Selasa, 04 Juni 2013

Keutamaan Asmaul Husna (al-Warits) Pelipur Lara



Diantara Nama-nama Allah Yang Agung adalah al-Warits (Yang Maha Pewaris). Suatu konsekwensi logis, bila seorang manusia meninggal dunia, maka segala hartanya akan jatuh menjadi milik ahli warisnya. Begitu juga dunia apabila qiyamat, seluruh makhluq binasa dan ketika itu yang menjadi pewaris Agung adalah Allah Taala. Pada hari binasanya seluruh makhluq Allah berfirman:
لمن الملك اليوم ؟
Artinya: "Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?" (Q.S. Al-Mu'minun: 16)

Kemana para penguasa yang selama hidupnya sombong, kemana fir’aun, namruz dan rombongannya bukankah mereka selama hidupnya mengaku sebagai tuhan? Kemana mereka tidak menjawab.  40 tahun kemudian Allah Taala menjawab:

لله الواحد القهار
Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan.

Dialah pemilik hakiki, manusia dan makhluq lainnya hanyalah sebagai tamu dan penerima pinjaman, yang namanya tamu satu saat akan permisi dan orang meminjam satu saat akan ditagih pinjamannya. Oleh karena itu, setelah manusia dan makhluq serta alam semesta hancur dan binasa semuanya kembali kepada Allah Taala sebagai Pewaris Agung Yang kekal Abadi.

Mengamalkan Asmaul Husna (al-Warist)
Seseorang yang ingin mengamalkan dan melekatkan makna nama al-Warist pada dirinya, hendaknya ia mewarisi kebaikan-kebaikan yang ditinggalkan oleh para pendahulunya dari kalangan orang shaleh dan para ulama, baik sifat, perbuatan dan perkataan mereka.

Keutamaan Berdzikir Dengan Menyebut (Ya Warits)
Syaikh al-Muhib Yusuf Bin Ismail Nabhaniy mengatakan dalam kitab Saadatud Darain halaman 575: “para ulama telah menguji-coba, siapa saja yang memperbanyak membaca Ya Warits 1000 kali di waktu antara maghrib dan isya, maka dengan izin Allah Taala segala gundah, galau, bête, nyengkal, gremet, mumet, eneg puyeng, bingung bakal hilang.”
Memperbanyak wirid “Ya Warits” menjadi pelipur segala lara. Bahwa segala kesulitan dan kegundahan akan Allah ganti dengan kesenangan dan ketenangan.

Doa Syaikh Ahmad Dardir al-Maliki al-Khalwatiy:

ويا وارث ورﱢثنا علما وحكمة
Ya Waarits, Warritsna Ilman wa hikmatan
artinya: Ya Allah yang Maha Pewaris berikanlah kami ilmu dan hikmah 


Khuwaidimul Janabin Nabawiy
H. Rizqi zulqornain al-Batawiy

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar