Kamis, 16 Mei 2013

Tangisan Syaikh Isham dan Wudhu Bathin



Tangisan Isam dan Wudhu Bathin

Dikisahkan bahwa ada seorang ahli ibadah bernama Isham bin Yusuf, dia sangat waro' dan sangat khusyu sholatnya. Namun demikian dia selalu khwatir kalau-kalau ibadahnya kurang khusyu dan selalu bertanya kepada orang yang dianggapnya lebih baik ibadahnya, demi untuk memperbaiki dirinya yang selalu dirasanya kurang khusyu.

Pada suatu hari Isham menghadiri majlis seorang abid bernama Hatim Al-Asham dan bertanya: "Wahai Aba Abdurrahman (Nama kuniyah Hatim), bagaimanakah caranya tuan shalat?"

Hatim menjawab: "Apabila masuk waktu shalat, aku berwudu dzahir dan batin", Isham Bertanya: "Bagaimana wudhu batin itu?"

Berkata Hatim: "Wudhu dzahir sebagaimana biasa, yaitu membasuh semua anggota wudhu dengan air. Sementara wudhu batin ialah membasuh anggota dengan 7 perkara :

1. Bertaubat.
2. Menyesali akan dosa yang telah dilakukan.
3. Tidak tergila-gila dengan dunia.
4. Tidak mencari atau mengharapkan pujian dari manusia
5. Meninggalkan sifat bermegah-megahan.
6. Meninggalkan sifat khianat dan menipu.
7. Meninggalkan sifat dengki."


Seterusnya Hatim berkata: "Kemudian aku pergi ke Masjid, kusiapkan semua anggota badanku dan menghadap kiblat. Aku berdiri dengan penuh kewaspadaan dan aku bayangkan Allah Taala ada di hadapanku, syurga di sebelah kananku, neraka di sebelah kiriku, malaikat maut berada di belakangku. Dan kubayangkan pula bahawa aku seolah-olah berdiri di atas titian Shiratul Mustaqim dan aku menganggap bahawa sembahyangku kali ini adalah sholat terakhir bagiku (kerana aku merasa akan mati setelah sholatku ini), kemudian aku berniat dan bertakbir dengan baik. Setiap bacaan dan doa dalam sholat ku faham maknanya, kemudian aku rukuk dan sujud dengan tawadu' (merasa hina), aku bertasyahud (tahiyat) dengan penuh pengharapan dan aku memberi salam dengan ikhlas. Beginilah aku bersembahyang selama 30 tahun.

Ketika Syaikh Isham mendengarkan kata-kata Imam Hatim tadi, menangislah ia sekuat-kuatnya karena membayangkan ibadahnya yang kurang baik bila dibandingkan dengan Imam Hatim.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar: