Selasa, 27 November 2012

Sebab Lahirnya Nazham Aqidatul Awam


Sebab Lahirnya Nazham Aqidatul Awam
Syaikh Muhammad Nawawi Ibn Umar al-Bantaniy menceritakan kisah menarik tentang asal usul Nazham Aqidatul Awam. Dikisahkan, bahwa Sayyid Ahmad al-Marzuqiy, penyusun Nazham Aqisatul Awam, pada penghujung malam Jum'at pertama, hari keenam di bulan Rajab tahun 1258 H, beliau bermimpi bertemu dengan Rasulullah yang dikelilingi para sahabatnya. Lalu Rasulullah berkata kepada Sayyid Ahmad al-Marzuqiy: "Bacalah Nazham Tauhid, yang siapa saja menghafalnya, maka ia akan masuk surga dan akan menggapai tujuan dari setiap kebaikan, yang sesuai dengan al-Qur'an dan Assunnah. Kemudian Sayyid Ahmad al-Marzuqiy bertanya kepada Rasulullah: "Apa saja bunyi Nazham itu Ya Rasulallah? Para sahabat yang mengelilingi Rasulullah berkata kepada Sayyid Ahmad al-Marzuqiy: "Dengarkanlah baik-baik apa yang dikatakan oleh Rasulullah" Rasulullah berkata katakanlah olehmu: 
أَبْدَأُ بِسْمِ اللهِ وَالرَّحْمنِ * وَبِالرَّحِيْمِ دَائِمِ اْلإِحْسَانِ
sampai kepada nazham:
وَصُحُفُ الْخَلِيْلِ وَالْكَلِيْمِ * فِيْهَا كَلاَمُ الْحَكَمِ الْعَلِيْمِ
Ketika Sayyid Ahmad al-Marzuqiy terbangun dari tidurnya, beliau mencoba kembali apa yang telah beliau baca dalam mimpinya, maka beliau mampu mengingatnya mulai dari awal hingga akhir.
Di kemudian hari, tepatnya malam jum'at tanggal 28 Dzulqa'dah 1258 H, beliau bermimpi bertemu Rasulullah untuk yang kedua kalinya. Rasulullah berkata: "Bacalah nazham yang telah kau himpun di dalam hatimu." Kemudian Sayyid Ahmad al-Marzuqiy membacanya dari awal hingga akhir, saat itu beliau berada di hadapan Rasulullah dan para sahabat berada pada sekeliling Rasulullah sambil mengucapkan Amin setelah selesai membaca tiap-tiap nazham. Setelah selesai Sayyid Ahmad al-Marzuqiy menyelesaikan bacaannya, Rasulullah berkata kepadanya dan mendokannnya:”
وَفَّقَكَ اللهُ تَعَالَى لِمَا يُرْضِيْهِ وَقَبِلَ مِنْكَ ذَالِكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَعَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ وَنَفَعَ بِهَا الْعِبَادَ . أَمِيْنَ .
Artinya:”Semoga Allah memberimu Taufiq kepada hal-hal yang menjadi Ridha-Nya dan menerimanya itu darimu dan memberkahi kamu dan segenap orang mukmin dan menjadikannya bermanfaat kepada Hamba hamba Allah. Amiin”.
            Sayyid Ahmad al-Marzuqiy menyampaikan pengalaman mimpinya tersebut kepada orang banyak. Lalu mereka meminta agar beliau membacakan nazham yang pernah beliau baca dihadapan Rasulullah. Kemudian beliau membacakannya dan menambahkan dengan beberapa nazham sebagai penyempurna materi bahasan mulai dari bait:
وَكُلُّ مَا أَتَى بِهِ الرَّسُوْلُ * فَحَقُّهُ التَّسْلِيْمُ وَالْقَبُوْلُ
Sampai akhir nazham Aqidatul Awam.
            Demikianlah kisah singkat kronologi lahirnya Aqidatul Awam yang diceritakan sendiri oleh penyusunnya.[1]

Diambil dari Risalah:
مُفِيْدُ اْلأَنَامِ وَمُنِيْلُ الْمَرَام
فِي تَرْجَمَةِ مَنْظُوْمَةِ عَقِيْدَةِ الْعَوَام

جمع وترتيب
الحاج رزقي ذوالقرنين أصمت البتاوي
Jl. Tipar Cakung Rt.05/08 No:5
Kelurahan Cakung Barat Jakarta Timur
13910




[1] Syaikh Muhammad Nawawi al-Bantaniy, Nur al-Zhalam Syarh Aqidatul Awam (Semarang Thaha Putra) h, 2-3; Syaikh Muhammad Ihya Ulumiddin, Jalaul Afham Syarh Aqidatul Awam (Malang: Nurul Haramain) h. 10-11.

Tidak ada komentar: