهري المالكي وناولني سبحته ورأيتها بيده، قال أخبرني شيخي عثمان بن حسن الدمياطي وناولني سبحته ورأيتها بيده قال أخبرني محمد الأمير الكبير وناولني سبحته ورأيتها بيده قال حدثنا شهاب الدين أحمد الجوهري الكبير وناولني سبحته ورأيتها بيده قال حدثنا الشَّيْخ عَبْد اللَّهِ بْن سالم الْبَصْرِيّ الْمَكِّيّ ، ورأيت فِي يده سبحة ، قَالَ : ناولني الْعَلامَة الشَّيْخ مُحَمَّد بْن سُلَيْمَان الْمَغْرِبِيّ ، قَالَ : نالوني شيخنا أَبُو عُثْمَانَ الْمُقْرِي ، رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى ، السبحة المباركة بَعْد أَن رأيتها فِي يده ، أَخْبَرَنَا سيدي أَحْمَد حجي ، وَفِي يده سبحة ، أَخْبَرَنَا سيدي إِبْرَاهِيم التازي ، وَفِي يده سبحة ، عَن أَبِي الفتح المراغي ، وَفِي يده سبحة ، عَن أَبِي الْعَبَّاس أَحْمَد بْن أَبِي بَكْر الرداد ، وَفِي يده سبحة ، عَن مجد الدين مُحَمَّد بْن يَعْقُوب بْن مُحَمَّدٍ الفيروزآبادي اللغوي ، وَفِي يده سبحة ، عَن جَمَال الدِّينِ يُوسُف بْن مُحَمَّدٍ القرمزي ، وَفِي يده سبحة ، عَن تَقِيِّ الدِّينِ بْن أَبِي الثناء محمود بْن عَليّ ، وَفِي يده سبحة ، عَن مجد الدين عَبْد الصمد ابْن أَبِي الجيش الْمُقْرِي ، وَفِي يده سبحة ، عَن أَبِيهِ ، وَفِي يده سبحة ، عَن أَبِي الْفَضْلِ مُحَمَّد بْن الناصر ، وَفِي يده سبحة ، عَن مُحَمَّد بْن عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَحْمَدَ السمرقندي ، وَفِي يده سبحة ، عَن أَبِي بَكْر مُحَمَّد بْن عَلِيٍّ السلامي الحداد ، وَفِي يده سبحة ، عَن أَبِي نصر عَبْد الْوَهَّابِ بْن عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرو ، وَفِي يده سبحة ، عَن أَبِي الْحَسَن الْقَاسِم الصُّوفِيّ ، وَفِي يده سبحة ، قَالَ : سمعت أَبَا الْحَسَنِ الملاكي ، وَقَدْ رَأَيْته وَفِي يده سبحة ، فَقُلْتُ : يا أستاذ ، وأنت إِلَى الآن مَعَ السبحة ؟ ، يَقُول : كَذَا رأيت أستاذي الْجُنَيْد وَفِي يده سبحة ، فَقُلْتُ : يا أستاذ ، وإلى الآن مَعَ السبحة ؟ ، قَالَ : كَذَا رأيت أستاذي سري بْن مغلس السَّقَطِيّ وَفِي يده سبحة ، فَقُلْتُ : يا أستاذ ، وأنت إِلَى الآن مَعَ السبحة ؟ ، قَالَ : كَذَا رأيت أستاذي مَعْرُوف الْكَرْخِي وَفِي يده سبحة ، فسألته عما سألتني عَنْهُ ، فَقَالَ : كَذَا رأيت أستاذي بشرا الحافي وَفِي يده سبحة ، فسألته عما سألتني عَنْهُ ، فَقَالَ : رأيت أستاذ عمرا الْمَكِّيّ وَفِي يده سبحة ، فسألته عما سألتني عَنْهُ ، فَقَالَ : رأيت أستاذ الْحَسَن الْبَصْرِيّ وَفِي يده سبحة ، فَقُلْتُ : يا أستاذي ، مَعَ عظم شأنك ، وحسن عبادتك ، وأنت إِلَى الآن مَعَ السبحة ؟ ، فَقَالَ : هَذَا شَيْء كُنَّا استعملناه فِي البدايات ، مَا كُنَّا لنتركه فِي النهايات ، أنا أحب أَن أذكر اللَّه بقلبي ولساني ويدي


Imam Ibn Abu Thayyib mengutip pendapat Abul Abbas ar-Raddad yang mengatakan: Telah jelas dari ucapan Imam Hasan al-Bashriy radhiyallahu anhu bahwa menggunakan Tasbeh sudah ada di zaman para shahabat Rasulillah shallallahu alaihi wa sallam. Sebagaimana di ketahui tanpa ada yang meragukan Kridebelitas Imam Hasan Bashriy yang merupakan seorang Tabiin yang bertemu banyak para shahabat. Beliau dilahirkan saat Sayyidina Umar Bin Khattab radhiyallahu anhu 2 tahun menjadi khalifah. Sanad Khirqah, Subhah beliau dapatkan dari Sayyidina Ali Bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu.


HATI-HATI
Tasbeh Yuser Dan Unnab Palsu

Oleh: H. RIZQI DZULQORNAIN

Belakangan ini banyak orang memburu Subhah (Tasbeh) Yuser karena sangat tertarik mendapatkan gula-gula dari keutamaan berdzikir dengan menggunakan tasbeh Yuser sampai banyak jual beli online menawarkannya.

Mungkin ini bisa jadi tanda orang-orang sudah mulai bosen dengan batu cincin kemudian ingin beralih untuk mengkoleksi tasbeh.

Memang, menurut banyak pengalaman rohani para ahli makrifah mengatakan bahwa berdzikir dengan menggunakan tasbeh Yuser memiliki keistimewaan tersendiri.

Pada Tahun 2012 al-Faqir mendapat hadiah tasbeh Yuser dari Guru kami As Sayyid as Syarif Abdul Karim Baqqasy al Idrisiy al Hasaniy dan alFaqir bertanya tentang keutamaan berdzikir dengan Yuser, kemudian beliau menyebutkan jawabannya dalam bentuk syair:


وقد ذكروا لليسر حقا خصائصا كمثل تفاؤل بتيسير عسرة
يقي عين معيان وسحرا وفاقة وفي حمله عز وسر وجاهة
وكانت لدى الشيخ التجاني سبحة من النوع ذا أعظم بما من مزية


Artinya: para ulama menyebutkan bahwa Tasbeh Yuser memiliki banyak keistimewaan di antaranya mengamalkan tafaul (ngarep kebaikan) sehingga mendatangkan berbagai kemudahan dari kesulitan. Menolak syarrul ain (kejahatan mata) yang bisa membuat bures ni'mat, menangkal sihir dan santet, menjauhkan dari hidup keblangsak. Membawa Yuser membuat percaya diri, mendatangkan kemuliaan dan wibawa. Lantaran Sayyidi Syekh Ahmad Tijani menggunakan tasbeh Yuser hal inilah yang menjadi keistimewaan terbesar bagi Yuser.

Di kemudian hari sampai saat ini masih banyak bermunculan para penjual tasbeh yang menawarkan Yuser dengan harga yang lumayan cukup tinggi. Ternyata setelah al-Faqir tanyakan langsung kepada as Sayyid Abdul Karim Baqqasy al Idrisi al Hasaniy bahwa yang mereka jual belikan itu Bukan Yuser alias Yuser odong-odong. Banyak para pembeli menghubungi alFaqir menyatakan kecewa berat lantaran memberi Yuser bajakkan.

Dalam tulisan ini alFaqir menghimbau kepada siapa saja yang ingin membeli Yuser kudu sangat hati-hati lantaran banyak Yuser palsu. Sudah harganya lumayan mahal palsu pula.

Ketahuilah, bahwa Hakikat dzikir bukan terletak pada tasbehnya, tetapi pada keikhlasan, sulukul adab (menjalankan adab), istiqomah dan yaqin dalam berdzikir.

***************** **** ***************

Semoga para pedagang itu mendapat hidayah agar ia bertaubat sehingga tidak lagi menjual barang palsu dan jika tidak, sungguh akan mendapat la'nat dari Allah Taala, dari Rasulullah dan tidak mendapat keridhoan dari Sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu Anhu.

Mengapa dilaknat dan tidak mendapat keridoan Allah Taala? Lantaran ada keterangan dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam;

من غشنا فليس منا

Artinya: Siapa yang membuat bentuk penipuan, maka dia bukan bagian dari kelompok kami."


Khadimul Majlis al-Mu'afah
H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy M.A

Ikuti Kajian Islam:

instagram.com/rizkialbatawi


@rizkialbatawi




Bersama Abuya K.H. Ahmad Anshari dan K.H Muhammad Yunus Abdul Hamid

سبحانك يا ستــــــــار ...سبحانك يا غفــــــــار...سبحانك يا رحمـــــــان..
سبحانك يا رحيــــــــم ..سبحانك يا أرحـــــــم الراحميــــــــــــــــــــــــن

روى أبو قدامة أنه لحق بني إسرائيل قحط على عهد موسى عليه السلام

فاجتمع الناس إلى موسى عليه السلام
فقالوا : يا كليم الله .. أدع الله لنا أن يسقينا الغيث
فقام معهم وخرجوا جميعا إلى الصحراء

وكانوا سبعين ألفا أو يزيدون
فقال موسى : إلهي .. أسقنا غيثك وانشر علينا رحمتك .. وارحمنا
بالأطفال الرّضَع
والبهائم الـُرتـّع
والمشايخ الركـّع
فما زادت السماء إلا تقشّعاً والشمس إلا حرارة
فقال موسى : يا رب .. لـِمَ لـَمْ تسقنا الغيث
ونحن نتضرع بك وندعوك ؟
فهؤلاء عبيدك ارحمنا برحمتك و أسقنا غيثك يا رب

فأوحى الله تعالى إلى موسى :
إن فيكم عبداً من عبادي يبارزني بالمعاصي
منذ أربعين سنة
فناد في الناس يا موسى حتى يخرج من بين أظهركم
فبه منعتكم المطر
فقال موسى عليه السلام : إلهي وسيدي ومولاي
عبد ضعيف وصوتي ضعيف
فأين يبلغ صوتي وهم سبعون ألفا أو يزيدون ؟
فأوحى الله تعالى إليه :
منك النداء يا موسى ومني البلاغ
فقام في الناس وقال :
يا أيها العبد الذي يبارز الله بالمعاصي منذ أربعين سنة
أخرج من بين أظهرنا فبك منعنا المطر
فوصل النداء الضعيف بإذن الله تعالى إلى العبد العاصي
فقام ونظر ذات اليمين وذات الشمال
فلم ير أحدا خرج

فعلم أنه هو المقصود بالنداء
فجلس وقال في نفسه :
إن أنا خرجت من بين هذا الخلق
افتـُضحت على رؤوس الخلائق من بني إسرائيل
وان قعدت معهم منعوا المطر لأجلي
فأدخل رأسه في ثيابه
وأخذ يبكي ويبكي نادما على فعاله السيئة

وقال : إلهي وسيدي ورجائي
عصيتك أربعين سنة وأمهلتني
وقد أتيتك طائعا نادما تائبا ..
فاقبلني ولا تفضحني يا الله فأنت الستار الرحمن الرحيم
فلم يستتم الكلام حتى ارتفعت سحابة من السماء
فأمطرت ونزل المطر كأن السماء فتحت كأفواه القرب

فقال موسى : إلهي وسيدي ومولاي
بماذا سقيتنا ؟ وما خرج من بين أظهرنا أحد ؟
فقال الله تعالى : يا موسى سقيتكم بالذي منعتكم به
أي سقيتكم المطر بسبب العبد العاصي الذي منعتكم المطر من أجله

فقال موسى عليه السلام : إلهي
أرني هذا العبد العاصي والذي تاب إليك ؟

فقال الله تعالى :
يا موسى إني لم أفضحه وهو يعصينـــــــــــي
فكيف أفضحــــــــــــــــــــــــه وهو تائب إلي ؟!!

59 komentar:

Al Anshori mengatakan...

berapa harga tasbih Yuser, kiai?

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah..mdh2an bisa memiliki nya ( tasbeh yuser)

Ali fikri mengatakan...

Subhanallah..mdh2an bisa memiliki nya ( tasbeh yuser)

Adi Putra mengatakan...

Alhamdulillah Kyai penjelasanya ttg Tasbeh Yuser dan Unnab ,,, Tinggal memilikinya z yg blm 😊😊😁

Unknown mengatakan...

Syukron Baginda utk penjelasannya

agussuiharto@gmail.com mengatakan...

Mudah2an saya bisa memilikinya

Burhan mengatakan...

Tasbih yusernya berapaan, mau donk

Unknown mengatakan...

Kitavsemua para ihwan tdk mengetahui tasbeh yuser asli yg bagaimana, juga mencari penjualnya juga tdk tau dmana, adapun dia menjual tasbeh yg mengatakan bhwa ini tasbeh yuser,, krn cintanya kod guru, kod tasbeh tsb akhirnya kita beli, mungkin bgi si penjual dhisa, krn memalsukn,, tpi smga sj kita mndapatkn keberkahan dri guru kita, dg punya niat khusnuzhon,,,, smga kita mndapatkn yg aslinya, aamiin

Unknown mengatakan...

SubhanaAlloh ingin sekali memiliki tasbih yuser kalo boleh pesan kemana dan berapa harganya, terimakasih

Unknown mengatakan...

Apakah ada yuser indonesia?

Rahmat hadi mengatakan...

Qabiltu ijazah nya

Muhammad Yunus mengatakan...

Qobiltu...

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah sudah punya asli pula.....

David rere mengatakan...

Kang Iwan Hasani info dpt tasbih yusr dr mn kang ya plus hrganya����

Achul mengatakan...

Mau order apa bisa

Unknown mengatakan...

Saya juga pengen punya tasbih yusr

Umar faruq mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu kang mohon petunjuk untuk pembelian

Mohamad rashdan mengatakan...

Assalam...Qobiltu

PUSPITA KUSUMA WICITRA mengatakan...

Saya juga pingin tasbih unab asli,nuwun sewu mahar berapa nggih?

Kisabit mengatakan...

Berapa harga tasbeh yuser atau unab.mohon dibalas.terima kasih

Megat mengatakan...

Berapa harga nya Tuan Tasbih Yuser

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum pak Kyai untuk bisa mempunyai tasbih yusr yg asli dari laut merah pesannya dimana dan maharnya berapa...???

Abdul khodir - al betawie mengatakan...

Alhmdulillah sdh mempunyai tasbeh yuser n unab tinggal mengamalkannya dgn istiqomah

Unknown mengatakan...

bisa pesan pak kyai...?
tasbih unnab

Unknown mengatakan...

Smoga diberi rizqi untuk memiliki tasbih yuser Dan tasbih unnab yang asli.Aamiin

Deden mengatakan...

Bagai mana membeli dan mengetahui tasbih unab dan yusr yg asli?

Dhana yudistira putra mengatakan...

Alhamdulillah saat ini sudah punya tasbih oud sholib dan kedepannya ingin kombinasi dengan yuser mudah2an mendapatkan yuser yang asli, Aminnnn

M.nur kuro mengatakan...

Tolong dong pak kiyai adain tasbeh yusr yg asli,atau arahkan mesti beli dimana.,biar kita yg awam gak sampai tertipu sma penjual yg gak jujur...

Toko ahla mengatakan...

Assalamualaikum ust.

Bagaimana ini

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah atas penjelasanx mengenai Tasbih Yuser
Harga tasbih Yuser berapaan pak

Unknown mengatakan...

Berapa harga tasbih yuser kasih tau ya

Unknown mengatakan...

Di Yayasan Almu,aapah jual ga boleh tanya harga nya

Unknown mengatakan...

Apakah masih tersedia tasbih yuser dari laut nrrahnya,dab berapa harganya

Mohamad rashdan mengatakan...

Alhamdulllah.maklumat amat berguna...terima kadih Tuan Guru

A. Zuhdi mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb. Saya ingin membeli tasbih kayu 'unnab yang asli, cara belinya gimana? Harganya berapa. Terima kasih dan mohon maaf

Unknown mengatakan...

Innalilahi wa innailaihi Raji'un...atas kepulangan KH.Rizki Dzulqurnain..smoga Husnul khatimah...
Saya mau pesen tasbih Yusr Tijani..caranya gimana?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum pak ustadz mau tanya berapa tasbih yuser nya yang asli ya..
Dan dimana klo mau pesan ..

Indra Wahyudi mengatakan...

Yang mau pesen tasbeh yuser hubungi ane di wa 082323806545.. asli diambil dr laut merah dimesir

anang mengatakan...

anda dari yayasan al mu'afah?

Indra Wahyudi mengatakan...

Bukan abng....sy hanya seorang Muhibbin Allohu yarham KH. Rizki dzulkarnain saja.

Indra Wahyudi mengatakan...

Yg lg cari tasbih yuser ,oud sholib dan cincin marjan asli mesir kontak ane di wa ..082323806545

Indra Wahyudi mengatakan...

Yang lagi nyari tasbih yuser ,unnab dan oud sholib serta marja asli Mesir dan Maroko boleh chat sy di WhatsApp +62 822-5859-7065

Muhammad Asror mengatakan...

Qobiltu pak kiyai

Warid mengatakan...

Qobiltu baginda...mohon izin dan ridhonya mengamalkan wirid dengan tasbih

Koko mengatakan...

Qobiltu

Unknown mengatakan...

Dimana kami bisa membeli yuser yang asli ?

Anonim mengatakan...

Klo gk keberatan lgsg djwab dsni knp bang,biar kitax TDK bertax2 mslh harga🙏

Anonim mengatakan...

YUSER ITU AKAR BAHAR,BUKAN MASALAH TASBIH NYA,KALO MAU KAYA YA BERDAGANG.TASBIH APA SAJA YANG PENTING ISTIKOMAH.

Anonim mengatakan...

MAU TASBIH KAYAK APA,KALO CUMA DIEM AJA DI RUMAH,GIMANA MAU KAYA.

Anonim mengatakan...

Harga brpa yuser dan unnab nya

Ramdhon Gozali mengatakan...

Cek harga yuser? Dan beli di mana yg original?

dede mengatakan...

https://shopee.co.id/shop/112249187
silahkan yang cari oud sholib , unab dan yuser laut merah

Arif Rahman Hakim mengatakan...

Izin ijazah Yaa Syaikh

Anonim mengatakan...

Minta no wa nya ,

Anonim mengatakan...

Kpn2 pingin tasbih yuzer asli tinggal wa

Anonim mengatakan...

dimana bisa saya dapatkan tasbih asli yai??

Anonim mengatakan...

Ass bagey mana cara bili tasbeh yuser asli

Anonim mengatakan...

Al FATIHAH kpd Sang guru...